Home Gaya hidup 4 Tips Mengatasi Trauma Setelah Mengalami Bencana Alam Seperti Gempa Bumi

4 Tips Mengatasi Trauma Setelah Mengalami Bencana Alam Seperti Gempa Bumi

TELENEWS.ID – Gempa cukup kuat dirasakan di beberapa wilayah di tanah air. Menurut BMKG, gempa yang dirasakan pada Jumat (14/01/2022) memiliki kekuatan hingga 6,6 skala Richter.

Menurut pihak BMKG, penyebab gempa sendiri aktivitas subduksi lempeng samudra Indo-Australia. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng samudra Indo-Australia menghunjam ke bawah lempeng Benua Eurasia atau tepatnya ke bawah pulau Jawa hingga NTT,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Gempa ini sendiri dirasakan di beberapa wilayah tanah air terutama sekitar Jakarta, Banten, hingga Lampung. Meski terasa sangat kuat, namun BMKG memastikan gempa tersebut tak menyebabkan tsunami.

“Kejadian gempa bumi ini diperkirakan tidak berpotensi mengakibatkan terjadinya tsunami, namun masih berpotensi menyebabkan bahaya ikutan (collateral hazard) lainnya berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi, khususnya di lokasi yang berdekatan dengan pusat gempa bumi,” kata Kepala PVMBG Andiani.

Goncangan gempa yang cukup kuat membuat banyak orang panik. Bahkan tak sedikit yang mengalami ketakutan dan trauma mengingat di Indonesia pernah terjadi gempa besar yang menelan korban jiwa.

Peter A. Levine seorang psikolog Klinis pernah mengungkapkan teorinya bahwa bencana alam seperti gempa bumi, banjir, gunung berapi dan sebagainya; bisa memicu trauma mendalam bagi mereka yang pernah merasakannya.

“Pengalaman yang luar biasa dan menyedihkan dan mengejutkan, dapat menyebabkan trauma. Dan trauma itu hanya dapat dikenali dari gejalanya” ujar Levine.

Sementara itu menurut Dr. Susanne Babbel, MFT, PhD seorang terapis dan penulis, para korban bencana alam bisa mengalami PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma. “Salah satu jenis trauma akibat bencana alam seperti gempa bumi, angin puting beliung atau angin topan, kebakaran hutan, banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, atau tsunami” ujar Dr. Babbel.

Baca juga :  Perlukah Menyimpan Produk Skincare di Dalam Lemari Es? Temukan Jawabannya di Sini!

“Jenis pengalaman ini sangat berbahaya karena cenderung membuat trauma populasi besar atau orang sekaligus, dan dapat mengakibatkan epidemi gangguan mental sejenis Survivor Guilt dan gejala PTSD lainnya” lanjutnya.

Lalu bagaimana mengatasi trauma yang diakibatkan oleh bencana alam atau merasakan gempa seperti yang terjadi di Banten dan sekitarnya?

  1. Mencari pertolongan dari profesional. Biasanya setelah bencana alam yang dahsyat, tak hanya bantuan fisik yang ditawarkan relawan namun juga bantuan psikologis. Jika kamu mengalami bencana alam dahsyat yang menyebabkan trauma, kamu bisa menemui mereka untuk mengungkapkan perasaanmu, Atau kamu juga bisa menemui terapis atau psikolog profesional untuk mengatasi traumamu.
  2. Makan, minum, olahraga, dan istirahat secara teratur; membantu merawat tubuh untuk mengurangi efek negatif dari stres. Hindari penggunaan alkohol, tembakau, dan obat-obatan terlarang untuk mengatasi trauma; karena justru akan membuat kondisi yang kamu alami semakin parah.
  3. Tetap terhubung dengan informasi dan perkembangan baru mengenai bencana. Gunakan sumber informasi yang kredibel untuk menghindari spekulasi dan rumor. Batasi paparan konten televisi dan media sosial tentang berita bencana yang negatif seperti korban jiwa dan sebagainya, karena overexposure dapat meningkatkan traumamu.
  4. Temukan cara yang sehat untuk bersantai, seperti latihan pernapasan, meditasi, self-talk yang menenangkan serta mendengarkan musik yang menenangkan.
Baca juga :  Ingin Pacaran dengan Mantannya Sahabatmu? Coba Kamu Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Itulah 4 cara untuk mengatasi trauma akibat bencana alam seperti gempa yang terjadi di Banten, Jumat kemarin. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...