Home Gaya hidup 6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID – Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit listrik.

Namun, standar utama manfaat batubara masih cukup luas sehingga dari kehidupan sehari-hari ternyata batubara memiliki banyak bonafit.

Meskipun murah, batubara menjadi sebuah komoditi tambang vital, dilansir dari halaman Coal Education batubara menjadi sumber energi stabil.

Dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu 28 Mei 2022, terdapat beberapa poin manfaat batubara di kehidupan sehari-hari yang mungkin belum banyak diketahui.

Manfaat batubara di Kehidupan Sehari-hari

1.Sebagai Sumber Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Poin utama dari penggunaan batubara di era sekarang terbukti bermanfaat untuk bahan bakar pembangkit listrik.

Batubara sudah dianggap paling umum dipakai bahan bakar pembangkit listrik.

Cukup banyak negara termasuk Indonesia menggunakan batubara sebagai sumber energi listrik hingga menggerakkan turbin generator listrik dan akhirnya menghasilkan tenaga listrik.

Tidak hanya itu, pemilihan batubara sebagai sumber tenaga listrik juga menjadi alternatif lebih murah karena dapat dipakai dua kali.

2.Sebagai Penghasil Produk Gas

Anda perlu tahu bahwa batubara juga dapat dipakai sebagai penghasil produk gas. Dalam hal ini produk gas alam dapat memberi manfaat pada produksi solar dan hidrogen.

batubara murni akan diolah di tambang kemudian bisa menjadi produk utama untuk memenuhi bahan bakar industri pembangkit listrik berbahan bakar gas.

3.Memberi Dukungan di Sektor Industri Baja

Pengolahan industri baja saat ini membutuhkan kapasitas batubara yang dipakai sebagai satu aspek utama menghasilkan batubara kokas.

Produk baja membutuhkan karbon hingga bahan besi. Sedangkan karbon sendiri diketahui untuk memanaskan bahan besi hingga nantinya digunakan sebagai bahan utama pembuatan baja.

Baca juga :  5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menghibur Mereka yang Gagal UTBK-SBMPTN

Karbon di dalam batubara menghasilkan panas tinggi hingga mendukung proses produksi baja.

4.Memberi Dukungan Pada Segmen Industri Semen

Semakin banyak poin penting dari manfaat batubara yang mana menghasilkan bahan penting untuk produksi semen.

Walaupun untuk memproduksi semen tidak membutuhkan batubara sebagai bahan baku utama, tetap saja proses pembakarannya hampir sama pada sektor industri baja.

5.Mendukung Produksi Kertas

Skala industri kertas juga mendapat dukungan dari sisi ketersediaan batubara. Oleh sebab itu pembuatan kertas ini membutuhkan batubara dalam skala cukup besar.

Panas hasil pembakaran batubara sanggup membuat mesin pengolah serat sebagai perangkat penting pembuatan kerja bekerja lebih efektif.

Industri pembuatan kertas memiliki kebutuhan akan batubara dalam skala cukup tinggi. Itulah mengapa dari ketersediaan bahan bakar dari fosil ini benar-benar dibutuhkan di setiap produksi kertas.

6.Memiliki Limbah Padat Multifungsi

Limbah padat dari batubara berupa fly ash dan bottom ash menjadi satu proses pembakaran di PLTU. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa limbah padat batubara bisa memberi nilai ekonomis dan sanggup dimanfaatkan untuk mendukung infrastruktur seperti bahan baku pembangunan jalan, conblock, semen, sampai bahan baku pupuk.

Baca juga :  Wajib Banget Dicoba, Tips Memakai High Hells Tanpa Rasa Sakit di Kaki

Cukup banyak deretan manfaat dari batubara yang benar-benar memberi opsi penting dalam banyak bidang kehidupan sehari-hari. Tidak hanya memberi manfaat di satu sektor, tetapi di bidang industri ternyata cukup banyak memberi nilai fungsi tinggi. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...