Home Gaya hidup 6 Tips Nyaman Mudik Bareng Bayi dengan Mengendarai Mobil Pribadi

6 Tips Nyaman Mudik Bareng Bayi dengan Mengendarai Mobil Pribadi

TELENEWS.ID – Arus mudik menjelang Lebaran mulai terasa di berbagai wilayah. Bahkan mulai hari ini tepatnya 25 hingga 27 April 2022, pemerintah mulai menerapkan uji coba pelat ganjil genap untuk pemudik di berbagai ruas tol.

“Uji coba rekayasa lalu lintas mudik. Kami informasikan jadwal pelaksanaan uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Minggu (24/4/2022).

Dedi juga menyebutkan bahwa uji coba penerapan pelat ganjil genap bagi pemudik akan dilaksanakan di Tol Cikampek KM 47 yang berakhir di Tol Klikangkung, Semarang. Sementara itu penerapan pelat ganjil genap untuk pemudik sendiri akan dimulai pada 28 April atau menjelang puncak arus mudik.

Mudik sendiri memang menjadi rutinitas yang tak bisa dipisahkan dari culture masyarakat Indonesia. Bahkan kurang lengkap rasanya jika Lebaran tidak mudik dan berkumpul bersama dengan keluarga. Apalagi dua tahun sebelumnya, kita tidak bisa menjalani mudik lantaran adanya pandemi COVID-19 di negeri ini.

Namun mudik sendiri memang perlu persiapan yang matang. Apalagi jika kita mudik dengan membawa bayi dan balita. Banyak orangtua yang mengurungkan niat mereka mudik, lantaran memikirkan kondisi bayi mereka. Namun ada juga yang tetap mengajak bayi mereka mudik, dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Jika ayah bunda ingin membawa bayi mudik pada Lebaran tahun 2022 dengan mobil pribadi, beberapa tips ini mungkin layak sekali untuk diketahui, demi kenyamanan mudik bersama si buah hati tercinta. Apa itu?

  1. Mulai membiasakan bayi untuk melakukan perjalanan dengan mobil
    Sebelum mudik, ajaklah bayi untuk membiasakan diri mereka melakukan perjalanan dengan mobil. Orangtua bisa mengajak anak mereka untuk berkeliling kompleks, agar mereka terbiasa dengan suasana di dalam mobil yang akan dikendarai.
  2. Pastikan keamanan dan kenyamanan bayi
    Baby car seat atau tempat duduk khusus bayi yang dipasang di dalam mobil merupakan suatu keharusan. Memangku bayi selama perjalanan mudik selain tidak nyaman, juga akan membahayakan bayi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan. Selain itu pastikan kondisi mobil cukup nyaman untuk balita, agar mereka tidak rewel selama dalam perjalanan.
  3. Perhatikan barang bawaan
    Popok, susu, makanan, camilan kesukaan, baju ganti hingga air panas dan mainan harus berada dalam jangkauan orangtua. Ini penting agar selama dalam perjalanan, bayi merasa nyaman dan tenang. Selain itu jika orangtua membawa barang bawaan lain, usahakan untuk diletakkan di bagasi sehingga tidak memenuhi kabin penumpang yang bisa membuat bayi merasa kurang nyaman.
  4. Sering berhenti di rest area
    Melakukan perjalanan mudik degan bayi memang membutuhkan kesabaran. Salah satunya orangtua sebaiknya mempertimbangkan untuk sering berhenti di rest area. Ajaklah bayi keluar untuk sekedar menikmati udara segar dan membuat mereka bebas bergerak, saat berhenti di rest area.
  5. Jika memungkinkan, lakukan perjalanan saat bayi tidur
    Melakukan perjalanan di malam hari disebut-sebut menjadi pilihan tepat bagi orangtua yang ingin mengajak bayi atau balita mereka mudik. Ini karena malam hari menjadi jam tidur yang lebih panjang bagi bayi, sehingga mengurangi kemungkinan mereka rewel dan terbangun selama perjalanan.
  6. Persiapkan kemungkinan untuk menginap di hotel
    Ingat perjalanan dengan bayi berbeda dengan perjalanan mudik bersama orang dewasa. Salah satunya saat bayi rewel terus dalam perjalanan, bisa jadi mereka lelah dan tak nyaman dengan suasana dalam mobil. Karena itu tak ada salahnya mempersiapkan untuk menginap di hotel atau penginapan, hingga bayi menjadi lebih tenang dan bisa diajak melakukan perjalanan mudik kembali. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Inilah 5 Zodiak yang Dikenal Memiliki Gaya Hidup Paling Hedon, Kamukah Itu?
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...