Home Otomotif 4 Trik Rahasia Agar Suspensi Motor Berusia Panjang, Bisa Hemat Biaya Service

4 Trik Rahasia Agar Suspensi Motor Berusia Panjang, Bisa Hemat Biaya Service

TELENEWS.ID – Komponen sepeda motor berupa suspensi menjadi salah satu perangkat terpenting untuk bisa meredam hingga mengurangi getaran saat digunakan di jalan raya.

Performa dari bagian suspensi kendaraan bermotor ini perlu diperhatikan bahkan proses dan waktu service juga penting dicermati.

Jika terjadi kerusakan pada suspensi, dikhawatirkan mampu memberi efek buruk saat bermanuver hingga melintasi kondisi jalan tidak rata.

Beberapa sumber yang telah kami rangkum sebelumnya pada 26 Juli 2022, terlihat bahwa kondisi suspensi selalu menjadi faktor utama kenyamanan saat berkendara.

Itulah mengapa menjadi hal wajib bagi pemilik kendaraan bermotor untuk bisa melakukan perawatan secara rutin seperti pada informasi dan trik rahasia berikut ini:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Suspensi
Bisa dikatakan dari kondisi suspensi sebaiknya dicermati dari sisi kebersihannya. Mengurangi kondisi suspensi penuh dengan kotoran dan debu ataupun lumpur menjadi satu tujuan utama.

Suspensi bisa mengalami kebocoran ketika tidak mengalami perawatan terutama pada bagian batang ataupun inner tube.

Sebisa mungkin bersihkan suspensi sepeda motor secara berkala dan bersihkan semua areanya secara teliti.

Bila terkena air hujan sebisa mungkin bersihkan dalam waktu cepat.

2. Menghindari Kondisi Jalan Rusak
Menjadi satu poin penting bagi pemilik kendaraan sepeda motor bahwa menghindari kondisi jalan rusak adalah faktor penting agar tidak memberi beban besar pada suspensi.

Dalam hal ini Anda bisa menghindari kondisi jalan berlubang ataupun rusak. Sehingga perlu ekstra hati-hati agar kondisi suspensi tidak mengalami kerusakan sekaligus mempermudah kinerja suspensi.

3. Kurangi Membawa Beban Berat
Salah satu faktor penurunan kualitas suspensi sepeda motor adalah beban terlalu berat saat dipakai berkendara.

Bila terpaksa membawa barang-barang berat, cobalah menggunakan kendaraan khusus lainnya.

Baca juga :  Alfa Romeo dan Maserati Tertarik ke Formula E ?

Ketika kondisi barang bawaan terlihat berat bisa mengganggu kinerja suspensi. Sehingga ada ekstra kerja keras yang dibutuhkan suspensi dan bisa melebihi kapasitas maksimalnya.

4. Jangan Memodifikasi Suspensi
Terdapat masa pakai suspensi sepeda motor. Jika ingin usianya lebih panjang sebaiknya hindari pemasangan aksesoris di bagian suspensi untuk menghindari kerusakan.

Meskipun dari tampilannya terlihat keren, hanya sapa pemasangan aksesoris tersebut justru membuat kondisinya tidak baik dan mengurangi usia penggunaan.

Kualitas dari sebuah suspensi motor perlu dicermati dan sebisa mungkin dirawat secara rutin agar tidak mengalami kerusakan parah. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...