Home Gaya hidup 6 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengupas Kulit Apel Sebelum Dimakan

6 Alasan Kamu Tidak Boleh Mengupas Kulit Apel Sebelum Dimakan

TELENEWS.ID – Perdebatan mengenai apakah apel harus di kupas atau tidak sebelum dimakan, memang sudah lama terjadi. Mungkin ada pembaca Telenews yang memilih memakan langsung apel yang sudah dicuci bersih, namun ada juga yang memilih untuk mengupasnya terlebih dahulu.

Apel memang salah satu buah dengan nutrisi yang tinggi. Bahkan hingga ada pepatah yang menyebutkan “an apple a day, keeps the doctor away” atau jika diterjemahkan berarti memakan satu buah apel sehari, bisa menjauhkan dokter dari kita karena kita akan selalu sehat dan prima.

Faktanya makan apel secara teratur memang sangat menyehatkan. Menurut sebuah penelitian di Finlandia, orang yang makan lima apel seminggu memiliki tingkat diabetes, penyakit jantung, dan kanker terendah di dunia. Tapi apakah kamu cenderung melakukan kesalahan dengan membuang kulit apel? Jika demikian, kamu mungkin kehilangan banyak nutrisi pada apel tersebut.

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, telah menghubungkan konsumsi apel dengan penurunan risiko banyak penyakit kronis termasuk obesitas, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Para peneliti percaya banyak manfaat apel karena tingginya tingkat fitokimia, termasuk quercetin, catechin, dan asam klorogenat, yang semuanya merupakan antioksidan kuat.

Dan sebagian besar kebaikan melawan radikal bebas itu? Itu ditemukan di kulit! “Ini menghilangkan apel dari banyak nutrisi penting. Itu selalu lebih baik untuk makan apel dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat maksimal” kata Konsultan – Ahli Gizi / Diet, Roopshree Jaiswal.

Lalu apa saja manfaat tidak mengupas kulit apel ketika memakannya?

  1. Kulit apel tinggi kandungan seratnya
    Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sebagian besar kandungan serat dalam apel ada di kulitnya. Serat membantu untuk tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Serat juga membantu menjaga kesehatan hati, dan kesehatan tulang. Serat juga dikenal baik untuk menyehatkan pencernaan dan sangat bagus untuk penderita diabetes.
  2. Membantu menjaga kesehatan paru-paru
    Senyawa yang disebut quercetin ada di kulit apel. Senyawa ini bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat melindungi paru-paru dan jantung dari berbagai masalah kesehatan.
  3. Membantu menjaga kesehatan jantung
    Polifenol yang banyak ditemukan dalam kulit apel telah terbukti dalam tes ilmiah, untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah untuk jantung yang sehat.
  4. Baik untuk kesehatan pencernaan
    Kulit apel sangat tinggi dalam jenis serat tertentu yang disebut pektin. Serat larut ini memiliki kemampuan prebiotik, yang berarti ia bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri “probiotik” bermanfaat yang hidup di usus, membantu bakteri ini berkembang sehingga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.
  5. Cocok untuk program diet
    Bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, ada baiknya untuk tidak mengupas kulit apel guys! Kandungan serat dalam kulit apel membantu tubuh tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama, yang artinya mencegah kita untuk makan lebih banyak. Ini artinya kita hanya akan mengasup lebih sedikit kalori, dan memicu penurunan berat badan. Selain itu kulit apel juga mengandung polifenol, yang terbukti mengurangi penyerapan karbohidrat dan lemak. Indeks glikemik apel yang rendah (dengan kulitnya) dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali.
  6. Kulit apel kaya akan aneka vitamin
    Kulit apel mengandung kadar vitamin dan mineral yang signifikan, yang nyaris tidak ditemukan dalam daging apel. Faktanya apel mentah dengan kulitnya, mengandung hingga 312% lebih banyak vitamin K, 70% lebih banyak vitamin A, 35% lebih banyak kalsium dan potasium, dan 30% lebih banyak vitamin C daripada apel yang dikupas. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Tidak Ingin Cepat Pikun dan Kena Stroke? Gampang, Minum Teh dan Kopi Saja!
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...