Home Gaya hidup 4 Hal Ini Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Memutuskan untuk...

4 Hal Ini Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Memutuskan untuk Menikah

TELENEWS.ID – Menikah memang bukan sesuatu yang bisa dianggap gampang. Suatu pernikahan adalah ibadah seumur hidup yang harus dijalani dengan orang yang tepat dan kita cintai.

Karena itulah pernikahan tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Banyak hal yang perlu dipikirkan secara masak-masak sebelum akhirnya memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Seperti kata Dawn Michael, Ph.D., konselor seksualitas bersertifikat, seksolog klinis, dan penulis; pernikahan adalah langkah besar yang membutuhkan komitmen dan keyakinan yang kuat untuk menjalani hidup dengan orang yang telah kamu pilih itu.

“Pernikahan itu memang menjadi langkah yang besar. Dan hanya setelah komitmen untuk menikahi orang itu dan tinggal bersama mereka, pasangan dapat mengetahui dengan pasti bahwa mereka cocok dengan orang lain” begitu nasehat Dawan Michael.

Karena itulah jika kamu berpikir untuk menikah mungkin nanti di tahun 2022 mendatang, tanyakan pada diri sendiri empat pertanyaan ini sehingga kamu merasa yakin untuk membina rumah tangga.

  1. Apakah kamu menikah karena tidak ingin hidup sendirian?
    Percaya atau tidak, banyak orang yang menikah lantaran tak ingin hidup sendirian. Ketakutan akan hidup sendirian di hari tua, membuat seseorang kemudian memutuskan untuk menikah tanpa berpikir masak-masak mengenai rumah tangga mereka.

Cobalah untuk tidak membiarkan rasa takut menghalangi kamu menikmati kehidupan, atau bagaimana kamu menghargai diri sendiri sebagai individu. Ketakutan untuk hidup sendirian berakar pada bagaimana kamu menilai diri sendiri. Tetapi ketahuilah bahwa kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh dengan siapa kamu akan menghabiskan hidup bersama seseorang.

  1. Apakah kamu merasa berkewajiban untuk menikah?
    Desakan orangtua, tekanan dari keluarga dan masyarakat; menjadi beberapa hal yang membuat seseorang memutuskan terburu-buru untuk menikah.

Perasaan wajib dan tekanan untuk menikah, seperti menganggap pernikahan sebagai simbol status sosial atau karena tekanan dari masyarakat, bukanlah alasan yang tepat untuk kamu akhirnya memutuskan untuk menikah. Apa pun itu, menikah untuk membuktikan sesuatu kepada orang lain atau bahkan pada diri sendiri, dapat membuat kamu salah memilih seseorang yang mungkin justru akan berakibat buruk pada dirimu.

  1. Apakah kamu akan menikah karena alasan keuangan atau stabilitas finansial?
    Erin Parisi, LMHC, MCAP, seorang konselor kesehatan mental berlisensi menyebutkan bahwa keuangan menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang secara terburu-buru memutuskan untuk menikah.
Baca juga :  Jangan Nekat, 5 Hal Pahit yang Harus Dirasakan Wanita Simpanan

“Tak bisa dipungkiri bahwa stabilitas keuangan ikut datang dengan pernikahan seperti seperti tunjangan keuangan atau perawatan kesehatan. Namun hal ini dapat membuat seseorang menikah sebelum mereka siap untuk melakukannya,” jelas Parisi.

Menurut Parisi, pernikahan bukanlah tangga untuk lepas dari masalah keuangan semata. Masalah keamanan finansial tidak boleh menjadi alasan kamu buru-buru untuk menikah. Pernikahan hanya karena itu akan memperbaiki masalah keuangan, dapat menyebabkan kamu mengabaikan nilai utama pernikahan. Bahkan hal ini bisa membuatmu luput melihat sisi buruk dari calon pasangan.

  1. Apakah kekhawatiran tentang usia membuat kamu ingin menikah?
    Inilah yang sering dialami oleh wanita, terutama ketika usia mereka memasuki angka 30 tahunan. Ketakutan disebut sebagai perawan tua yang tak laku, tekanan dari keluarga, lingkungan dan budaya; membuat banyak wanita yang akhirnya sembarangan memilih pasangan hanya karena mereka telah berusia matang.
Baca juga :  Benarkah Sebakan Kanker Payudara? Mitos Yang Salah Soal Bra Yang Sebaiknya Wanita Tahu

Celakanya hal ini sering membuat seseorang terjebak pada rumah tangga yang toxic karena merasa tak bisa lagi menunggu orang yang tepat, akhirnya terburu-buru melakukan pernikahan hanya karena usia mereka saat ini.

Nah itulah 4 hal yang sebaiknya kamu tanyakan pada diri sendiri, sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...