Home Travel 4 Daftar Kereta di Indonesia, dari Paling Mahal Sampai Sering Dinaiki

4 Daftar Kereta di Indonesia, dari Paling Mahal Sampai Sering Dinaiki

TELENEWS.ID – Akses transportasi kereta api menjadi salah satu poin penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berpindah lokasi.
Sebagai moda transportasi jarak jauh di Indonesia, ternyata ada beberapa jenis kereta api yang masih dibedakan menjadi beberapa kelas baik dari bisnis, ekonomi, dan eksekutif.

Akan tetapi dari operator kereta api di Indonesia telah memiliki beberapa kereta yang bisa dikatakan masih jarang diketahui banyak kalangan.

Jenis dari KA Reguler sendiri masih kerap dipakai dengan mengusung tema kereta wisata, kereta istimewa, dan kereta luxury.

Dilansir dari halaman Kompas.com pada (7/4/2022) dimana ada beberapa tiga kereta yang dibedakan berdasarkan fungsi masing-masing. Tidak hanya itu ada beberapa kereta yang memiliki keistimewaan tersendiri sehingga dirasakan lebih spesial saat menaikinya.

1.Kereta Sleeper
Dapat diperhitungkan bahwa kereta sleeper ini juga memberi dua kategori diantaranya Luxury 1 dan Luxury 2. Bentuk fasilitas yang ada di Luxury 1 ini diantaranya menyediakan universal port, rak bagasi, toilet, AC, ketersediaan layar hiburan sentuh, dan juga reclining seat sampai 170 derajat.

Sedangkan untuk kapasitas kereta Luxury 1 ini dapat menampung 18 penumpang. Kemudian dari jumlah kereta ini masih terbatas dimana KAI sendiri merilis tiga kereta sleeper Luxury 1 dimana masih tetap dirangkai di kereta Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi.

Berikutnya ada versi kereta Luxury 2 dimana memberi fasilitas lengkap mulai dari layar hiburan sentuh, AC, toilet, rak bagasi, universal port, kemudian reclining seat sampai 145 derajat hingga kapasitas penumpang lebih banyak 26 orang.

2.Kereta Wisata
Masih terdapat kereta wisata dimana penumpang dengan maksud tujuan berwisata bisa memanfaatkan kereta api satu ini.

PT KAI telah memberi 8 kereta wisata yang mana masing-masing juga menyediakan fasilitas audio video, toilet luas, karaoke, mini bar, layar touchscreen, televisi, AC dan lainnya.

Baca juga :  Wisata ke Labuan Bajo Wajib Rapid Test Antigen

Kemudian dari versi KA Nusantara dengan kapasitas 19 penumpang, KA Bali dengan kapasitas 20 penumpang, hingga KA Toraja yang mana kapasitasnya mencapai 22 orang.

Tidak hanya itu masih tersedia kereta wisata terdiri dari KA Jawa dengan kapasitas 20 penumpang, KA Sumatera dengan jumlah 22 penumpang, KA Priority yang mana bisa menampung sampai 30 penumpang, KA Imperial kapasitas 20 penumpang sampai ada KA Retro yang dapat menampung 20 penumpang.

3.Kereta Lokal
Terdapat tipe dari kereta lokal yang mana PT KAI sendiri memiliki tiga kereta lokal hingga dapat membantu semua mobilitas masyarakat.

Kereta lokal ini terdiri dari Kereta Rel Diesel (KRD), Kereta Rel Listrik (KRL), dan LRT. Pada dasarnya rute yang ada di kereta lokal sudah dikatakan tetap dan bisa diakses dalam 54 penumpang. Untuk satu rangkaian rata-rata memakai 10 gerbong dengan kapasitas penumpang sampai 540 orang.

Baca juga :  Gagahnya Kandang Godzilla di Tebing Koja Tangerang

Fasilitas di kereta lokal ini juga cukup bervariasi dimana ada AC, universal port, tempat duduk disabilitas, lansia, dan ibu hamil sampai rak bagasi.

4.Kereta Istimewa
Standar dari kereta istimewa ini juga dipakai untuk beberapa acara atau event besar seperti adanya reuni, rekreasi, rapat bisnis dan lainnya.

Kereta istimewa ini juga tidak dirangkai bersama KA Reguler, bahkan masih bisa dipesan dalam rute jarak menengah.

Kapasitas dari Kereta Istimewa ini mencapai 40 orang. Hingga fasilitas AC, ruang rapat, stop kontak, mini bar, karaoke, mushola dan toilet juga tersedia lengkap. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...