Home Gaya hidup 6 Aturan Wajib yang Harus Kamu Ikuti Jika Ingin Berteman dengan Mantan

6 Aturan Wajib yang Harus Kamu Ikuti Jika Ingin Berteman dengan Mantan

TELENEWS.ID – Apa salahnya sih berteman dengan mantan? Mungkin banyak dari kita yang berfikir mengenai hal tersebut. Dengan alasan ingin bersikap dewasa, banyak yang kemudian memutuskan untuk tetap berteman dengan mantan.

Namun hati-hati, berteman dengan mantan bisa membuatmu kembali memiliki perasaan kepadanya. Hal ini tak ada masalah kalau kalian sama-sama ingin balikan lagi. Tapi bagaimana jadinya jika kamu ternyata baper sendiri, dan mantan malah sudah siap move on dengan pasangan barunya?

Berteman dengan mantan memang menimbulkan pro dan kontra. Sejumlah pakar hubungan juga menegaskan bukan hal yang mudah memang untuk kembali menjalin pertemanan dengan mantan pasangan kita. Mereka juga menyebutkan ada banyak alasan mengapa seseorang masih ingin tetap berteman dengan mantannya.

“Penelitian menemukan bahwa ada banyak alasan berbeda untuk mempertahankan persahabatan dengan mantan,” kata Justin Lehmiller, Ph.D., seorang peneliti di Kinsey Institute. “Misalnya, beberapa melakukannya karena mereka ini berbagi hak asuh anak, bekerja di kantor yang sama atau bergaul di jejaring sosial yang sama dan karena itu tetap berteman karena alasan pragmatis. Mereka tidak ingin perpisahan itu menyebabkan kecanggungan atau masalah dalam hubungan lain” ujarnya

Justin juga menyebut beberapa orang memilih tetap berteman dengan mantan, lantaran masih ingin menikmati kebersamaan dan tak ingin ada perubahan mencolok di hidup mereka. “Alasan yang lain, mereka melakukannya karena, meskipun kehilangan ketertarikan romantis, mereka masih menikmati kebersamaan satu sama lain dan ingin tinggal dalam kehidupan satu sama lain” tambah Justin lagi.

Terlepas apapun alasanmu, ternyata ada setidaknya 6 aturan yang harus kamu ikuti saat kamu ingin berteman dengan mantanmu, seperti:

  1. Tak ada lagi saling menggoda diantara kalian. Tidak hanya saling goda kadang-kadang menyebabkan kecanggungan, tetapi juga bisa memantik kembali perasaan sayang yang berbahaya jika itu terjadi hanya pada satu pihak saja. Ketika kamu ingin menjadi teman dengan mantan, kamu harus siap untuk hubungan platonis yang mengecualikan godaan atau gestur romantis diantara kalian.
  2. Tunggu hingga kamu yakin benar-benar sudah move on. Pastikan kalau tak ada lagi perasaan yang tersisa, saat kamu memutuskan untuk kembali berteman dengan mantanmu. Jika kamu mencoba menetapkan batasan untuk berteman dengan mantan, tunggu sampai kamu benar-benar siap. Kamu tidak bisa langsung menjadi teman setelah putus cinta. Sisa perasaanmu akan menghalangi dan mengacaukan segalanya.
  3. Kamu harus bisa menghormati ruang pribadi mereka. Ingat mereka bukan pasanganmu lagi, jadi kamu harus memperlakukan mereka seperti teman yang lainnya. Jangan sekali kali kamu marah dan mengharapkan mereka menghabiskan waktu untuk mengirimi pesan teks, menelepon, atau memberi tahumu setiap detail kecil dari kehidupan mereka.
  4. Jangan bawa-bawa lagi kisah lalu kalian. Saat hang out atau berbincang dengan mantan, jangan mengungkit-ungkit kenangan masa lalu. Kamu perlu memberi diri sendiri dan mereka kesempatan untuk move on. Jangan juga mengungkit-ungkit apa yang menyebabkan hubungan kalian putus di tengah jalan.
  5. Buang label “mantan”. Apakah kamu masih memanggilnya mantan saat menyebut mereka dalam percakapan dengan teman atau keluarga? Jika iya sebaiknya mulai sekarang hilangkan label itu dan sebut mereka sebagai temanmu. Menyebut mereka mantan hanya akan membuat kamu lebih sulit untuk move on darinya.
  6. Jangan pedulikan omongan orang lain. Tentu saja teman atau keluarga akan memandang aneh padamu yang ingin berteman dengan mantanmu lagi.Jika kamu yakin perasaanmu telah hilang dan tidak tertarik untuk berkencan lagi dengan mereka, maka apa kata orang lain tidak masalah buatmu.
Baca juga :  Mengejutkan, Ternyata Kesepian Bisa Membuat Imun Tubuh Melemah, Ini Kata Ahli!
Baca juga :  Ketahui Sejarah dan Bahaya di balik Nikmatnya Gorengan

Jadi itulah 6 aturan yang harus kamu ikuti saat memutuskan untuk berteman lagi dengan mantan. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...