Home Hiburan Film 6 Badan Intelijen Dengan Mata-mata Terbaik di Dunia

6 Badan Intelijen Dengan Mata-mata Terbaik di Dunia

TELENEWS.ID – Anda mungkin kerap membayangkan, betapa kerennya agen rahasia yang beraksi dalam film Hollywood. Ternyata di kehidupan sesungguhnya, bagi suatu negara yang berdaulat adalah hal yang mutlak untuk membentuk suatu badan yang menangani urusan intelijen.

Gambaran besarnya tak jauh berbeda dalam laga film action, bahwa agen rahasia yang dinaungi oleh sebuah Intelijen memang ditugaskan untuk menggali informasi, mencuri data, melakukan propaganda, aksi mata-mata, hingga menjalankan operasi khusus demi kepentingan negaranya tersebut.

Di berbagai penjuru negara di dunia, terdapat begitu banyak agen rahasia yang sangat disegani. Mereka bahkan dianggap ajaib dan mengerikan pada saat menjalankan tugasnya menjadi mata-mata. Bahkan, agen rahasia tersebut berhasil menggagalkan plot yang tak sedikit jumlahnya, yang bertujuan untuk merugikan negara asalnya. Hal itu tentu membuat banyak pihak berdecak kagum.

Untuk itu, simak daftar 6 badan Intelijen dengan mata-mata terbaik berikut ini:

  1. Office of Strategic Services (OSS) – AS

Office of Strategic Services (OSS) merupakan pendahulu CIA yang memiliki kehidupan sangat singkat sebagai agen rahasia. Intelijen ini hanya berdiri selama tiga tahun, terhitung sejak 1942 hingga 1945.

Meskipun begitu, intelijen pemerintah milik negara Amerika Serikat ini telah berhasil menyelesaikan tugas-tugas penting hingga akhir kejayaannya dan tak bisa dilupakan begitu saja.

Selama perang dunia II, Seluruh hal dan kegiatan yang berkaitan dengan Jerman menjadi fokus utama OSS.

Pada masa kejayaannya, OSS telah mempekerjakan sebanyak 24.000 orang selama musim pertempuran itu untuk menjadi agen, hingga ada karyawan yang mengelola dokumen khusus di kantor.

Perang Dunia II diketahui memberikan banyak tempat bagi AS untuk menugaskan intel mereka dan memata-matai musuh. Pada akhirnya OSS menyebar ke dunia, bahkan lebih dari 7.500 agen beroperasi di luar negeri.

Identitas personel OSS pun tetap dirahasiakan pada saat pembubaran badan ini diresmikan, tepatnya setelah Harry Truman menjabat, dan tak pernah diungkapkan hingga tahun 2008. 

  1. Ministry of State Security (MSS) – China

Bukan rahasia lagi, jika China memiliki sejarah panjang terkait mata-mata dan spionase. Namun, agen rahasia Tiongkok yang paling terkenal dan paling kuat baru dibentuk pada 1983. Ministry of State Security (MSS) juga diakui juga lembaga yang paling tertutup di dunia.

Peretasan komputer merupakan salah satu cara memata-matai musuh yang paling umum yang dilakukan MSS pada era ini. Di tahun 2018, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menangkap dua peretas yang bertindak atas nama MSS, yang telah mencuri data rahasia negara.

Tak hanya itu, salah seorang pejabat senior di MSS juga pernah ditangkap di Belgia, lantaran mencuri rahasia dagang dari perusahaan penerbangan dan kedirgantaraan Amerika Serikat.

MSS disebut mirip dengan persilangan antara FBI dan CIA, karena melakukan operasi domestik maupun global atas nama keamanan nasional. MSS bahkan tak memiliki situs web resmi atau daftar kontak apapun.

Tak sedikit yang beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi China yang melesat tajam sangat berkaitan dengan MSS yang lihai dalam kemampuannya mencuri kekayaan intelektual dari negara lain.

  1. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) – Rusia

Sejak tahun 1954 hingga Uni Soviet bubar pada 1991 silam, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) masih memiliki reputasi paling legendaris dalam daftar agen mata-mata terbaik di dunia.

Baca juga :  Perkenalkanlah Robby Megabyte, Musisi Robot Pertama Asal Bosnia

KGB awalnya merupakan spesialis dalam spionase yang menerobos pertahanan Amerika Serikat dan menggali jauh berbagai rahasia besar AS. Pada awal Perang Dingin, Soviet bahkan mendapat akses mata-mata ke fasilitas Los Alamos, di mana AS pada saat itu mengembangkan bom atom.

KGB bahkan menyusupi pemilu Bangladesh pada tahun 1970-an dan selanjutnya Afghanistan pada dekade berikutnya.

Pada tahun 1991, Vladimir Kryuchkov selaku kepala KGB, dan beberapa orang lainnya sangat berani mengambil langkah untuk mencoba menggulingkan pemerintah Uni Soviet, namun kudeta gagal, dan negara tersebut jatuh ke dalam kekacauan dan bubar, begitu juga dengan KGB.

  1. Secret Intelligence Service, SIS (M16) – Inggris

Rasanya sebagian besar orang cukup familiar dengan MI6, setelah Intelijen asal Inggris ini digambarkan sebagai induk agen rahasia dalam karya fiksi yang sangat terkenal, James Bond karya Ian Fleming, yang beroperasi di luar negeri dan bertugas mengamankan Inggris beserta kepentingan dari negara tersebut. 

Dalam kehidupan nyata, M16 yang juga dikenal Secret Intelligence Service (SIS) ini dibentuk pada tahun 1909 sebelum perang dunia II. Badan Intelijen ini bermarkas di SIS Building, London. Awalnya, MI6 ditugaskan untuk menjaga sekaligus memata-matai kekaisaran Jerman.

Baca juga :  2 Tahun 'Mengudara', PUBG Lite Resmi Ditutup

Hingga saat ini, MI6 terlibat pada banyak konflik abad ke-20 dan 21. Meskipun begitu, MI6 juga aktif berkolaborasi dengan sejumlah agen rahasia lainnya terutama dengan Amerika Serikat. 

  1. Bundesnachrichtendienst (BND) – Jerman

Layanan Intelijen Federal yang dikenal dalam bahasa Jerman sebagai Bundesnachrichtendienst, merupakan salah satu agen terbesar di dunia yang didirikan pada Perang Dingin pada tahun 1956 silam.

Memiliki lebih dari 6.500 karyawan dan menawarkan 300 lokasi di nagara asalnya, Jerman, organisasi ini melakukan banyak hal seperti intelijen serupa lainnya, yakni memata-matai orang-orang Rusia.

Ketika serangkaian serangan teroris terjadi di tengah perhelatan Olimpiade Munich pada tahun 1972, BND berada dalam masalah besar. Mereka merasa kebobolan. Sejak saat itu, BND mulai benar-benar membangun kemampuan kontra-terorisme mereka.

Pada 2005 silam, terungkap bahwa BND mengawasi banyak jurnalis Jerman. Mereka bahkan dilaporkan menyimpan 220 juta set metadata yang diambil dari pengawasan telepon di seluruh dunia. WikiLeaks juga sering berbagi banyak data yang mereka temukan dimiliki atau disembunyikan oleh BND.

  1. Inter-Services Intelligence (ISI) – Pakistan

Jika berbicara mengenai hubungan Afghanistan-Uni Soviet, badan Intelijen Pakistan, Inter-Services Intelligence (ISI) ternyata memiliki peran besar dalam segala hal selama akhir 70-an dan awal 80-an.

ISI diketahui berpihak kepada para pejuang Afghanistan untuk bertempur melawan Soviet, bahkan bekerja sama dengan CIA untuk melatih dan mendanai agen dibawah naungannya.

Ketika Uni Soviet jatuh pada awal 1991, ISI memberikan berbagai macam dukungan kepada kelompok militan Taliban, selama Perang Saudara di Afghanistan. Namun ISI tak hanya ikut campur dalam pertempuran tersebut, mereka bahkan merekrut warga sipil untuk dijadikan pasukannya layaknya angkatan bersenjata.

Di sisi lain, ISI memiliki skandal, yaitu dilaporkan mengacaukan pemilu di negaranya sendiri, serta dituduh menyita uang secara ilegal dari salah satu pemilik bank di Pakistan.

Selain itu, warga Pakistan yang membantu CIA dalam penangkapan Osama bin Laden, ditahan oleh ISI hingga dijebloskan ke penjara. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....