Home Travel Kuliner 4 Makanan Khas Jawa Tengah yang Selalu Diincar Wisatawan

4 Makanan Khas Jawa Tengah yang Selalu Diincar Wisatawan

TELENEWS.ID – Jawa Tengah memiliki segudang kuliner khas yang membuat kebanyakan orang ingin mencicipinya. Makanan yang kuat dengan bumbu rempahnya menjadi salah satu makanan primadona karna perpaduan rasa pedas, gurih, hingga manis.

Para wisatawan pun merasa tak afdol jika berkunjung ke Jawa Tengah namun melewatkan kulinernya. Selain itu, mencicipi kuliner Jawa Tengah menjadi suatu pengalaman tersendiri untuk mencoba merasakan makanan daerah tersebut.

Berikut ini sederet makanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda cicipi:

  1. Nasi Gandul

Sudahkah Anda mencicipi cita rasa makanan khas Jawa Tengah yakni nasi gandul? Makanan ini mempunyai rasa yang sangat gurih ketika disantap. Penyajian dari nasi gandul identik dengan menggunakan alas daun pisang.

Selain itu, nasi gandul disajikan dengan tambahan lauk berupa daging yang sudah diolah. Tak heran jika nasi gandul menjadi makanan incaran para wisatawan

  1. Mie Ongklok

Bagi Anda pecinta mie, wajib mencoba cita rasa makanan khas Jawa Tengah yakni Mie Ongklok. Nama Mie Ongklok ini diambil dari salah satu alat yang digunakan untuk memasak mie ini. Ongklok adalah tempat untuk menaruh mie saat proses perebusan.

Bentuknya semacam keranjang kecil yang dibuat dari bambu. Mie Ongklok sendiri akan dimasak bersama dengan kuah kental. Kekentalan kuah ini didapatkan dari campuran kanji. Racikan bumbu khusus inilah yang membuat Anda pasti ketagihan.

  1. Brekecek

Brekecek dibuat menggunakan bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan cukup beragam, mulai dari ikan pathak, ikan jahan, atau pun Ikan laut menthok dan basur.

Nama brekecek diambil dari brek dan kecek. Brek berarti dijatuhkan atau dibantingkan sedangkan kecek memiliki arti dicekek atau dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu.

  1. Sate Klathak
Baca juga :  Ada Apa di Kilometer Nol Indonesia

Sate klathak juga bisa Anda temui di Jogja khususnya di daerah Bantul. Makanan khas Jawa Tengah ini sangat diburu wisatawan.

Sate klathak sendiri merupakan sate yang dibuat dari daging kambing muda. Hal ini yang membuat sate klathak rendah kolesterol dan tidak berbau. Sate klathak hanya dibakar menggunakan bumbu garam saja, seperti Sate Taichan.

Itulah 4 kuliner lezat khas Jawa Tengah yang selalu diincar oleh wisatawan. Apakah Anda juga tertarik mengincarnya jika berkunjung ke Jawa Tengah?. (Hifziyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...