Home Gaya hidup 5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Jadi Korban Body Shaming Seperti...

5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Jadi Korban Body Shaming Seperti Penyanyi Dikta

TELENEWS.ID-Penyanyi Pradikta Wicaksono atau akrab disapa Dikta mendadak ramai diperbincangkan oleh warga dunia maya. Bukan karena kiprahnya sebagai vokalis band Yovie and Nuno atau kisah asmaranya dengan chef Renata dan Enzy Estoria, Dikta jadi sorotan lantaran menjadi korban kejulidan netizen di dunia maya.

Ya pria 35 tahun ini curhat menjadi korban body shaming terkait penampialnnya saat ini. Dikta dituding memakai narkoba karena kini ia memang terlihat lebih kurus dari sebelumnya. Selain itu, netizen juga menyebut penampilan Dikta jadi kurang terurus dengan rambut gondrongnya kini.

“Kurus dibilang narkoba. Kulit iteman dibilang dekil ga keurus. Gondrong dibilang kyk orang sakit. Endingnya ‘nikah gih biar ada yg ngurus’ ” curhat Dikta di akun Instagram miliknya. Padahal Dikta sendiri memang berniat menurunkan berat badan, karena justru tidak nyaman dengan tubuhnya yang sebelumnya tampak berotot.

Selain itu mantan kekasih chef Renata itu merasa bahagia dengan penampilannya saat ini. “Skrg gw happy sama badan gw, gw nggak masalah sama itu, emak gw pun nggak masalah, lah kok sampean yang ngeliat ari2 gw di kubur aja belum pernah kok lebih recet dari emak gw ya,” sambung Dikta.

Dikta bukan satu-satunya selebritis yang pernah mendapatkan body shaming dari netizen. Bahkan sebenarnya perilaku menghina, merendahkan atau mengkritik penampilan fisik seperti yang dialami Dikta, tidak hanya dirasakan oleh pesohor saja.

Di sekitar kita, mungkin sudah banyak kita jumpai perilaku body shaming. Atau kamu mungkin salah satu korban body shaming seperti yang dialami Dikta. Lalu apa yang harus dilakukan ketika dirimu menjadi korban body shaming?

Lisa Aronson Fontes, PhD seorang pakar kekerasan pada anak dan rumah tangga serta dosen di University of Massachusetts membagi tipsnya untuk korban body shaming seperti Dikta.

  1. Gunakan afirmasi positif alih-alih menyalahkan dirimu sendiri
    Afirmasi positif yang berisi ucapan-ucapan positif untuk diri sendiri, dinilai sebagai langkah yang tepat untuk mereka yang mengalami body shaming. Kebanyakan orang yang menjaid korban body shaming merasa bahwa bentuk badan dan penampilan mereka, adalah kekeliruan dan kemudian cenderung menyalahkan diri sendiri.
Baca juga :  Cara Ajarkan Anak Wirausaha Sejak Dini

Namun kamu harus tahu bahwa tidak semua omongan orang sebaiknya kamu dengarkan. Tidak semua pendapat mereka kamu harus masukan dalam hati. Karena itulah untuk mengimbangi bahkan menepis komentar negatif mengenai tubuhmu, kamu bisa mengucapkan afirmasi-afirmasi positif untuk dirimu sendiri.

  1. Ingat penampilan fisik bukanlah segalanya
    Tak bisa dipungkiri memang fisik adalah yang pertama orang lihat dari diri kita. Namun kamu juga perlu tahu bahwa “you are more than just your body”. Seseorang tidak bisa menilai kamu dari penampilan fisik dan bentuk badanmu saja. Kamu punya kelebihan lain, sisi lain dari dirimu yang lebih baik dari sekedar penampilan fisikmu saja.
  2. Alihkan perhatianmu
    Terurs menerus mendapatkan body shaming memang bisa membuat seseorang stress dan tertekan. Karena itulah ada baiknya kamu mengalihkan perhatianmu pada hal-hal yang kamu sukai. Jangan hanya berdiam diri, karena itu akan membuatmu selalu ingat pada omongan yang tak mengenakan mengenai penampilanmu.
  3. Jauhi mereka
    Pelaku body shaming adalah orang-orang toxic, yang sebaiknya tidak mendapatkan tempat di hati atau hidupmu. Siapapun itu ketika mereka toxic dan melakukan body shaming padamu, ada baiknya kamu segera menjauh dan memutuskan komunikasi dengan mereka. Ingat kesehatan mentalmu lebih penting, daripada circle pertemanan atau lingkungan yang justru menjatuhkan mentalmu.
  4. Bersahabat dengan makanan
    Bagi kamu yang mengalami body shaming karena dianggap terlalu kurus atau gemuk, inilah saatnya kamu untuk bersahabat dengan makanan. Cobalah untuk menemukan jenis-jenis makanan yang kamu sukai, namun juga bagus untukmu dan kesehatanmu.
Baca juga :  Sejak Kapan Manusia Mengkonsumsi Susu?

Makanlah pelan-pelan, nikmati rasanya dan syukurilah bahwa hingga kini kamu masih bisa menyantap makanan ini. Lama kelamaan, kamu akan tahu makanan jenis apa saja yang akan membuatmu nyaman, sekaligus membantumu untuk tetap sehat dan fit. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...