Home Gaya hidup 5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Bibir Pecah-pecah

5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Telenews.id- Bibir pecah-pecah bisa dialami siapa saja tak peduli laki-laki atau perempuan. Namun tentu saja kaum Hawa yang paling insecure saat melihat bibir mereka pecah atau mengelupas. Ini karena ketika bibir pecah atau mengelupas, maka lipstik yang digunakan tak akan bisa menempel dengan sempurna.

Lalu mengapa bibir bisa pecah-pecah? Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik klinis di departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City mengatakan bahwa bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh suhu udara yang lembab di musim dingin atau musim hujan seperti sekarang ini.

Bibir yang pecah akan tampak bersisik, terkadang merah atau berdarah, dan terasa sangat tidak nyaman atau menyakitkan. Bibir pecah-pecah yang juga dikenal sebagai cheilitis, sangat umum terjadi dan paling sering disebabkan oleh cuaca dingin, kering, dan berangin.

“Bibir pecah-pecah biasanya disebabkan oleh paparan lingkungan yang menyebabkan iritasi, termasuk air liur dan kebiasaan menjilat bibir, mengkonsumsi makanan pedas, dan cuaca dingin dan kering” kata Dr. Zeichner. “Selain itu flu dan kerusakan akibat sinar matahari, serta obat-obatan seperti penurun kolesterol, juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah” tambahnya lagi.

Banyak minum air putih untuk mencegah peradangan dan dehidrasi bisa dilakukan untuk mengurangi resiko bibir pecah-pecah. Namun ternyata ada beberapa tips rumahan untuk mengatasi bibir pecah-pecah, yang lebih ampuh daripada menggunakan lip balm.

  1. Petroleum jelly
    Percayalah kelembapan yang dihasilkan oleh petroleum jelly lebih efektif mengatasi bibir pecah-pecah dibandingkan lip balm. Ini karena petroleum jelly adalah bahan utama dalam banyak produk lip balm karena membantu memberi pelindung dan untuk mengunci kelembapan kulit. Menggunakan petreloum jelly sangat penting untuk mencegah bibir jadi mengering.
  2. Lidah buaya
    Lidah buaya tak hanya merupakan tanaman hias jenis sukulen, namun juga menghasilkan gel pelembab alami. Pelembab pada lidah buaya bekerja dengan menarik uap air dari udara ke permukaan kulit, membantu menjaga bibir terhidrasi dan mencegahnya mengering. Lidah buaya juga mengandung molekul yang disebut polisakarida yang membantu untuk mengikat kelembapan kulit secara alami, dan menjaga bibir tetap terhidrasi. Ini sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah karena polisakarida membantu kulit untuk menghasilkan sel-sel baru, dan membantu luka sembuh dengan cepat.
  3. Madu murni
    Madu adalah bahan alami yang bagus untuk bibir pecah-pecah karena merupakan humektan, yang berarti dapat menarik kelembapan dari udara ke dalam bibir. Madu juga dikenal karena khasiat penyembuhan dan membantu meredakan luka dan retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah. Madu murni juga memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah.
  4. Minyak kelapa
    Minyak kelapa termasuk dalam emolien, yang sangat bagus untuk mengunci kelembapan di bibir dan mencegahnya mengering. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkadang menyertai bibir pecah-pecah. Sifat antibakteri minyak kelapa juga membantu menjaga bibir bebas kuman, sehingga mencegah bibir terkena infeksi dari luka terbuka.
  5. Gula putih
    Ketika sel-sel kulit mati menumpuk di bibir, hal ini kemudian mencegah bibir mendapatkan kelembapan yang mereka butuhkan. Karena itulah kamu bisa melakukan eksfoliasi atau pengangkatan kulit mati dari bibirmu. Eksfoliasi kulit secara lembut dengan scrub gula membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bibir jadi pecah-pecah.
Baca juga :  Inilah 5 Jenis Baju Cheongsam yang Harus Diketahui oleh Para Fashionista
Baca juga :  Orangtua Wajib Tahu, Ternyata Ada 5 Manfaat Membiarkan Anak Bermain Hujan-hujanan

Itulah beberapa bahan yang efektif jika di gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...