Home Teknologi Internet 5G Jadi Ancaman Bagi WhatsApp, Kenapa?

5G Jadi Ancaman Bagi WhatsApp, Kenapa?

TELENEWS.ID – Indonesia akan menyambut era 5G dalam waktu dekat, dengan Telkomsel menjadi operator pertama yang menyediakan jaringan tersebut dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu.

Keberadaan jaringan 5G dianggap sangat membantu dan banyak hal baru yang bisa dilakukan, akan tetapi kabarnya layanan seperti WhatsApp bisa terancam. Apa alasannya?

Sekarang ini, mayoritas orang menggandakan layanan chatting seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger atau pun SMS tradisional. Dan WhatsApp adalah aplikasi yang mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi jika dibandingkan SMS.

Namun SMS di era 5G tampaknya akan berbeda, dan hal itu diutarakan oleh seorang ilmuwan dari ZTE bernama Tu Jiashun yang mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan SMS tradisional, messaging 5G adalah aplikasi multimedia ringan yang melekat di perangkat tidak seperti aplikasi SMS yang terdapat pada Android sekarang ini.

Dia juga menjelaskan bahwa messaging 5G mampu mengirim media berukuran jauh lebih besar dibandingkan SMS tradisional seperti foto kualitas tinggi, video, file hingga lokasi pengguna.

Itu artinya siapa pun yang memiliki ponsel dengan jaringan 5G dapat menggunakan fungsi tersebut.

Lalu apa perbedaan dengan layanan OTT (Over The Top) seperti WhatsApp atau aplikasi sejenisnya sehingga akan terancam?

Tu Jiashun menerangkan bahwa messaging 5G lebih kredibel, jauh lebih mudah diakses serta memiliki tingkat keamanan yang sangat baik karena messaging 5G merupakan RCS (Rich Communication Service) yang memiliki kapabilitas, fungsionalitas dan kemudahan seperti OTT tanpa harus diunduh atau berlangganan pada aplikasi baru.

RCS sendiri adalah pengembangan dari SMS tradisional, hanya saja belum banyak peminat. Dan dengan keberadaan jaringan 5G, maka hal itu bisa menjadi keuntungan bagi semua operator. Bahkan ada perkiraan pasar RCS bisa naik pada 2025 mendatang hingga USD3,9 miliar.

Baca juga :  Canggih! Pesan Whatsapp Bisa Terhapus Otomatis Dalam 24 Jam

Terkait kecepatannya, dengan dukungan jaringan 5G, maka SMS sangat mungkin memiliki kecepatan lebih tinggi dan user experience superior jika dibandingkan layanan OTT.

Ditambah lagi RCS menawarkan kemampuan komunikasi dengan kaya akan konten yang bisa sesuai dengan perangkat dan jaringan apa pun. Kemudian pesan messaging 5G dapat dikirim dan diterima dengan berbagai perangkat dan juga jaringan layaknya SMS tradisional, di mana hal itu tidak bisa dilakukan oleh aplikasi-aplikasi chatting yang ada saat ini.

Baca juga :  Playstation Hingga Xbox Diprediksi Kiamat dengan Kemunculan 5G

Di Tiongkok, RCS menjadi bisnis yang besar sejak kehadiran 5G. Hal itu karena komunikasi bergaya modern bisa diakses semua orang tanpa perlu mengunduh aplikasi tertentu. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...