Home Ekonomi Figur 4 Mitos yang Tidak Benar Mengenai Kelahiran Bayi Prematur Seperti Anak Lesti...

4 Mitos yang Tidak Benar Mengenai Kelahiran Bayi Prematur Seperti Anak Lesti Kejora da Rizky Billar

TELENEWS.ID – Lesti Kejora dan Rizky Billar sedang berbahagia. Keduanya resmi menjadi orangtua, setelah anak pertama pasangan ini lahir pada 26 Desember 2021 kemarin. Namun Lesti dan Billar sempat dibuat cemas karena buah hati mereka lahir dalam kondisi prematur dan sungsang.

Bayi yang dikandung Lesti sendiri harus dilahirkan pada usia 34 minggu karena ada masalah pada kesehatan pendangdut muda ini. Proses melahirkan lebih cepat diambil demi menyelamatkan Lesti dan sang buah hati.

“Sesuai instruksi dr. Nana Agustina, dokter yang megang Bu Lesti adalah diterminasi atau kita lakukan tindakan sectio caesarea (operasi sesar) malam ini juga,” ucap dr. Puspa yang mewakili pihak rumah sakit tempat Lesti melahirkan.

Menurut postingan dr. Nana Agustina di Instagram, Lesti dan bayinya dalam kondisi sehat meski anak pertama Rizky Billar itu lahir dalam kondisi sungsang. “Alhamdulillah Bunda @lestykejora dan Baby L sehat walafiat tanpa kurang satu apapun meski lahir sungsang dan prematur,” kata dr Nana Agustina.

Kelahiran prematur seperti yang dialami oleh Lesti terkadang membuat cemas banyak calon ibu. Ini karena ada banyak sekali berbagai mitos yang kurang benar mengenai kelahiran prematur seperti yang dialami oleh istri Rizky Billar tersebut.

  1. Bayi prematur terlalu lemah untuk disusui ibunya
    Banyak orang percaya bahwa bayi yang lahir prematur terlalu lemah untuk disusui ibunya. Namun mitos ini dibantah oleh Dr. Jamil Abdur-Rahman, OB-GYN dan salah satu dari dari Twin Doctor untuk TwinDoctorsTV. “Ini tidak benar,” katanya. “Berlawanan dengan mitos populer, pemakaian botol susu tidak lebih mudah untuk bayi. Selain itu, menyusui mengharuskan bayi yang menyusui berada dalam kontak dekat dengan tubuh dan kulit Ibu. Hal ini memberikan manfaat tambahan yang berasal dari pengurangan kadar kortisol” ujarnya lagi.
  2. Sang ibulah yang menyebabkan anaknya lahir prematur
    Tak jarang, seorang ibu benar-benar menyalahkan dirinya sendiri karena buah hatinya harus lahir prematur. Namun menurut WHO, kira-kira setengah dari semua kelahiran prematur disebabkan oleh penyebab yang tidak diketahui. Sekitar 30% disebabkan oleh ketuban pecah dini (pPROM), dan 15-20% disebabkan oleh penyebab medis seperti preeklamsia, solusio plasenta, pembatasan pertumbuhan intrauterin (IUGR), atau kelahiran prematur elektif. Faktor penyebab lain yang terkait dengan kelahiran prematur termasuk kondisi medis, genetika, pengaruh lingkungan, perawatan infertilitas, dan perawatan prenatal yang tidak tepat.
  3. Orangtua tak bisa menyentuh bayi yang lahir prematur
    Bayi yang lahir prematur akan langsung dimasukkan ke dalam inkubator untuk membuat tubuh mereka hangat. Melihat hal ini banyak yang beranggapan, bahwa orangtua tidak bisa menyentuh bayi mereka selama masih di dalam inkubator. Namun menurut Dr. Abdur-Rahman, mitos ini tak sepenuhnya benar. “Terlebih lagi, kontak kulit-ke-kulit telah terbukti menurunkan tingkat stres bayi. Dengan tingkat stres yang lebih rendah ini, bayi melepaskan lebih sedikit kortisol, hormon stres tubuh. Dengan kadar kortisol yang lebih rendah, bayi cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih mampu melawan infeksi.” ujarnya.
  4. Bayi yang lahir prematur akan tumbuh kurang cerdas
    Inilah mitos yang membuat bayak orangtua khawatir saat anak mereka lahir normal. Mereka percaya bahwa anak yang lahir prematur akan kesulitan untuk belajar secara akademis. mitos ini berasal dari fakta, bahwa bayi prematur dilahirkan dengan otak yang lebih kecil daripada mereka yang cukup bulan untuk lahir. Memang rata-rata, otak bayi prematur 11 hingga 35% lebih kecil daripada otak bayi normal. Padahal menurut Dr. Abdur-Rahman, sebagian besar bayi prematur tidak akan menderita konsekuensi intelektual jangka panjang dari kondisi ini.
Baca juga :  5 Luka Batin Masa Kecil yang Berdampak Pada Kehidupan Ketika Dewasa
Baca juga :  Kalahkan Jennie BLACKPINK Jadi Top 8 Wanita Tercantik di Dunia, Lyodra Ucap Syukur

Itulah 4 mitos populer mengenai bayi yang lahir prematur, seperti anak pertama pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...