Home Gaya hidup 6 Tips Aman Merayakan Natal Bersama dengan Balita

6 Tips Aman Merayakan Natal Bersama dengan Balita

TELENEWS.ID – Natal sebentar lagi tiba. Inilah momen membahagiakan yang ditunggu oleh seluruh umat Kristiani di seluruh dunia ini. Dan tentu saja ada pembaca Telenews yang merayakan Natal pertama kali dengan buah hati tercinta mereka.

Natal pertama dengan si kecil tentu jadi momen yang sangat mengesankan. Orangtua melakukan segala sesuatu secara ekstra, agar Natal pertama dengan si buah hati menjadi lebih berkesan dan juga menyenangkan. Salah satunya tentu memastikan keamanan si kecil saat diajak merayakan Natal bersama dengan keluarga.

Ini karena banyak orangtua terutama ibu yang merasa sedikit was-was atas keselamatan buah hati mereka saat diajak merayakan Natal. Takut memecahkan stoples kue, menarik dekorasi atau pohon Natal jadi beberapa hal yang dicemaskan oleh orangtua saat mengajak anak mereka merayakan Natal.

Apalagi jika si anak beranjak balita dimana mereka sedang aktif-aktifnya melakukan eksplorasi. Tentu saja butuh perhatian ekstra agar jangan sampai buah hati terluka atau melakukan hal-hal yang membahayakan mereka.

Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips aman merayakan Natal bersama dengan si kecil yang beranjak balita

  1. Pilih dekorasi yang aman
    Untuk menghias pohon Natal, pilihlah dekorasi yang aman terutama yang mudah di jangkau oleh anak-anak. Pilihlah dekorasi yang tak mudah pecah dan tidak memiliki sudut yang tajam. Kalau memang tidak menemukan dekorasi yang tak mudah pecah, gantunglah yang agak tinggi dibagian atas pohon Natal, jauh dari jangkauan anak-anak.
  2. Pastikan listrik aman dari jangkauan anak-anak
    Bagi orangtua yang menghias rumah atau pohon Natal mereka dengan lampu warna-warni, pastikan agar listrik yang digunakan aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Periksa sekali lagi tidak ada kabel yang mengelupas atau sobek. Selain itu untuk lebih amannya gantunglah lampu hias ini di tempat yang agak tinggi dan tak mudah di jangkau oleh anak-anak. Jangan lupa untuk mematikan lampu ini ketika beranjak tidur selain untuk menghemat listrik, untuk mencegah kemungkinan korsleting terjadi.
  3. Jauhkan benda-benda kecil dari jangkauan anak-anak
    Perhatikan hal-hal kecil yang bisa membuat anak kecil tersedak. Letakkan dekorasi kecil jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu hati-hati dengan hidangan Natal yang kecil dan kenyal, yang mungkin bisa membuat anak-anak tersedak jika termakan oleh mereka. Ini karena terkadang balita suka memasukkan apa saja yang ia temui ke dalam mulut mereka. Jangan sampai mereka menelan benda-benda berbahaya yang bisa membuat mereka tersedak.
  4. Jangan biarkan anak-anak mengudap makanan manis berlebihan
    Seperti hari besar keagamaan lainnya, hidangan Natal juga didominasi oleh kudapan yang manis dan tinggi gula. Inilah jenis hidangan yang disukai oleh gigi manis si kecil. Namun terlalu banyak mengudap makanan dan minuman manis, bisa sangat berbahaya bagi balita. Karena itulah pastikan ke kecil tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis saat Natal nanti.
  5. Jauhkan balita dari area dapur
    Natal bisa jadi momen yang sibuk terutama di area dapur. Memanggang kue dan roti serta membuat hidangan Natal lain tak jarang membuat ibu lengah, dan membiarkan buah hati mereka menjelajah di dapur. Hati-hati karena area dapur sangat berbahaya bagi si kecil. Oven yang menyala, mixer dan blender, pisau, gunting dan sebagainya; akan sangat berbahaya bisa dipakai bermain oleh balita. Karena itulah pastikan buah hati tidak bermain di area dapur apalagi saat menjelang Natal seperti ini.
  6. Pakai masker saat keluar rumah
    Jangan lupa Natal kali ini kita masih berjibaku dengan varian baru virus COVID-19. Karena itulah pastikan si kecil tetap memakai masker, saat berkunjung ke rumah famili. Selain itu selalu bawa hand sanitizer dan tisu basah, untuk membersihkan tangan si kecil sebelum mereka mengambil makanan apapun.
Baca juga :  Mengenal Fenomena Single Shaming, Saat Para Jomblo Dipandang Rendah dan Dibully
Baca juga :  Kulit Tak Juga Glowing, Kenali 5 Tanda Skincare Yang Biasa Kamu Pakai Sudah Tak Efektif

Terakhir jangan biarkan orang asing sembarangan mencium si kecil. Pastikan hanya keluarga dekat yang dikenal baik oleh orangtua, yang bisa bersentuhan langsung dengan anak-anak; sebagai tindakan pencegahan di musim pandemi seperti saat ini.

Itulah 6 tips aman untuk orangtua, merayakan Natal bersama si kecil yang beranjak balita. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...