Home Gaya hidup 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghibur Mereka yang Gagal UTBK-SBMPTN

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghibur Mereka yang Gagal UTBK-SBMPTN

TELENEWS.ID – Pengumuman seleksi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) telah diumumkan oleh pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ), tepat pada hari Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB.

Ketua LTMPT Mochamad Ashari mengatakan jumlah peserta UTBK 2022 sebanyak 885.200 orang. Akan tetapi setelah menjalani tes, hanya 192.810 calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SBMPTN 2022.”Persentase calon mahasiswa yang diterima 24,07 persen,” papar Ashari.

Sedangkan untuk kelompok Saintek, hanya 88.073 calon mahasiswa yang diterima dari sebanyak 349,791 pendaftar. “Pada kelompok Saintek, terdapat peserta sebanyak 349,791, namun diterima sebanyak 88.073, artinya sebanyak 24,65 persen pendaftar di Perguruan Tinggi Negeri,” kata Ashari menambahkan.

Melihat persentase peserta yang lulus tidak sampai 25%, tentu saja banyak yang merasa sedih dan kecewa lantaran gagal masuk universitas favorit mereka. Jika kamu memiliki teman, saudara atau anak yang gagal UTBK-SBMPTN 2022, hal ini dilakukan untuk mendukung dan mengurangi kesedihan mereka.

  1. Ingatkan mereka bahwa kegagalan itu adalah hal yang wajar
    Manusia tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan kegagalan merupakan bagian dari hidup yang pasti akan dialami oleh manusia. Kamu perlu mengingatkan mereka bahwa gagal UTBK-SBMPTN adalah hal yang wajar, karena memang sekali waktu manusia harus merasakan kegagalan dalam hidupnya. Ingatkan pada mereka bahwa kegagalan itu sesuatu yang manusiawi dan bahkan hal yang sulit untuk dihindari.
  2. Biarkan mereka merasakan kesedihannya
    Ingat semua perasaan manusia itu valid. Jika temanmu atau kerabatmu merasa sedih saat gagal UTBK-SBMPTN, biarkan mereka merasakan kesedihan tersebut. Kekecewaan, kemarahan, ketakutan, dan apa pun yang mereka rasakan adalah hal yang wajar. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mendukung dan mendengarkan. Setiap orang berduka dengan caranya sendiri, jadi dukung, dengarkan, akui perasaan mereka, dan beri mereka ruang jika perlu.
  3. Beri mereka pengertian bahwa kamu tahu tes ini memang sulit
    Setelah temanmu yang gagal dalam ujian mulai move on dari tahap kesedihan awal mereka, berusahalah untuk memberi tahu mereka bahwa kamu tahu betapa sulitnya ujian itu. Materi UTBK-SBMPTN berubah seiring waktu, dan administrasinya bisa sedikit berbeda. Saran apa pun yang kamu berikan kemungkinan besar tidak akan membantu, terutama jika temanmu baru tahu bahwa dia gagal. Jika mereka meminta saranmu, jangan ragu untuk memberikannya kepada mereka. Jika tidak, menerima saran yang tidak diminta mungkin justru akan mengganggu mereka.
  4. Ingatkan mereka bahwa usahanya tidak sia-sia
    Tidak ada yang sia-sia dari belajar dengan keras dan tekun agar bisa lolos UTBK-SBMPTN. Ingatkan pada temanmu bahwa tidak ada yang sia-sia dari usaha mereka, meskipun gagal dalam UTBK-SBMPTN. Paling tidak jika mereka mau mencoba lagi tahun depan, mereka sudah memiliki pengalaman dan bekal yang lumayan. Atau mereka bisa memanfaatkan ilmu mereka untuk bekal masuk universitas lain yang mereka pilih.
  5. Jangan biarkan mereka sendiri
    Beberapa orang akan sangat terpukul saat gagal masuk ke universitas impian mereka. Jika sudah begini, tak sedikit dari mereka yang memilih untuk menarik diri dari teman dan keluarganya. Jika itu terjadi, sebaiknya kamu memberikan perhatian ekstra dan memastikan kondisi mereka baik-baik saja. Sebisa mungkin jangan biarkan mereka sendiri dan selalu ingatkan bahwa kamu ada dan selalu siap membantu mereka. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Hadapi PTM 100 Persen, Ini 6 Rekomendasi Makanan Penguat Imun untuk Bekal Anak Sekolah
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...