Home Gaya hidup 5 Hal yang Menyebabkan Imun Tubuh Melemah dan Cara Mengatasinya

5 Hal yang Menyebabkan Imun Tubuh Melemah dan Cara Mengatasinya

TELENEWS.ID – Imun tubuh menjadi hal yang penting di musim hujan dan musim pandemi seperti sekarang ini. Namun ternyata ada beberapa hal yang justru membuat imun tubuh menurun, sehingga membuat kita gampang jatuh sakit. Namun sebelum membahas mengenai penyebab imun tubuh menurun, yuk kenalan dulu dengan apa imun itu sendiri.

Apa itu imun tubuh?
Istilah imun tubuh sudah kita kenal sejak sekolah dulu. Namun apakah sebenarnya imun tubuh itu?

Imun atau sistem kekebalan melindungi tubuh melindungi dari bakteri, virus, jamur, dan racun atau bahan kimia yang dihasilkan oleh mikroba atau radikal bebas yang berasal dari luar tubuh. Imun tubuh terdiri dari berbagai organ, sel, dan protein yang bekerja bersama.

Tentu saja saat kita sehat, kita tidak menyadari bahwa imun tubuh yang bekerja keras melindungi kita dari berbagai penyakit. Tetapi jika imun berhenti bekerja dengan baik dikarenakan melemah atau tidak dapat melawan kuman yang sangat agresif, kamu akan mendadak sakit.

Ada dua bagian utama dari sistem kekebalan tubuh yaitu:

  1. Sistem kekebalan bawaan, yang dimiliki sejak lahir. Sistem kekebalan bawaan diwariskan dan aktif sejak seseorang lahir. Ketika sistem ini mendeteksi virus atau bakteri jahat, ia segera beraksi melindungi tubuh.
  2. Sistem kekebalan adaptif, yang dikembangkan ketika tubuh terpapar mikroba atau bahan kimia yang dilepaskan oleh mikroba. Dengan bantuan dari imun bawaan, menghasilkan sel atau antibodi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Seseorang umumnya mendapatkan imun jenis ini dari imunisasi yang dijalani oleh mereka.

Tugas utama imun tubuh
Tanpa sistem kekebalan, tabuh tidak akan memiliki cara untuk melawan hal-hal berbahaya yang baik dari luar, atau perubahan berbahaya yang terjadi di dalam tubuh kita. Tugas utama sistem kekebalan tubuh ada tiga, yaitu:

  1. untuk melawan kuman penyebab penyakit (patogen) seperti bakteri, virus, parasit atau jamur, dan mengeluarkannya dari tubuh,
  2. untuk mengenali dan menetralisir zat berbahaya dari lingkungan, dan
  3. untuk melawan perubahan penyebab penyakit dalam tubuh, seperti sel kanker.

Penyebab imun tubuh melemah
Tentu saja kita tidak akan selalu berada dalam kondisi fit dan prima. Ketika kita mendadak jatuh sakit itulah tanda imun tubuh melemah atau mengalami penurunan. Lalu apa saja yang menyebabkan melemahnya imun tubuh itu?
• Kurang tidur
Tidak cukup tidur dapat membuatmu lebih rentan terkena virus atau kuman. Itu karena tubuh tidak dapat membuat banyak sel dan protein penangkal infeksi yang disebut sebagai antibodi.
• Stress dan masalah mental lainnya
Stres dan kekhawatiran memicu melemahnya imun tubuh. Ketika kamu cemas, dalam 30 menit saja imun tubuh akan langsung melemah. Stres terus-menerus bisa melemahkan imun tubuh dan memicu flu, herpes, herpes zoster, dan virus lainnya.
• Kurang aktif bergerak
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science menemukan bahwa obesitas dan gaya hidup sedentary atau tidak aktif bergerak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
• Kurang konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah dapat membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi. Produk segar, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung seng, beta-karoten, vitamin A, C, dan E, dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Makanan nabati juga kaya serat, yang membantu menurunkan persentase lemak dan dapat memperkuat respons kekebalan tubuh
• Merokok dan konsumsi alkohol
Minuman keras dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh karena memicu dehidrasi dan dapat menyebabkan peradangan. Sementara itu menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merokok juga diketahui membahayakan keseimbangan dan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga :  Pandemi Belum Usai, Intip 6 Prediksi Trend Gaya Hidup Sehat di Tahun 2022

Cara menaikkan imun tubuh secara alami
Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih aktif menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh secara alami. Selain itu beberapa cara menaikkan imun tubuh yang lain seperti:
• Cukup istirahat jadi hal utama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan imun tubuhmu
• Perbanyak mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang seperti buah, sayuran, biji-bijian dan lemak sehat
• Jauhi rokok dan alkohol serta olahraga secara rutin
• Sering bangun pagi untuk mendapatkan paparan sinar matahari karena Vitamin D membantu juga menguatkan imun tubuh
• Usahakan untuk menjauhi stress dan kecemasan
• Mengkonsumsi makanan dan minuman yang difermentasi juga membantu meningkatkan imun tubuh.

Baca juga :  Suplemen Hijau vs Sayuran Asli

Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik, yang mengisi sistem pencernaan kita . Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang sehat, dapat membantu sel kekebalan untuk melawan organisme yang berbahaya.

Manfaat asupan fermentasi untuk membantu meningkatkan imun tubuh bisa kamu dapatkan dari YoyiC Fermented Milk. Mengapa? Ini karena dalam sebotol YoyiC Fermented Milk saja mengandung 10 miliar bakteri Lactobacillus Paracasei yang sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat imun tubuh sekaligus membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Berbeda dengan susu fermentasi lainnya, YoyiC Fermented Milk dikemas dalam botol yang lebih besar dengan tutup yang mudah dibuka. YoyiC Fermented Milk juga memiliki rasa yang segar dan bisa dinikmati kapan saja.

Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi YoyiC Fermented Milk dan menjalankan gaya hidup sehat, agar imun tubuh tetap kuat terjaga. (Yuyun Amalia untuk YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...