Home Travel Kuliner 7 Makanan Khas Indonesia Dengan Filosofinya

7 Makanan Khas Indonesia Dengan Filosofinya

TELENEWS.ID – Berbicara tentang makanan khas dari semua daerah di Indonesia pastinya memiliki ragam cita rasa dan juga filosofi. Seperti halnya hasil budaya, tentu saja masakan khas dari nenek moyang memiliki makna tersendiri dari setiap bahannya.

Tidak hanya dari kualitas bahan serta rempah-rempah yang selama ini disajikan secara lengkap. Tetapi dari semua menu hidangan khas di daerah tertentu pastinya memiliki nilai kehidupan yang mungkin saat ini anda belum banyak ketahui.

7 Makanan Khas Indonesia Beserta Filosofinya
Jika berbicara seputar filosofi dari semua daftar makanan khas di berbagai daerah Indonesia tentu memberi tema bervariasi. Memakai dasar nilai kehidupan membuat satu hidangan khas semakin terkenal hingga ke mancanegara. Berikut ada rangkuman dari 7 makanan khas Indonesia beserta filosofinya

1. Masakan Nasi Tumpeng
Bisa dikatakan ada bagian tertentu dimana bentuk dan jenis bahan rempah yang dipakai pada hidangan nasi tumpeng memberi makna khusus. Makanan tumpeng ini masih disajikan di acara khusus seperti acara syukuran ataupun peresmian dan lainnya.

Nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut seperti gunung dengan makna harapan kehidupan yang sejahtera. Kemudian ada lauk pauk yang dihidangkan dengan makna tersendiri yang mana lauk berjumlah tujuh dan nomor tujuh di arti bahasa Jawa adalah pertolongan.

Kemudian dari bagian cabai merah berada di puncak nasi tumpeng juga memberi penjelasan bahwa bisa menjadi salah satu sumber penerangan ataupun teladan tertentu bagi manusia.

2. Menu Makanan Gado-Gado
Mungkin selama ini anda belum mengerti apa makna dari sebuah menu hidangan gado-gado yang mana menjadi salah satu masakan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini gado-gado sendiri menjadi masakan yang dibuat terdiri dari sayuran direbus, campuran telur rebus, kentang rebus kemudian ada bumbu kacang yang dicampur rata.

Ternyata makna dari gado-gado ini adalah makanan peranakan China yang kemudian diadaptasi dan sedikit diberi modifikasi menjadi satu hidangan pecel khas Jakarta pada zaman dahulu. Sehingga seringkali masyarakat menganggap gado-gado ini sebagai makanan pelengkap.

Selain itu makanan gado-gado ini juga diartikan sendiri sebagai campuran berbeda yang membuat ragam masyarakat Indonesia yang bisa disatukan. Sehingga ada pendapat lain yang juga memberi arti menarik yakni makna dari gado ini adalah makanan tanpa ada nasi meskipun saat ini hidangan gado-gado disajikan memakai lontong.

3. Masakan Gudeg
Sampai saat ini masakan gudeg juga menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta dengan cita rasa menarik dan populer di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Ternyata ada cerita menarik dimana masakan gudeg tersebut sudah menjadi masakan spesial pada masa kerajaan Mataram. Kemudian ada banyak pohon ditebang untuk membuka pemukiman, kemudian terdapat pohon nangka dan buahnya yang masih muda hingga diolah menjadi masakan gudeg.

Kemudian masyarakat Yogyakarta sendiri memberi makna gudeg sebagai simbol persatuan masyarakat dengan para penguasa. Tidak hanya itu masakan khas gudeg ini juga memberi cerminan filosofi sebuah ketenangan, ketelitian, dan juga kesabaran.

Konon dari pengolahan bahan dasar gudeg berupa nangka muda ini butuh waktu cukup lama dan penggunaan bahan rempah sebagai pelengkap juga memiliki kualitas terbaik.

4. Ketupat
Banyak aspek utama dimana arti dari ketupat ini sebagai satu makanan sederhana namun filosofinya terbilang kental dengan budaya Jawa dan hari Ramadhan.

Dari sini ketupat sendiri memiliki beberapa sejarah terutama pada masa para Sunan dahulu kala. Ketupat memiliki bentuk segi empat kemudian berbahan dasar beras dan santan.

Bahkan ada informasi bahwa ketupat pada masa lalu diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Ditambah lagi ada dua perayaan yang dibuat sebagai satu peringatan khusus dimana masyarakat bisa membuat ketupat.

Baca juga :  Sensasi Ngopi di Atas Awan

Pada zaman dahulu ada dua momen yakni Bakda Lebaran dan Bakda Kupat yang diadakan satu minggu setelah lebaran.

Disamping itu nama ketupat sendiri menjadi satu singkatan yakni ngaku lepat yang berarti mengaku kesalahan dan laku papat ataupun berarti empat tindakan. Untuk itu penggunaan menu hidangan ketupat ini menjadi satu momen terbaik untuk menjadi pribadi baru dan sering disajikan di bulan Ramadhan.

5. Nasi Liwet
Cukup banyak perhitungan dari menu masakan nasi liwet yang mana kerap disajikan sebagai masakan khas Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Perlu anda ketahui dari satu tradisi Sunda, dimana nasi liwet ini dibuat untuk menghemat semua bahan dalam satu hidangan nasi.

Masyarakat tradisional pada masa lalu menyantap nasi yang dicampur langsung bersama lauknya. Karena itu kata Ngeliwet ini kerap dimaknai sebagai hidangan sederhana dan tidak memakai banyak bahan.

Nasi liwet sampai saat ini menjadi salah satu hidangan menarik dan kerap disajikan sebagai satu hidangan bancakan. Arti bancakan sendiri adalah memakan nasi liwet bersama-sama dengan konsep lesehan. Kemudian dari nasi dan lauknya sendiri disajikan bersama dengan daun pisang sebagai alas.

Baca juga :  Makanan Indonesia ini Dianggap Ekstrim di Luar Negeri

Unsur kebersamaan dari hidangan nasi liwet dengan konsep bancakan tersebut terlihat kental dan pastinya bagi masyarakat tradisional kerap melakukan tradisi makan bancakan.

6. Kerak Telor
Pastinya anda sudah mengenal menu hidangan kerak telor yang mana sampai saat ini menjadi hidangan khas Betawi berbahan dasar telur, kelapa muda parut, dan ketan putih.

Rata-rata kerak telor dimasak memakai tungku terbuat dari tanah liat dan panasnya dihasilkan dari bahan kayu arang. Ditambah lagi makanan satu ini hadir di beberapa acara khusus seperti di perayaan ulang tahun Kota Jakarta ataupun di acara khusus seperti di satu momen perayaan adat Betawi.

Dalam hal ini filosofi dari kerak telor sendiri adalah sisi kehidupan manusia yang sering mengalami perubahan lingkungan secara alamiah. Sehingga kerak telor juga diartikan sebagai satu lambang dimana ada pergaulan lebih harmonis.

Proses memasak kerak telor memang terlihat unik karena memakai metode dibalik dan tidak semua orang bisa.

Pada zaman dahulu, dari satu bidang bisnis kuliner kerak telor ini akan diturunkan hingga ke anak cucu. Sehingga bisa dikatakan kerak telor ini dianggap sebagai hidangan budaya khas Jakarta ataupun Betawi hingga sekarang.

7. Sate Lilit
Pada umumnya menu sate terbuat dari daging ayam, kambing, dan sapi. Tetapi jenis makanan sate lilit dibuat dari ikan tuna ataupun daging dicacah, dihancurkan, hingga diberi bumbu. Kemudian disebut sate lilit karena memang dibuat dari ikan tuna kemudian dililitkan langsung di batang sereh dan kemudian dibakar.

Sate lilit ini menjadi menu masakan khas Bali yang dihadirkan pada satu upacara adat di Pulau Dewata tersebut. Ternyata arti dari kata lilit tersebut berasal dari kilit ataupun arti katanya adalah ikat.

Lambang pemersatu kemudian ada harapan kepada masyarakat Bali untuk harus bersatu dan nantinya tidak dapat dipecah belah. Sehingga arti dari sate lilit ini adalah memberi satu konsep memadukan perbedaan dan tidak bisa dipisahkan.

Pada faktanya setiap menu makanan khas di banyak daerah membuat instrumen tepat untuk mengerti bagaimana cara membuat, jenis bahan yang dipakai, dan masih banyak lainnya. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...