Home Gaya hidup 4 Tips Cerdas Agar Tak Menangis saat Memotong Bawang!

4 Tips Cerdas Agar Tak Menangis saat Memotong Bawang!

TELENEWS.ID – Siapa diantara pembaca Telenews yang kerap “menangis” atau meneteskan air mata setiap kali mengiris dan memotong bawang? Ya bagi kebanyakan orang, memotong bawang memang menimbulkan sensasi perih di mata yang membuat mereka akhirnya “menangis”.

Tapi apa sih yang menyebabkan kita menangis saat memotong bawang? Ketika bawang dipotong, senyawa tertentu yang disebut lachrymator dilepaskan menyebabkan saraf di sekitar mata atau kelenjar lakrimal menjadi teriritasi.

Senyawa ini terdiri dari metionin dan sistin yang merupakan bagian dari keluarga asam amino. Ketika bawang diiris atau dipotong dadu, sel-sel bawang melepaskan senyawa ini ke udara. Ketika ini terjadi, “enzim” bekerja untuk mengubah asam amino menjadi senyawa lachrymator. Bentuk asam sulfat ini mengiritasi saraf di sekitar mata dan membuatnya robek.

Sementara itu ilmuwan pangan Brian Chou menyebutkan bahwa sistem pertahanan bawang menyebabkan kita “menangis” ketika memotongnya. “Bawang memiliki jalur biokimia untuk melindungi diri dari predator,” kata Chau. “Ketika kita memotong sel-sel bawang, mereka melepaskan enzim alliinase bersama dengan keluarga senyawa yang dikenal sebagai sistein sulfoksida,” tambahnya.

Tidak semua bawang bisa memicu efek iritasi pada mata. Jenis bawang manis dan daun bawang mengandung belerang lebih sedikit daripada bawang merah, putih, dan kuning; sehingga cenderung menghasilkan reaksi yang lebih kecil.

Meski begitu, rupanya kita bisa mencegah menangis saat memotong bawang dengan beberapa tips berikut ini guys!

  1. Pastikan untuk menggunakan bawang yang segar
    Chef Julie Andrews, MS, RDN, CD, FAND, pencipta The Healthy Epicurean menyarankan untuk hanya menggunakan bawang yang segar untuk mencegah iritasi pada mata. “Bawang yang segar lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan air mata, sedangkan bawang yang telah disimpan untuk waktu yang lama lebih cenderung menyebabkan air mata,” kata Andrews. Seiring bertambahnya usia bawang, enzim mereka mulai rusak sehingga mempercepat saluran air begitu diiris.
  2. Selalu gunakan pisau yang tajam
    Ketika memotong bawang, pastikan untuk selalu menggunakan pisau yang benar-benar tajam. “Pisau yang tajam menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada daging bawang, mengurangi jumlah gas yang dilepaskan,” kata Andrews. Pisau yang tumpul hanya akan mempersulit pengirisan dan pemotongan, dan akan menambah jumlah waktu yang dihabiskan di sekitar gas yang mudah menguap. Pisau tajam dengan mudah mengiris bawang daripada pisau tumpul, yang pada dasarnya menghancurkan daging dan menyebabkan gas yang menyentak air mata menyebar di udara.
  3. Masukan bawang ke kulkas terlebih dahulu
    Baik Andrews dan Chou sepakat bahwa memasukkan bawang terlebih dahulu bisa mengurangi efek pedih di mata. “Ini mungkin metode terbaik untuk dicoba,” kata Andrews, dan Chau setuju: “Reaksi kimia melambat di bawah suhu yang lebih dingin”. Keduanya menyarankan untuk menempatkan bawang di lemari es selama 30 hingga 45 menit, dan gunakan saat siap untuk mulai mengiris.
  4. Potong bawang di dekat api
    Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui tips ini. Memotong bawang di dekat api seperti dekat lilin yang menyala, membantu mengurangi efek air mata yang ditimbulkan. Menurut pakar kuliner Martha Stewart, api adalah kunci untuk memotong bawang tanpa air mata. “Iris bawang sedekat mungkin dengan api terbuka yang bisa diatur,” sarannya. “Dan kemudian kamu bisa memotong cukup banyak bawang tanpa menangis sedikit pun” tambahnya. Nyala api yang dapat digunakan seperti nyala lilin, nyala api di kompor atau korek api. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Eva Celia Resmi Dilamar, Ini Hal-hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memutuskan Nikah Beda Agama
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...