Home Gaya hidup 6 Cara Ampuh Cegah Dehidrasi Selama Perjalanan Mudik

6 Cara Ampuh Cegah Dehidrasi Selama Perjalanan Mudik

TELENEWS.ID – Pulang mudik melakukan perjalanan ke tempat yang cukup jauh terutama dengan transportasi darat tak hanya memakan waktu dan tenaga, tapi juga bisa mempengaruhi kesehatanmu. Salah satunya yang mungkin tidak kamu sadari adalah kemungkinan mengalami dehidrasi selama dalam perjalanan mudik.

Mudik di musim hujan seperti sekarang ini, berada di kendaraan ber-AC yang cukup dingin terkadang membuat kita lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Walhasil tanpa disadari, tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan selama melakukan perjalanan mudik.

Kadang-kadang, dehidrasi menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang jika dibiarkan, dapat menyebabkan kejang. Ketika kamu bepergian, jangan menunggu sampai merasa haus untuk minum air. Ini karena pada saat seseorang merasa haus, mereka mungkin sudah mengalami dehidrasi.

Jika kita duduk untuk waktu yang lama dalam perjalanan, tubuh kita secara alami lebih hangat yang berarti kita cenderung lebih banyak berkeringat. Selain itu jika kamu mudik dengan kendaraan ber-AC, aliran udara lebih mudah mengeluarkan air dari kulit dan membuat Anda tetap sejuk, bahkan saat tubuh terus mengeluarkan lebih banyak keringat.

Ketika dikombinasikan dengan hilangnya hidrasi normal melalui pernapasan, sangat mudah untuk mengalami dehidrasi di dalam mobil tanpa disadari. Kamu mungkin tidak melakukan aktivitas fisik apa pun, tetapi tubuh akan terus-menerus kehilangan air terutama di titik-titik kontak yang lebih hangat antara tubuh dan kursi.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak mengalami dehidrasi selama melakukan perjalanan mudik?

  1. Tentu saja minum cukup air
    Dengan sedikit aktivitas dan dalam kendaraan ber-AC, maka akan sangat sulit bagi kita untuk merasa kehausan. Namun meski begitu usahakan untuk tetap mengkonsumsi cukup air putih, untuk menghindari kita mengalami dehidrasi selama dalam perjalanan.
  2. Hindari minuman yang manis
    Sejumlah pakar menganjurkan agar kita menghindari konsumsi minuman manis secara berlebihan selama melakukan perjalanan. Gula dan pemanis buatan menyedot penyimpanan air tubuh dengan membuat organ bekerja lebih keras untuk memprosesnya. “Berhati-hatilah terhadap minuman manis yang juga mengandung kafein,” kata Dr. Seema Marwaha, spesialis penyakit dalam di Toronto. “Mereka benar-benar menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak air daripada yang bisa dapatkan” tambahnya lagi.
  3. Konsumsi buah yang tinggi kandungan airnya
    Selain air minum, kamu juga bisa mengatasi dehidrasi selama perjalanan dengan mengkonsumsi aneka buah-buahan yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi buah kaya air seperti beri, nanas, mentimun, dan semangka untuk hidrasi yang mudah dan praktis selama dalam perjalanan.
  4. Makan-makanan yang mengandung banyak air saat istirahat
    Ketika berhenti di rest area untuk makan, kamu bisa memilih hidangan yang mengandung banyak air di dalamnya. Dr. Marwaha menyarankan agar mengkonsumsi sup daging dan sayuran segar yang rendah sodium namun memiliki kandungan air yang cukup, yang bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.
  5. Hindari mengkonsumsi makanan yang asin
    Ada baiknya kamu juga mengurangi makanan asin seperti keripik selama dalam perjalanan mudik ini. Makanan asin mengandung sodium yang cukup tinggi di dalamnya. Ketika terlalu banyak sodium dikonsumsi, tubuh menjadi dehidrasi. Selama periode ini, tubuh akan menarik air dari sel-sel dalam tubuh dan membuatmu menjadi dehidrasi tanpa disadari.
  6. Minum air kelapa muda
    Menurut ahli gizi Tanya Zuckerbrot, air kelapa sangat ideal untuk hidrasi karena mengandung elektrolit alami dan kadar potasium yang sebanding dengan pisang. “Air kelapa sangat dianjurkan untuk diminum terutama di pesawat terbang, di mana tubuh mudah mengalami dehidrasi” ujarnya. Kamu bisa membawa air kelapa yang di masukkan ke dalam botol, selain itu kamu juga bisa memilih produk minuman yang mengandung ir kelapa murni di dalamnya. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Novi Amelia Loncat Dari Lantai 8 Apartmen, Ini Penyebab Seseorang Nekat Bunuh Diri Menurut Ahli
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...