Home Gaya hidup 6 Resolusi Tahun Baru yang Akan Membantu Menjaga Kesehatan Mental

6 Resolusi Tahun Baru yang Akan Membantu Menjaga Kesehatan Mental

TELENEWS.ID – “Be kind to yourself” mungkin kamu sudah pernah mendengar ungkapan yang berarti “baiklah pada dirimu sendiri”. Ungkapan ini sering dipakai untuk mengingatkan bahwa kita juga harus berbuat baik pada diri sendiri, salah satunya menjaga kesehatan mental kita sendiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang aware mengenai masalah kesehatan mental ini. Semakin banyak juga yang memahami bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Kesehatan mental mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak saat kita menghadapi hidup. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa dan tua.

Karena itulah di tahun baru mendatang, bisa jadi titik balik yang tepat untukmu untuk lebih peduli pada kesehatan mentalmu. Lalu resolusi seperti apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu di tahun mendatang?

  1. Ciptakan rutinitas pagi yang baru
    Menurut Anne Klein, seorang psikolog asal Alberta, Kanada; kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu dengan mengubah rutinitas pagimu. Ini karena pagi hari menjadi saat yang penting dan vital untuk memulai hari. Menurut Anne, kalau kamu mengawali pagi dengan hal positif, maka sepanjang hari kamu akan merasakan hal yang positif pula. “Mulailah dengan memperhatikan pikiran pertama setelah bangun pagi. Kemudian gantilah pikiran stres atau negatif dengan sesuatu yang positif,” saran Klein. “Kedengarannya basi, tetapi itu bisa membuat perbedaan dalam cara kamu memulai hari” tambahnya lagi.
  2. Kurangi membaca atau menonton berita
    Politik, perubahan iklim, dan pandemi yang sedang berlangsung menciptakan aliran berita negatif yang terus menerus kita serap. Hal ini akan sangat berbahaya jika ternyata kamu lebih banyak membaca atau mendengarkan berita yang negatif. Karena itulah sebaiknya kamu mengurangi membaca atau menonton berita mengenai hal-hal seperti ini. Bukan sama sekali tak mengakses berita baru, namun kurangilah dan jangan sampai kamu membaca atau mendengarkannya berkali-kali sepanjang hari.
  3. Perbaiki kualitas tidurmu
    Kalau kamu ingin meningkatkan kesehatan mental di tahun mendatang, inilah saatnya untuk mengurangi kebiasaan begadang. Sejak lama, kurang tidur diasosiasikan dengan kecemasan berlebihan dan juga stress. Kamu harus mencukupi kebutuhan 7 hingga 8 jam waktu tidur agar bisa memiliki mental yang terjaga dengan baik. Selama tidur, otak bekerja untuk mengevaluasi pikiran dan ingatan. Dan dampak kurang tidur sangat berbahaya bagi kondisi emosional positif seseorang.
  4. Mulai berolahraga
    Olahraga ternyata tak hanya bagus untuk kesehatan fisikmu, namun juga punya kontribusi besar pada kesehatan mental seseorang. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dengan antidepresan dalam meredakan depresi ringan hingga sedang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki kesehatan mental dan kesejahteraan emosional yang lebih baik, dan memiliki risiko penyakit mental yang lebih rendah. Olahraga juga membantu dalam mengobati beberapa kondisi kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.
  5. Lakukan detoks media sosial
    Detoksifikasi digital mengacu pada periode waktu ketika seseorang secara sukarela menahan diri dari menggunakan perangkat digital seperti smartphone, komputer, dan platform media sosial. Paling tidak sebulan sekali atau dua bulan sekali, luangkan waktu sehari saja tanpa membuka media sosial sama sekali. Habiskan waktu dengan melakukan hal lain seperti membaca, berkebun dan ngobrol dengan orang yang kamu cintai.
  6. Mulai belajar bersyukur
    Jika selama ini kamu tak pernah mensyukuri apa yang kamu peroleh, maka tahun 2022 nanti mulailah belajar untuk mensyukuri apapun yang kamu miliki dan alami. Banyak penelitian selama dekade terakhir menemukan bahwa orang yang secara sadar menghitung berkah dan bersyukur akan hal itu, cenderung lebih bahagia dan tidak terlalu depresi. Studi menunjukkan salah satu cara paling sederhana untuk merasa lebih bahagia adalah dengan mempraktikkan rasa syukur dengan merenungkan hal-hal baik dalam hidupmu.
Baca juga :  Potensi Herbal dan Jamu dalam Mengatasi Pandemi COVID-19
Baca juga :  Potensi Herbal dan Jamu dalam Mengatasi Pandemi COVID-19

Itulah 6 cara untuk menjaga kesehatan mentalmu menjadi lebih baik di tahun 2022 mendatang. Ingat, be kind to yourself ya guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...