Home Internasional AS hentikan sementara layanan Visa seluruh Dunia

AS hentikan sementara layanan Visa seluruh Dunia

TELENEWS. ID,  JAKARTA-Kedutaan Besar Amerika Serikat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, menghentikan layanan visa untuk sementara. Langkah itu diambil di tengah merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 di ratusan negara.

“Atas arahan Departemen Luar Negeri sehubungan dengan pandemi global Covid-19, semua Kedutaan Besar AS menangguhkan layanan visa rutin hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata juru bicara Kedubes AS di Jakarta,seperti dikutip dari VOA beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, keterangan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, meski dibatalkan, biaya MRV (Machine Readable Visa) yang sudah dibayarkan saat mendaftar visa AS akan tetap berlaku dan dapat digunakan. “Biaya MRV tetap sah dan dapat digunakan untuk pembuatan visa di negara di mana pendaftaran dilakukan dalam kurun waktu satu tahun sejak tanggal pembayaran,” demikian penjelasan dari Departemen Luar Negeri AS.

Di sisi lain, program pengabaian visa (visa waiver program) tidak terpengaruh dengan kebijakan ini, sementara layanan visa yang bersifat darurat akan terus dilayani secara terbatas. “Jika sumber daya memungkinkan, kedutaan dan konsulat akan terus menyediakan layanan visa darurat dan mendesak.”

Layanan bagi warga negara AS yang berada di Indonesia pun masih tetap dibuka. “Misi AS ke Indonesia tetap terbuka untuk membantu warga negara Amerika,” urai juru bicara Kedubes AS dalam pernyataannya.

Bahkan hngga Kamis (19/3), pemerintah AS menangguhkan perjalanan ke negeri Paman Sam bagi para pendatang yang berasal dari 28 negara di Eropa, termasuk Inggris dan Irlandia yang sempat dikecualikan. (VOA)

Baca juga :  Kepala Eksekutif Hongkong Tuding AS gunakan Standar Ganda Dalam Aksi Protes
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...

Kompetisi Sepak Bola Dalam Negeri Malah Meredam Prestasi di Kancah Internasional

TELENEWS.ID – Sepak Bola merupakan salah satu olahraga peringkat pertama yang menjadi favorit bagi masyarakat dunia termasuk Indonesia. Pesta sepak bola di...