Home Gaya hidup 4 Tips Menyimpan Minyak Goreng Agar Awet dan Segar Lebih Lama

4 Tips Menyimpan Minyak Goreng Agar Awet dan Segar Lebih Lama

TELENEWS.ID – Pemerintah akhirnya mengambil kebijakan terhadap mahalnya harga minyak goreng yang terasa beberapa bulan terakhir ini. Melalui Mendag atau Menteri Perdagangan, pemerintah menetapkan harga minyak goreng adalah Rp. 14.000 untuk setiap liternya.

“Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng yakni sebesar Rp 14.000 per liter akan dimulai pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, disaat memimpin Rapat Komite Pengarah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Selasa (18/1/2022).

Sementara itu menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, harga 14.000 ini berlaku untuk semua jenis minyak goreng, baik yang premium maupun yang sederhana. “Semua jenis kemasan premium dan sederhana dengan ukuran 1 liter sampai jerigen 25 liter diperuntukkan pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan usaha kecil untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha mikro dan usaha kecil,” ujar Muhammad Lutfi.

Hal ini tentu membahagiakan masyarakat banyak, sebab minyak goreng menjadi salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat Indonesia. Hampir semua jenis masakan kita diolah dengan minyak goreng, sehingga mahalnya harga minyak membuat kesulitan banyak orang.

Dikarenakan minyak goreng menjadi kebutuhan penting dan sempat langka karena harganya mahal, kamu harus tahu bagaimana membuta minyak goreng awet dan fresh lebih lama.

  1. Simpan dalam ruangan yang sejuk dan gelap
    Minyak goreng yang dibeli di toko sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap di dapur atau lemari makan. Pastikan juga tutupnya tertutup rapat untuk mengurangi paparan oksigen. Paparan sinar matahari memang menjadi musuh utama minyak goreng, karena bisa membuat kualitasnya turun dan warnanya menjadi lebih keruh. Karena itulah wadah plastik atau kaca gelap membantu menjaga minyak tetap segar lebih lama, tetapi kamu juga bisa menyimpan minyak di lemari atau pantry yang gelap, di mana tidak pernah ada cahaya.
  2. Simpan minyak dalam lemari pendingin
    Dinginkan atau bekukan minyak untuk memperpanjang umur simpannya. Jika mengental, keluarkan dari kulkas kemudian simpan dalam suhu ruangan sebelum digunakan. Minyak kelapa adalah pilihan yang bagus untuk dapat disimpan dalam lemari es, dan memiliki umur simpan yang lebih lama daripada minyak lainnya karena tingginya lemak jenuh di dalamnya.
  3. Tutup rapat minyak goreng di wadah penyimpanan
    Selai sinar matahari, oksigen juga merupakan musuh dari minyak goreng yang bisa merusak kualitas minyak yang kamu simpan. Karena itulah pastikan untuk selalu menutup rapat wadah minyak goreng yang kamu gunakan. Pastikan tutupnya benar-benar rapat, agar tak ada celah bagi oksigen untuk masuk ke dalam botol minyak goreng milikmu.
  4. Perhatikan cara menyimpan minyak gorengmu
    Jika kamu membeli minyak dalam jumlah besar, cobalah menyimpannya di ruang bawah tanah atau gudang anggur yang selalu sejuk. Simpan botol kecil minyak isi ulang di lemari dapur, kemudian isi ulang saat kamu membutuhkan. Selain itu jangan pernah menyimpan minyak goreng dalam wadah tembaga atau besi, karena beberapa jenis minyak goreng bisa menimbulkan reaksi kimia berbahaya saat disimpan dalam dua jenis wadah itu.
Baca juga :  Benarkah Sebakan Kanker Payudara? Mitos Yang Salah Soal Bra Yang Sebaiknya Wanita Tahu
Baca juga :  Kenali Penyebab Vagina Berbau Kurang Sedap dan 5 Cara Alami Untuk Mengatasinya

4 hal diatas bisa kamu coba untuk memperpanjang usia simpan dan membuat minyak goreng yang kamu beli jadi fresh lebih lama. Selamat mencoba. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...