Home Gaya hidup Kesehatan 3 Alasan Kopi Hitam Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

3 Alasan Kopi Hitam Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

TELENEWS.ID – Mengkonsumsi kopi menjadi bagian gaya hidup manusia modern saat ini. Ada beraneka jenis kopi yang bisa kamu nikmati, namun kalau kamu ingin menurunkan berat badan juga; ada baiknya kamu mengkonsumsi kopi hitam saja secara rutin.

Ashley Shaw, RD, ahli diet terdaftar di Preg Appetit mengatakan bahwa sebenarnya kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

“Kopi bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan,” kata Ashley Shaw.

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan; yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan membantu menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah moderat dan tidak menggunakan banyak gula. Kopi juga mengandung kafein yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Lalu kenapa kopi hitam menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan?

  1. Kopi hitam itu rendah kalori
    Kopi hitam adalah minuman yang ideal untuk diminum untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari 5 kalori per porsi, asalkan tidak mau tambahi dengan banyak gula, krimer, susu dan pemanis lainnya.

“Meskipun kopi hitam rendah kalori, kopi ini dapat dengan cepat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya,” ujar dokter Shaw.

  1. Kafein dalam kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme
    Metabolisme adalah proses di mana tubuh memecah nutrisi dan menggunakan kalori makanan sepanjang hari. Kafein sebagai stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal (BMR) yang juga dikenal sebagai kondisi di mana kamu tetap membakar kalori saat beristirahat.
Baca juga :  Sangat Mudah Dilakukan, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bakal Bikin Kamu BAB Secara Rutin

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai takaran kopi hitam selama dua bulan, memiliki metabolisme yang lebih besar. Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan seseorang membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Kafein membantu menekan rasa lapar
    Kopi telah terbukti mengurangi nafsu makan, menunda pengosongan perut, dan memengaruhi hormon nafsu makan, yang semuanya dapat membantu kamu makan lebih sedikit. Meskipun belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara kafein yang mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin atau hormon yang membuat seseorang merasa lapar.

“Kafein juga merangsang hormon kenyang peptida YY (PYY). Semakin banyak PYY berarti kamu akan merasa kenyang dan tidak terlalu lapar,” terang dokter Shaw.

Meskipun bermanfaat membantu menurunkan berat badan, namun dokter Shaw menyarankan untuk tetap mengkonsumsinya dalam jumlah sedang dan tak menambahkan terlalu banyak pemanis di dalamnya.

Baca juga :  Ini Penjelasan Ilmiah dan Logis Tentang Dugaan Adanya Mikrocip Magnetis dalam Vaksin

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi dan mencapai penurunan berat badan ideal, Shaw merekomendasikan minum tidak lebih dari empat cangkir kopi sehari atau setara dengan 400mg kafein.

“Empat cangkir kopi sehari memungkinkan kita merasakan manfaat seperti tidak cepat ngantuk dan metabolisme lemak yang lebih baik. Ukuran ini juga tidak terlalu banyak, sehingga tidak akan mempengaruhi tidur dan rasa lapar,” kata dokter Shaw menambahkan. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...