Home Gaya hidup Cooking 5 Ide Masakan Sehat Saat Harga Minyak Goreng Masih Mahal di Pasaran

5 Ide Masakan Sehat Saat Harga Minyak Goreng Masih Mahal di Pasaran

TELENEWS.ID – Harga minyak goreng masih sangat mahal di pasaran. Bahkan menjelang Ramadan seperti saat ini, harga minyak goreng justru dikabarkan semakin naik. Tak hanya minyak goreng ber-merk, minyak goreng curah pun kini harganya melonjak tinggi.

Di Info Pangan Jakarta, harga rata-rata minyak goreng curah per hari ini Rp 19.040/kg. Namun saat dikonfirmasi, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan menampik kabar yang menyebut tingginya harga minyak goreng curah ini.

“Nggak mungkin (19.000-20.000) minyak goreng curah ini masih hasil DMO kemarin yang masih tersedia. Mereka beli itu Rp 10.500. Kalau naik Rp 19.000/kg itu naik. Itulah pedagang yang nakal. Nggak bisa mereka dapat dari mana, coba tanya dapat dari mana. Sebelumnya kan mereka membeli Rp 10.500/liter dan wajib Rp 11.500/liter. Kalau dijual sampai Rp 19.000 itu nakal,” bantah Oke Nurwan.

Namun memang faktanya di lapangan, ibu rumah tangga masih kesulitan mencari minyak goreng dan mengeluhkan harganya yang mahal. Tak heran jika kemudian banyak ibu rumah tangga yang mulai memutar otak, untuk menyiapkan hidangan yang menggunakan minyak seminimal mungkin.

Sebenarnya ada banyak hidangan lezat yang bisa dibuat dengan sedikit atau tanpa minyak sama sekali. Apa saja itu?

  1. Semangkuk sup sayuran yang penuh nutrisi
    Sup menjadi salah satu makanan yang lazim dinikmati oleh orang Indonesia. Ada berbagai macam sup yang bisa kita olah, salah satunya yang murah dan penuh nutrisi tinggi adalah sup sayuran. Sup berbahan dasar sayuran adalah pilihan yang bagus untuk kesehatan, karena menggabungkan kepadatan nutrisi yang tinggi dengan kepadatan energi yang rendah. Ini berarti bahwa saat kita menyantap semangkuk sup, kita mendapatkan banyak nutrisi penting termasuk vitamin dan mineral dengan kalori yang relatif sedikit. Kamu bisa memasak sup tanpa minyak cukup dengan menggunakan bumbu yang diiris atau diulek sesuai seleramu.
  2. Salad sayuran yang lezat
    Makanan lezat lain yang bisa dimasak tanpa minyak adalah salad. Salad sayur dan buah-buahan menjadi makanan yang mulai akrab dengan masyarakat Indonesia. Sebenarnya kita juga punya sejenis makanan yang sama yakni pecel. Namun untuk membuat sambel pecel, kita perlu menggoreng minyak dan cabai terlebih dahulu.
Baca juga :  Solusi untuk Rambut Panjang yang Rontok

Berbeda dengan salad, kamu bisa menggunakan mayonaise dan saus tomat atau sambal sebagai dressing. Selain itu pilihan dressing lain yang bisa dicoba yakni thousand island dan saus wijen sangrai yang gurih manis. Aneka jenis sayuran seperti selada, tomat, mentimun, jagung manis, kol da sebagainya; bisa digunakan sebagai bahan salad sesuai dengan seleramu.

  1. Pepes juga bisa dimasak tanpa minyak
    Makanan khas asli Indonesia ini bisa dimasak dengan minyak yang sedikit, atau tanpa minyak sama sekali. Cara membuatnya juga cukup mudah yakni hanya dengan menghaluskan semua bumbu kemudian balurkan pada bahan pepes yang ingin kamu gunakan seperti ayam, ikan, jamur atau bahkan tahu.

Setelah itu, bungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang atau dikukus. Di berbagai forum kesehatan, banyak juga loh yang menyarankan pepes tanpa minyak ini sebagai menu diet yang sehat dan tinggi protein.

  1. Capcay yang lezat juga bisa dimasak tapa minyak
    Dengan berbagai jenis sayuran yang beragam seperti wortel, jamur, sawi, brokoli plus tambahan protein seperti telur, daging ayam atau udang; capcay adalah makanan sehat kaya gizi yang bisa dimasak tanpa menggunakan minyak sama sekali.
Baca juga :  Hati-Hati Jangan Mudah Tertipu Ciri-Ciri Loker Bodong yang Wajib Anda Waspadai

Memasak capcay tanpa minyak cukup mudah yakni kamu tinggal memasukkan semua sayuran ke dalam panci, tambahkan sedikit air, lalu masak hingga sayuran lunak. Setelah itu tambahkan garam, gula, merica, bubuk bawang putih, sus tiram, saus dan kecap. Tambahkan kaldu, koreksi rasa.

  1. Urap sayuran yang segar dan lezat
    Urap sayuran memiliki kandungan nutrisi yang tinggi lantaran berbagai jenis sayur yang digunakan di dalamnya. Kamu juga bisa masak urap sayur tanpa minyak sama sekali. Cukup tambahkan bumbu halus pada parutan kelapa muda, kemudian langsung campurkan ke sayuran atau bisa dikukus lebih dahulu.

Sebenarnya masih banyak lagi aneka jenis makanan yang bisa dimasak tanpa minyak. Yang penting kamu harus kreatif, untuk mengakali harga minyak yang kini masih mahal. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...