Home Travel Kuliner 6 Makanan Olahan Kelapa Dikenal Hanya ada di Indonesia, Yuk Simak Daftarnya

6 Makanan Olahan Kelapa Dikenal Hanya ada di Indonesia, Yuk Simak Daftarnya

TELENEWS.ID – Berbicara soal daftar makanan olahan kelapa di Indonesia pastinya cukup beragam. Bahan dasar olahan makanan dari kelapa bisa dijadikan hidangan berkualitas dan tidak heran bisa dinikmati sebagai menu kuliner khas di sebuah daerah.

Berbagai macam menu masakan di Indonesia terkadang memberi cita rasa tersendiri sekaligus bisa menghadirkan nama unik yang membuat pecinta kuliner ingin mencicipinya.

6 Makanan Olahan Kelapa Dikenal Hanya Ada di Indonesia

Ketika Anda mencari tahu seperti apa daftar hidangan khas nusantara berdasarkan bahan baku olahan kelapa perlu mencermati dari cara memasaknya.

Olahan kelapa sudah familiar di berbagai daerah sebagai satu bahan utama untuk membuat beberapa daftar menu masakan seperti berikut ini.

1. Kue Pancong

Deretan pertama terdapat makanan khas Betawi bernama Pancong. Jajanan tradisional satu ini terbuat dari campuran santan kelapa, tepung beras, dan air.
Pada proses memasaknya, parutan kelapa dimasak memakai cetakan setengah lingkaran, ketika sudah matang jajanan tradisional ini biasanya diberi taburan gula.
Sekarang kue Pancong sudah semakin banyak diminati dan beberapa jenis toping juga diberi berupa meses dan keju untuk memberi rasa berbeda.

2. Gemblong

Menariknya cita rasa makanan gemblong juga banyak diperhitungkan sebagai satu pilihan menarik dengan bahan dasar olahan kelapa.

Gemblong dikenal sebagai adonan goreng dari tepung beras ketan putih, margarin, santan kelapa, dan parutan kelapa.

Proses pengolahannya membutuhkan gula merah cair untuk lapisan luarnya.

Gemblong juga dikenal memiliki cita rasa lebih renyah di bagian luarnya, dan terasa lembut hingga berasa gurih di dalamnya.

3. Bandros

Bandros atau Rangi juga dikenal sebagai jajanan kue terbuat dari bahan tepung beras dan parutan kelapa.

Bandros juga memiliki rasa otentik karena dari penyajiannya ditambah gula merah cair hingga potongan nangka sebagai bahan toping.

Baca juga :  4 Makanan Khas Jawa Tengah yang Selalu Diincar Wisatawan

Saat ini bahan tambahan Bandros bukan hanya dari gula pasir, tetapi ada beberapa jenis bahan tambahan untuk menambah rasa dari makanan satu ini.

4. Sagon

Menu jajanan berupa Sagon juga menjadi makanan dari kelapa yang populer di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kue berbahan dasar tepung beras ketan, parutan kelapa, margarin, dan gula ini banyak dijumpai di beberapa acara adat dan momen Lebaran.

Aroma harum dengan rasa manis dan gurih menjadi satu keunggulan yang ada di Sagon yang mana teksturnya juga terlihat lembut saat di santap.

5. Kue Putu

Salah satu jajanan dari olahan kelapa yang mana dikenal sebagai Kue Putu sudah populer di berbagai daerah.

Kue satu ini juga tergolong sebagai jajanan tradisional unik karena dari metode memasaknya dikukus di sebuah batang bambu.

Rasa gurih, teksturnya empuk dan harum membuat jajanan ini banyak diminati.
Sayangnya jajanan kue Putu ini tidak banyak tersedia karena generasi penerusnya tidak cukup banyak menjajakan menu makanan satu ini.

Baca juga :  Rekomendasi 5 Tempat Berburu Durian Enak di Jakarta

6. Kembang Gula Kelapa

Tentu saja banyak pecinta jajanan tradisional mengetahui seperti apa hidangan Kembang Gula Kelapa. Rasa manis dengan tampilan warna cerah membuat jajanan satu ini populer.

Kembang Gula Kelapa sudah dikenal sebagai jajanan khas Jawa Timur. Bahan utama pembuatannya terdiri dari parutan kelapa muda, gula pasir, tepung tapioka, dan tambahan pewarna makanan.

Setiap jajanan tradisional terbuat dari bahan olahan kelapa muda ternyata menyimpan rasa menarik. Kelezatan dari setiap makanan khas tersebut mampu menjadi satu poin penting yang seharusnya Anda bisa cicipi. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...