Home Gaya hidup 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Stress Saat Terjebak Macet Ketika...

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Stress Saat Terjebak Macet Ketika Mudik

TELENEWS.ID – Kemacetan menjelang puncak arus mudik mulai terasa di berbagai ruas jalan tol nusantara, terutama di pulau Jawa. Beberapa ruas tol seperti Cipularang dan Cikampek, diprediksi akan menjadi dua jalan yang akan mengalami kemacetan parah menjelang puncak arus mudik 2022.

Bahkan seorang pemudik mengungkapkan ia dan keluarganya terjebak hingga 7 jam lamanya di kilometer 91 Tol Cikampek yang menuju ke pelabuhan Merak, Banten.

“Saya alami kemacetan dari Km 91 Pelabuhan Merak. Sampai sekarang posisi sekarang ada di SPBU Merak. Saya di Km 91 sejak jam 7 pagi,” kata salah seorang pemudik yang bernama Saifullah. Ia menguntungkan bahwa saat bertanya pada petugas, antrean kapal dan sistem buka tutup jalan yang menyebabkan kemacetan parah ini.

“Barusan ketemu sama polisi yang jaga. Katanya ini memang sengaja nunggunya di jalanan karena kalau masuk ke pelabuhan lebih riweuh lagi. Jadi sistemnya buka-tutup. Imbas antrean kapal,” ujarnya.

Terjebak berjam-jam dalam kemacetan seperti yang dialami pemudik ini tentu saja bisa memicu stress dan perasaan kurang nyaman lainnya. Rasa lelah ditambah dengan kendaraan yang tak kunjung bergerak, membuat banyak orang yang rasanya kehilangan kesabaran setelah mengalami macet selama berjam-jam.

Jika kamu saat ini sedang terjebak macet dalam perjalanan mudik, lakukan beberapa hal ini untuk mengurangi stress dan keteganganmu.

  1. Tarik nafas pelan-pelan
    Bernapas dalam-dalam dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dengan bernapas lebih lambat dan lebih dalam dari perut, kamu memberi sinyal pada sistem Anda untuk tenang. Ini bukan hanya teknik yang terbukti bisa memberikan relaksasi, tetapi juga cukup sederhana untuk dilakukan di belakang kemudi.
  2. Dengarkan sesuatu yang menenangkan
    Musik bisa menjadi media yang sangat menenangkan. Setiap orang berbeda dalam hal jenis musik yang menenangkan mereka. Mungkin jenis musik klasik atau instrumental, akan membantu seseorang mengatasi stres ke pola pikir yang lebih positif. Musik dengan tempo yang lebih lambat dapat menenangkan pikiran dan mengendurkan otot-otot, membuat seseorang merasa tenang dan membantu melepaskan stres. Musik juga efektif untuk relaksasi dan manajemen stres. Selain musik, kamu mungkin bisa juga mendengarkan podcast favoritmu.
  3. Buat dirimu senyaman mungkin
    Memastikan dirimu dan keluargamu nyaman selama berada dalam kendaraan, bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress saat terjebak kemacetan panjang. Tidak ada yang membuat kemacetan lalu lintas lebih buruk daripada menjadi tidak nyaman. Pastikan udara berada pada suhu optimal di dalam mobil. Posisikan tempat duduk agar kamu bisa relaks dan tidak terlalu tegang. Dan ya jangan lupa untuk selalu pergi ke kamar mandi manakala berhenti di rest area, karena tak ada yang lebih menjengkelkan saat terjebak macet daripada menahan hasrat ingin ke kamar mandi.
  4. Lakukan kegiatan menyenangkan bersama keluargamu
    Jika kamu mudik dengan mobil pribadi, kamu bisa bermain game atau menonton film dari layar smartphone bersama dengan mereka. Akan tetapi jika kamu mengendarai kendaraan umum, kamu bisa pasang headset dan menonton film atau video favoritmu sembari menunggu kemacetan terurai.
  5. Tidur
    Kamu juga bisa memanfaatkan kemacetan saat mudik ini untuk beristirahat dengan tidur. Tidur menjadi salah satu pemecah stress yang cukup ampuh. Ketika kamu tidur cukup, kamu akan menjadi seorang yang lebih baik dalam memecahkan masalah dan menghandle stress. Selain itu kamu juga bisa menghemat tenaga jika akan mengemudi untuk melanjutkan perjalanan nantinya. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  8 Ramuan Herbal Ampuh Atasi Asam Urat Tanpa Obat
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...