Home Gaya hidup 7 Tips Masak Pintar untuk Menghemat Gas saat Harga Elpiji Merangkak Naik

7 Tips Masak Pintar untuk Menghemat Gas saat Harga Elpiji Merangkak Naik

TELENEWS.ID – Belum selesai naiknya harga minyak goreng di pasaran, muncul kabar yang menyebutkan bahwa harga gas elpiji juga perlahan merangkak naik. Kabarnya kenaikan harga gas elpiji ini di picu oleh kenaikan harga CPA yang naik di pasaran internasional.

“Tercatat, harga Contract Price Aramco (CPA) mencapai 775 dollar AS/metrik ton, naik sekitar 21 persen dari harga rata-rata CPA sepanjang tahun 2021,” ujar Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting menjelaskan.

Di pasaran sendiri harga gas elpiji yang mengalami kenaikan adalah yang memiliki ukuran 5,5 kilogram dan 12 kilogram.Sementara itu untuk gas subsidi ukuran 3 kilogram, Pertamina menjamin tak akan ada kenaikan harga.

“Untuk elpiji subsidi 3 kilogram yang porsinya lebih dari 93 persen dari total konsumsi elpiji nasional per Januari 2022, tidak mengalami perubahan harga. Harga elpiji subsidi 3 kilogram tetap mengacu kepada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat,” tutur Irto.

Kabar harga gas elpiji yang merangkak naik ini tentu mulai membuat cemas banyak orang, terutama ibu rumah tangga. Bayangkan saja mereka harus pintar-pintar mengatur pengeluaran dan uang belanja untuk kebutuhan dapur yang perlahan-lahan mulai naik. Apalagi sebentar lagi adalah bulan puasa, dimana seperti umumnya akan terjadi kenaikan bahan-bahan kebutuhan pokok yang lainnya.

Meski begitu rupanya ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk lebih menghemat penggunaan gas di rumah loh. Apa saja itu?

  1. Pastikan semua alat masak yang akan digunakan banar-benar kering
    Sebelum memasak baik menggunakan wajan atau panci, pastikan keduanya dalam keadaan kering terlebih dahulu. Ini penting, sebab kita tidak harus menunggu wajan dan panci kering dengan memanaskan di atas kompor terlebih dahulu. Dengan begini, kamu bisa menghemat gas dan tidak membuangnya sia-sia hanya untuk mengeringkan sisa air di wajan atau panci.
  2. Pastikan semua bahan masakan sudah siap untuk digunakan
    Potong semua sayuran dan kumpulkan semua bumbu serta bahan masakan lain sebelum menyalakan kompor. Jangan pernah meletakkan peralatan masak di atas kompor, baru mulai menyiapkan bahan masakan. Ini karena kamu berpikir bahwa pada saat kamu memotong bahan makanan, peralatan masak akan sudah panas dan siap digunakan. Namun sebenarnya alat menjadi terlalu panas dan banyak gas memasak yang hilang dalam prosesnya. Jadi siapkan semuanya sebelum kamu mulai memasak.
  3. Gunakan peralatan masak yang sesuai
    Jika kamu memasak dalam porsi yang kecil, pastikan menggunakan peralatan masak yang kecil juga. Jangan menggunakan peralatan masak yang terlalu besar, karena tentu butuh waktu lebih lama untuk memanaskannya dan membuat masakan yang ada di dalamnya menjadi matang.
  4. Rendam bahan makanan yang keras di air untuk beberapa saat
    Bagi kamu yang suka memasak nasi, kentang atau bahan makanan lain yang keras di atas kompor; ada baiknya merendamnya dulu dengan air selama beberapa menit. Proses perendaman ini dimaksudkan untuk membuat bahan masakan menjadi lebih lunak, sehingga tidak butuh waktu lama memanaskannya di atas kompor.
  5. Jangan lupa tutup peralatan masakmu
    Tutup peralatan masak atau panci saat kamu sedang memasak. Saat kita menutup masakan, energi yang digunakan lebih efisien sehingga memasak menjadi lebih cepat. Hal ini selain menghemat waktu, tentu saja bisa menghemat bahan bakar.
  6. Jangan overcook
    Usahakan jangan sampai masakan yang kamu masak overcook atau terlalu matang. Misalnya ketika kamu merebus kentang atau menumis sayuran, jangan tunggu sampai bahan masakan menjadi lembek. Selain nutrisi di dalamnya bisa rusak, overcook juga akan membuang gas sia-sia.
  7. Gunakan air secukupnya
    Gunakan takaran air yang tepat untuk memasak hidangan. Jangan menuangkan terlalu banyak air ke dalam panci, dengan berpikir bahwa air akan menguap dan kamu mendapatkan konsistensi hidangan yang dibutuhkan. Menguapkan air dalam masakan membutuhkan waktu yang lama, dan tentu saja kebutuhan gas yang besar pula.
Baca juga :  Kucing Sering Kabur dari Rumah? Ini Penyebabnya
Baca juga :  Makanan dan Minuman Pereda Rasa Cemas

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghemat penggunaan gas saat memasak. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...