Home Gaya hidup Kesehatan 5 Tips Alami Mengatasi Sembelit atau Susah BAB Selama Puasa Ramadan

5 Tips Alami Mengatasi Sembelit atau Susah BAB Selama Puasa Ramadan

TELENEWS.ID – Sembelit atau susah buang air besar menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap orang keluhkan saat menjalani puasa Ramadan seperti sekarang ini. Pola makan yang berubah, dehidrasi, kurang asupan serat dan banyak hal lain yang menyebabkan seseorang mengalami sembelit selama ramadan.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan banyak orang mengeluhkan sulit BAB selama Ramadan? “Konsistensi tinja dan frekuensi buang air besar secara langsung berkaitan dengan apa yang kita masukkan ke dalam mulut, atau apa yang tidak kita masukkan ke dalam mulut,” jelas Cynthia Quainoo, MD, ahli gastroenterologi di Gastroenterology Associates of Brooklyn.

“Perubahan pola makan dengan sangat mudah dapat menyebabkan perubahan gerakan usus. Berkenaan dengan puasa, orang mungkin menderita sembelit akibat dehidrasi dan asupan serat makanan yang buruk” tambahnya lagi.

Saat berpuasa, orang biasanya tidak cukup mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan dan jus. Padahal inilah jenis-jenis makanan dengan serat tinggi yang membantu mengurangi risiko sembelit.

Selain itu asupan makanan lain juga sangat terbatas dan dapat menyebabkan sembelit. Bukan hanya itu, sembelit jika tidak ditangani pada waktu yang tepat, bisa menjadi risiko berbagai penyakit lainnya. Selain itu jika kita makan lebih sedikit sekarang karena jendela makan terbatas selama berpuasa, mungkin tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga pergerakan usus tetap teratur.

Namun jangan khawatir, sembelit saat puasa adalah masalah yang relatif mudah untuk diatasi. “Sembelit saat puasa dapat diatasi dengan makan lebih banyak serat dan minum lebih banyak air selama periode non-puasa” ujar Dr. Quainoo. Selai itu, dia juga membagikan beberapa tips mengatasi sembelit atau susah BAB selama puasa!

  1. Tingkatkan asupan serat
    Dr. Quainoo mengatakan bahwa individu yang aktif direkomendasikan untuk mengkonsumsi 25 hingga 30 gram serat per hari. Serat yang cukup akan memastikan tinja cukup besar untuk dikeluarkan dan bisa lewat dengan lancar. Dari ubi jalar hingga kubis Brussel, ada banyak sekali makanan berserat tinggi yang bisa kamu konsumsi saat sahur atau berbuka.
  2. Minum air yang cukup
    Asupan air harian yang direkomendasikan harus tiga sampai empat liter per hari, kata Dr. Quainoo. Air dan serat yang cukup adalah kunci untuk mengatasi sembelit.
  3. Tetap aktif bergerak
    Kamu yang mengalami sembelit, mungkin menghabiskan sepanjang waktu untuk rebahan saja saat puasa. Padahal tetap aktif bergerak seperti melakukan olahraga ringan sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit. “Aktivitas fisik merangsang motilitas usus,” kata Dr Quainoo. Dia menambahkan bahwa olahraga apa pun cukup baik untuk merangsang motilitas usus, meskipun aerobik mungkin paling efektif karena meningkatkan aliran darah ke semua organ termasuk saluran pencernaan.
  4. Cukup istirahat
    Ada baiknya kamu mengurangi begadang, jika tak ingin mengalami sembelit di bulan puasa. Seseorang yang sering begadang lebih berisiko menderita sembelit. Orang yang sudah mengalami atau ketidaknyamanan gastrointestinal lainnya, akan menyadari bahwa gejala mereka memburuk ketika mereka tidak tidur nyenyak.
  5. Kurangi mengkonsumsi makanan olahan
    Selama bulan puasa, mungkin akan lebih praktis rasanya menyiapkan sahur dan berbuka dengan makanan siap saji. Namun mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan dengan pengawet tinggi akan membuat kamu semakin kesulitan untuk buang air besar. Sama dengan makanan cepat saji, makanan olahan mengandung sedikit serat, nutrisi dan biasanya mengandung banyak lemak, dan banyak garam juga.
Baca juga :  Berkaca pada Kondisi Edelenyi Laura, Ini 5 Tips Pulihkan Mental Pasca Kecelakaan
Baca juga :  Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

Itulah beberapa tips untuk mengatasi sembelit atau susah BAB selama bulan Ramadan ini guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...