Home Gaya hidup 5 Hal Luar Biasa yang Terjadi Pada Tubuh saat Mengurangi Konsumsi Gula

5 Hal Luar Biasa yang Terjadi Pada Tubuh saat Mengurangi Konsumsi Gula

TELENEWS.ID – Rasa manis pada gula memang membuat hidangan dan minuman yang kita santap menjadi semakin lezat. Tak heran jika rasa manis pada gula banyak membuat orang merasa kecanduan dan ingin selalu mengkonsumsi makanan dan minuman manis setiap hari.

Namun kecanduan gula yang membuat seseorang mengkonsumsi dalam jumlah yang besar, tentu saja kurang baik untuk kesehatan. Padahal The American Heart Association merekomendasikan konsumsi gula tidak lebih dari 100 kalori per hari (sekitar 6 sendok teh atau 24 gram) untuk wanita dewasa, dan tidak lebih dari 150 kalori per hari (sekitar 9 sendok teh atau 36 gram gula) untuk pria dewasa.

Makan terlalu banyak gula secara teratur telah terbukti meningkatkan tingkat obesitas, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, peradangan, dan aterosklerosis. Semua masalah ini adalah faktor risiko penyakit jantung dan masalah jantung lainnya seperti serangan jantung.

Namun memutus kecanduan akan gula bukanlah sesuatu yang mudah. Padahal kalau kamu membatasi konsumsi gula, seperti:

  1. Kulit akan menjadi lebih muda
    Gula dalam makanan memengaruhi jumlah gula dalam aliran darah. Studi menunjukkan bahwa kadar gula darah tinggi memiliki efek domino molekuler yang disebut glikasi. Itu adalah istilah untuk proses yang dapat menghambat perbaikan kolagen kulit. Mengkonsumsi banyak gula, dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit dan memicu kerutan dini. Para pakar kesehatan menyarankan bahwa memangkas asupan gula, dapat membantu mengurangi kulit kendur dan tanda-tanda penuaan lainnya.
  2. Energi tubuh jadi lebih stabil
    Mengkonsumsi gula memberikan manfaat untuk menambahkan energi pada tubuh kita. Namun begitu efeknya hilang, tubuh akan menjadi lemas dan seperti tidak bertenaga. Namun jika kamu mengkonsumsi gula dalam jumlah kecil, kamu justru akan mendapatkan asupan energi yang lebih stabil. Artinya kamu tidak akan cepat lemas dan lelah saat gula dalam darah perlahan menurun.
  3. Mengurangi timbunan lemak perut
    Bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, mengkonsumsi gula dengan jumlah sedikit atau kecil saja bisa membantu proses pengurangan lemak perut. Makanan dan minuman manis meningkatkan gula darah, memicu banjir insulin melalui tubuh, yang dari waktu ke waktu mendorong lemak menumpuk di sekitar bagian perut. Dikenal sebagai lemak visceral, sel-sel lemak di dalam perut ini adalah jenis yang paling berisiko menyebabkan peradangan yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan kanker. Jadi ketika kamu mengurangi gula, kamu akan mulai mengurangi lemak perut dan kondisi berbahaya yang menyertainya.
  4. Lebih mudah menurunkan berat badan
    Mengurangi asupan gula, dapat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan berbagai aspek kesehatan. “Peningkatan kadar insulin tidak hanya menambah berat badan Anda. Kondisi ini menempatkan sel-sel lemak di seluruh tubuh ke dalam penyimpanan kalori yang berlebihan”, kata ahli endokrinologi David Ludwig, MD, seorang profesor nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health. Mengganti karbohidrat dan makanan manis dalam dengan lemak sehat, membantu menjaga insulin tetap stabil sehingga lebih sedikit kalori yang disimpan sebagai lemak.
  5. Mengurangi risiko diabetes
    Mengurangi konsumsi gula juga akan membuat kamu jadi lebih terlindungi dari diabetes tipe 2. “Diet dengan banyak gula, membutuhkan pankreas untuk melepaskan banyak insulin,” jelas Dr. Ludwig. “Proses yang berlebihan itu dapat membebani sel-sel yang memproduksi insulin, menyebabkan mereka tidak berfungsi, akhirnya menyebabkan diabetes” lanjutnya lagi. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Ayah Taqy Malik Dituding Minta Hubungan Badan 10 Kali Sehari, Ini Bahaya Terlalu Sering Berhubungan Intim Bagi Wanita
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...