Home Gaya hidup 5 Cara Alami untuk Mengatasi Komedo, Dijamin Aman dan Tanpa Efek Samping

5 Cara Alami untuk Mengatasi Komedo, Dijamin Aman dan Tanpa Efek Samping

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Selain jerawat, komedo atau blackheads juga menjadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan dan kerap membuat banyak orang, terutama kaum Hawa merasa frustrasi. Meskipun mungkin tidak sebesar jerawat, namun komedo tetap akan membuat penampilan kita menjadi kurang maksimal.

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di kulit karena folikel rambut tersumbat. Benjolan ini disebut komedo karena permukaannya terlihat gelap atau hitam. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya muncul di wajah namun ada juga yang mengalami komedo di punggung, dada, leher, lengan dan juga pundak.

“Komedo sebenarnya hanyalah campuran minyak dan sel kulit mati yang berada di pori-pori. Kemudian paparan udara yang menyebabkannya teroksidasi dan berubah menjadi hitam,” jelas Rachel Nazarian, MD, dokter kulit di Schweiger, Grup Dermatologi di Kota New York.

Menurut Shari Marchbein, M.D., dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di New York University; sebum atau kelebihan minyak di wajah juga menjadi pemicu utama munculnya jerawat.

“Komedo ditandai dengan pembukaan folikel rambut yang melebar, yang disebabkan oleh penumpukan sebum, yaitu minyak, bakteri P. Acnes; bakteri utama yang menyebabkan jerawat dan peradangan” begitu ujar Shari

Secara medis, komedo dibagi menjadi dua yakni komedo tertutup atau blackheads yang merupakan bintik-bintik hitam di wajah terutama di hidung. Satu lagi adalah komedo terbuka atau whiteheads yang merupakan bintik-bintik putih pada hidung.

Meskipun sangat mengganggu dan meresahkan, kini banyak sekali skincare yang mengklaim bisa mengatasi dan menghilangkan komedo. Namun selain skincare, kamu juga bisa mempertimbangkan cara alami berikut ini untuk menghilangkan komedo secara aman. Apa saja itu?

  1. Campuran antara baking soda dan air
    Alexander Dane, DO, dari Ahli Dermatologi & Ahli Bedah Dermatologi Afiliasi, PA di New Jersey menyarankan untuk menggunakan campuran antara baking soda dan air guna mengatasi komedo secara alami. Dr. Dane mengatakan soda kue membantu menetralkan ketidakseimbangan pH yang mungkin berada di kulit, serta berfungsi sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Caranya, campurkan dua sendok makan soda kue dan dua sendok makan kemudian aduk hingga merata. Oleskan campuran ini ke bagian wajah yang terkena komedo, pijat ringan kemudian , bilas dengan air hangat. Dr. Dane juga mengingatkan agar menggunakan cara ini hanya dua hingga tiga kali saja seminggu tak boleh lebih.
  2. Gunakan brown sugar, madu dan perasan lemon
    Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran untuk eksfoliasi alami atau mengikis sel-sel kulit mati, pada komedo di hidung dan dagu. Caranya, campurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon dan satu sendok makan madu mentah. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dengan gerakan memutar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  3. Masker dari kunyit kasturi
    Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang termasuk dalam superfood karena manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan salah satunya menghilangkan komedo. Namun disarankan untuk menggunakan kunyit kasturi yang memang diketahui memiliki manfaat untuk kecantikan. Cara menggunakannya campurkan satu sendok bubut kunyit kasturi dengan satu sendok air, aduk rata kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih.
  4. Campuran gula pasir dan minyak kelapa
    Eksfoliasi atau pengikisan sel kulit mati akibat komedo juga bisa dilakukan dengan mencampurkan antara minyak kelapa dan gula pasir. Terutama jika komedo tersebut ada di tubuh seperti punggung dan pundak. Cukup campurkan minyak kelapa murni dan gula pasir, aduk rata lalu gunakan sebagai scrub atau lulur untuk bagian tubuh yang mengalami komedo.
  5. Campuran susu dan madu sebagai pore pack alami
    Alih-alih membeli pore pack, kamu juga bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang ada di dapurmu. Cukup dengan mencampurkan susu dan madu, kamu bisa membuat pore pack alami untuk mengangkat komedo. Caranya, campurkan satu sendok makan madu dan susu, aduk rata kemudian masukan dalam microwave selama 10 detik. Tunggu hingga dingin kemudian oleskan ke bagian wajah yang mengalami komedo, lalu letakkan kapas kecantikan di atasnya. Tunggu 15 menit kemudian kelupas kapas tersebut, maka komedo pun juga akan ikut terangkat.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi komedo, selamat mencoba! (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...