Home Nasional 1,2 Juta Dosis Vaksin Tiba di Indonesia

1,2 Juta Dosis Vaksin Tiba di Indonesia

TELENEWS.ID- Minggu (6/12) malam, pemerintah Republik Indonesia telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Vaksin ini pun telah diuji klinis di Bandung per Agustus 2020 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik kedatangan vaksin tersebut. Pasalnya, jumlah kasus pandemi Covid-19 terus meningkat setiap harinya di Indonesia.

Di awal Januari 2021, pemerintah juga mengupayakan dosis vaksin lainnya bisa didatangkan. Jumlah vaksin yang akan menyusul diperkirakan sebanyak 1,8 juta dosis.

Selain vaksin dalam bentuk jadi, dikabarkan pemerintah juga mendatangkan 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku. Vaksin tersebut ada di bulan Desember 2020 ini.

Baca Juga : 10 Makanan Pembakar Lemak Perut

Selanjutnya di Januari 2021 mendatang, Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin akan memproses bahan baku vaksin sebanyak 30 juta dosis.

Presiden mengaku bersyukur vaksin sudah tersedia. “Artinya, kita bisa mencegah meluasnya wabah Covid-19. Tapi, untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” kata Presiden.

Kepala Negara menegaskan, seluruh prosedur ilmiah dalam rangka persiapan vaksinasi harus dilalui dengan baik. Hal tersebut untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut. Vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan setelah melalui pertimbangan ilmiah serta hasil uji klinis.

Presiden pun terus mengingatkan dalam persiapan distribusi vaksin ke seluruh daerah. Hal-hal pendukung seperti peralatan, sumber daya manusia, hingga tata kelola vaksinasi sangat penting untuk segera disiapkan.

“Kita tahu telah disiapkan sejak beberapa bulan lalu lewat simulasi-simulasi di beberapa provinsi. Saya yakin, setelah diputuskan vaksinasi dimulai, semua sudah dalam keadaan siap,” ungkapnya.

Melihat kondisi geografis Indonesia yang cukup luas, kurang memungkinkan bagi pemerintah menyelenggarakan vaksinasi secara serempak. Presiden Jokowi pun mengajak masyarakat serta seluruh pihak bersangkutan untuk terus memantau dan mengikuti petunjuk yang diberikan pemerintah.

“Terakhir, meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap disiplin dalam 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita untuk bisa melewati ujian wabah ini,” tutupnya. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...