Home Gaya hidup 6 Resolusi Tahun Baru yang Akan Membantu Menjaga Kesehatan Mental

6 Resolusi Tahun Baru yang Akan Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – “Be kind to yourself” mungkin kamu sudah pernah mendengar ungkapan yang berarti “baiklah pada dirimu sendiri”. Ungkapan ini sering dipakai untuk mengingatkan bahwa kita juga harus berbuat baik pada diri sendiri, salah satunya menjaga kesehatan mental kita sendiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang aware mengenai masalah kesehatan mental ini. Semakin banyak juga yang memahami bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Kesehatan mental mempengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak saat kita menghadapi hidup. Ini juga membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa dan tua.

Karena itulah di tahun baru mendatang, bisa jadi titik balik yang tepat untukmu untuk lebih peduli pada kesehatan mentalmu. Lalu resolusi seperti apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu di tahun mendatang?

  1. Ciptakan rutinitas pagi yang baru
    Menurut Anne Klein, seorang psikolog asal Alberta, Kanada; kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu dengan mengubah rutinitas pagimu. Ini karena pagi hari menjadi saat yang penting dan vital untuk memulai hari. Menurut Anne, kalau kamu mengawali pagi dengan hal positif, maka sepanjang hari kamu akan merasakan hal yang positif pula. “Mulailah dengan memperhatikan pikiran pertama setelah bangun pagi. Kemudian gantilah pikiran stres atau negatif dengan sesuatu yang positif,” saran Klein. “Kedengarannya basi, tetapi itu bisa membuat perbedaan dalam cara kamu memulai hari” tambahnya lagi.
  2. Kurangi membaca atau menonton berita
    Politik, perubahan iklim, dan pandemi yang sedang berlangsung menciptakan aliran berita negatif yang terus menerus kita serap. Hal ini akan sangat berbahaya jika ternyata kamu lebih banyak membaca atau mendengarkan berita yang negatif. Karena itulah sebaiknya kamu mengurangi membaca atau menonton berita mengenai hal-hal seperti ini. Bukan sama sekali tak mengakses berita baru, namun kurangilah dan jangan sampai kamu membaca atau mendengarkannya berkali-kali sepanjang hari.
  3. Perbaiki kualitas tidurmu
    Kalau kamu ingin meningkatkan kesehatan mental di tahun mendatang, inilah saatnya untuk mengurangi kebiasaan begadang. Sejak lama, kurang tidur diasosiasikan dengan kecemasan berlebihan dan juga stress. Kamu harus mencukupi kebutuhan 7 hingga 8 jam waktu tidur agar bisa memiliki mental yang terjaga dengan baik. Selama tidur, otak bekerja untuk mengevaluasi pikiran dan ingatan. Dan dampak kurang tidur sangat berbahaya bagi kondisi emosional positif seseorang.
  4. Mulai berolahraga
    Olahraga ternyata tak hanya bagus untuk kesehatan fisikmu, namun juga punya kontribusi besar pada kesehatan mental seseorang. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dengan antidepresan dalam meredakan depresi ringan hingga sedang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki kesehatan mental dan kesejahteraan emosional yang lebih baik, dan memiliki risiko penyakit mental yang lebih rendah. Olahraga juga membantu dalam mengobati beberapa kondisi kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.
  5. Lakukan detoks media sosial
    Detoksifikasi digital mengacu pada periode waktu ketika seseorang secara sukarela menahan diri dari menggunakan perangkat digital seperti smartphone, komputer, dan platform media sosial. Paling tidak sebulan sekali atau dua bulan sekali, luangkan waktu sehari saja tanpa membuka media sosial sama sekali. Habiskan waktu dengan melakukan hal lain seperti membaca, berkebun dan ngobrol dengan orang yang kamu cintai.
  6. Mulai belajar bersyukur
    Jika selama ini kamu tak pernah mensyukuri apa yang kamu peroleh, maka tahun 2022 nanti mulailah belajar untuk mensyukuri apapun yang kamu miliki dan alami. Banyak penelitian selama dekade terakhir menemukan bahwa orang yang secara sadar menghitung berkah dan bersyukur akan hal itu, cenderung lebih bahagia dan tidak terlalu depresi. Studi menunjukkan salah satu cara paling sederhana untuk merasa lebih bahagia adalah dengan mempraktikkan rasa syukur dengan merenungkan hal-hal baik dalam hidupmu.

Itulah 6 cara untuk menjaga kesehatan mentalmu menjadi lebih baik di tahun 2022 mendatang. Ingat, be kind to yourself ya guys! (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...