Home Kesehatan Kecantikan 5 Kesalahan Makeup untuk Menyamarkan Jerawat yang Sering Dilakukan Wanita

5 Kesalahan Makeup untuk Menyamarkan Jerawat yang Sering Dilakukan Wanita

TELENEWS.ID – Menghilangkan jerawat dalam satu malam memang hal yang sulit untuk dilakukan. Namun terkadang wanita butuh keajaiban untuk menutupi jerawat dalam waktu yang cepat dan singkat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan makeup, untuk menutupi jerawat di wajah.

Meskipun jerawat muncul dalam berbagai ukuran, ada teknik rias tertentu yang dapat membantu meminimalkan tampilannya di wajah. Alas bedak atau keahlian yang tepat dari penggunaan beauty blender bisa menjadi cara untuk membuat kulit wajah tampak lebih halus dan lebih alami.

Akan tetapi bukan hal yang mudah untuk mengaplikasikan makeup pada wajah yang berjerawat. Bahkan jika tidak berhati-hati alih-alih menutupi jerawat, penampilanmu malah akan terlihat kurang menyenangkan dan bahkan bisa membuat jerawat semakin meradang.

Beberapa makeup artist yang cukup berpengalaman dan telah bekerjasama dengan para selebritis, menyebutkan beberapa kesalahan yang bisa dilakukan wanita saat mengaplikasikan makeup untuk menutupi jerawat.

  1. Mengaplikasikan makeup pada jerawat yang terbuka
    Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh wanita adalah mengaplikasikan makeup pada jerawat yang terbuka. Menurut Dominique Lerma, seorang penata rias dan ahli kecantikan melarang wanita untuk mengaplikasikan makeup pada jerawat yang masih terbuka. “Kondisi ini tidak sehat dan jerawat tidak akan sembuh dengan baik ketika riasan dipaksakan di atasnya” ujar Lerma. Ia menyarankan untuk melewatkan jerawat yang masih terbuka, atau mematikannya kering terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup di atasnya.
  2. Kamu menggunakan alat makeup yang kotor
    Tidak mencuci kuas dan spons dapat menyebabkan terkumpulnya bakteri, yang cenderung memperburuk jerawat jika tetap digunakan. “Sebelum merias wajah, kamu harus memastikan semuanya bersih. Jadi tidak ada kuas atau spons yang kotor,” kata penata rias selebriti Allan Avendaño. Makeup brush yang digunakan di sekitar mata harus dibersihkan setidaknya dua kali sebulan, sementara peralatan yang lainnya bisa dicuci sebulan sekali.
  3. Tidak menggunakan pelembap dengan tepat
    Bahkan jika kamu tidak sedang jerawatan, pelembab harus selalu menjadi langkah pertama sebelum merias wajah. Pelembap atau moisturizer bermanfaat untuk membantu memberikan base yang halus untuk alas bedak dan concealer. Penggunaan pelembap juga akan membantu menghindari penampilan wajah yang seolah ditutup dengan setumpuk produk yang berbeda. “Saya merekomendasikan mengikuti rutinitas perawatan kulit, dan menggunakan sedikit pelembap ekstra di area berjerawat” begitu saran Lerma.
  4. Kamu tidak menggunakan color corrector
    Sedikit berbeda dengan concealer, color corrector dianggap lebih sempurna untuk menutupi kekurangan wajah seperti bekas jerawat dan lingkaran hitam di bawah mata. Color corrector sangat bermanfaat membantu untuk menutupi jerawat yang benar-benar merah atau bekas jerawat yang gelap. “Saya selalu menyarankan memulai dengan menggunakan sedikit color corrector, dan kemudian menambahkan lebih banyak jika perlu” begitu saran Lerma.
  5. Salah memilih warna concealer
    Perpaduan concealer dan color corrector akan sangat membantu untuk menyamarkan jerawat, jika dikombinasikan dengan tepat. Sama seperti memilih warna alas bedak agar sesuai dengan warna kulit, menggunakan warna concealer yang tepat penting untuk menutupi jerawat. “Jika warna concealer terlalu terang dan jerawat memiliki tekstur yang terbuka, makeup tidak akan menyatu dengan kulit di sekitarnya secara merata. Pilih warna yang sama persis dengan warna kulit, atau bahkan sedikit lebih gelap sehingga kamu dapat dengan mudah menyamarkan jerawat” begitu saran Kelli J. Bartlett, direktur artistik di Glamsquad.
Baca juga :  Biasa Ditemukan di Dapur, Ini 5 Bahan Alami yang Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat
Baca juga :  Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

Itulah ladies kesalahan yang kerap dilakukan wanita, saat mencoba menutupi wajah yang berjerawat dengan makeup. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...