Home Daerah Banten 30 Transgender Rekam E-KTP di Tangsel, Status Tetap Pria

30 Transgender Rekam E-KTP di Tangsel, Status Tetap Pria

TELENEWS.ID – Sebanyak 30 trangender memenuhi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tangerang Selatan untuk melakukan perekaman E-KTP, pada Rabu (2/6/2021).

Dalam perekaman E-KTP tersebut status jenis kelamin puluhan transgender yang akan tercantum dalam KTP-nya pun terungkap.

Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan mengungkapkan bahwa perekaman KTP ini tak akan mengubah status jenis kelamin ke-30 orang transgender tersebut. Karena mereka terlahir sebagai laki-laki, maka status jenis kelaminnya pun tetap laki-laki. 

“Sebagai WNI mereka berhak mendapat dokumennya, yang tidak mengubah status kelaminnya. Artinya terlahir sampai dengan saat ini tetap lelaki,” ujar Dedi

Ia pun kembali menjelaskan, jika perubahan jenis kelamin dalam KTP hanya boleh dilakukan jika ada surat resmi dari pengadilan. 

“Kita hanya lokasi acara yang punya hajat Kemendagri. Gak ada yang berubah. Ya, tetap cowok karena gak berubah. Nama juga sama sejak lahir. Berubah boleh jika ada penetapan pengadilan,” lanjutnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa 30 transgender tersebut bukan hanya berasal dari Tangsel, melainkan juga dari 9 provinsi yang berada di wilayah Indonesia.

“Ke-30 orang yang kami rekam saat ini berasal dari 9 provinsi yang sudah punya NIK, Terima kasih Ditjen Dukcapil Kemendagri di mana negara sudah hadir bagi rakyatnya,” kata Dedi.

Adapun kegiatan perekaman E-KTP ini merupakan program dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mencegah terjadinya praktik diskriminasi dalam pelayanan publik. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrullah.

“Negara bertanggungjawab agar seluruh WNI mendapatkan pelayanan Adminduk (administrasi kependudukan) terbaik, secara cepat dan mudah tanpa diskriminasi,” kata Zudan dalam siaran pers Dukcapil, pada Kamis (02/06/2021).

Baca juga :  Pemkab Agam Targetkan Produksi Ikan Air Tawar Sebesar 50 Ribu Ton untuk 2021

“Sebelum dengan kelompok transgender, Dukcapil juga melayani jemput bola perekaman E-KTP kaum disabilitas. Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial melayani perekaman E-KTP pada kelompok masyarakat adat terpencil Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi.” sambungnya. (Hifziyah).

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...