Home Gaya hidup 9 Manfaat Manis Dari Secangkir Kopi Pahit

9 Manfaat Manis Dari Secangkir Kopi Pahit

TELENEWS.ID – Siapa tak kenal minuman yang satu ini. Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Negara ini memiliki banyak varietas kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia, sehingga seakan-akan kopi tidak bisa terpisah dari budaya masyarakat Indonesia. Bahkan bagi sebagian besar orang Indonesia, rasanya belum lengkap jika melewati hari tanpa secangkir kopi.

Pesona kopi yang begitu seksi juga kerap kali dijadikan landasan untuk kata-kata Filosofis ataupun motivasi.

Minuman yang berasal dari biji tumbuhan ini dapat disajikan dengan air panas maupun dingin, bisa juga diracik dengan berbagai bahan lain seperti susu, krimer, dan gula.

Dari sekian banyak jenis kopi, yang cukup memiliki banyak penggemar adalah kopi hitam. Menurut sebagian besar orang, menikmati kopi hitam berarti menikmati cita rasa sejati dari kopi. Ternyata, selain menimbulkan candu bagi penikmatnya, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut ini 9 manfaat kopi hitam yang sangat bagus untuk kesehatan:

  1. Menguras Racun di Perut

Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan racun dari dalam perut, karena Kopi memiliki sifat diuretic yang memicu rasa ingin buang air kecil. Dengan begitu racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin tersebut.

Kopi hitam juga mampu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang akan menimbulkan masalah kesehatan pada perut.

  1. Menguatkan Daya Ingat

Kebiasaan meminum kopi hitam di pagi hari ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya ingat, yaitu dengan menjaga otak tetap aktif. saraf otak yang aktif karena meminum kopi hitam juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol yang menyebabkan arteri tersumbat.

Karena jika arteri tersumbat maka berakibat memicu serangan jantung.

  1. Mengurangi Depresi dan Stres

Stres merupakan masalah yang sangat besar bagi tubuh. Akibat stres kesehatan bisa terganggu.

Baca juga :  Cemburu Sama Mantannya Pasangan Seperti Henny Rahman? Mungkin Kamu Terkena Retroactive Jealousy

Dengan meminum secangkir kopi hitam ketika merasa tegang atau gundah dapat meningkatkan suasana hati dan mood yang lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa Kopi hitam mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga.

Kopi hitam yang disajikan tanpa gula dan pemanis lainnya bisa membantu membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Meminimalisir Risiko Diabetes

Kebiasaan Meminum kopi hitam tanpa gula dapat meminimalisir risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Fakta tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi dari Harvard, bahwa peminum kopi memiliki peluang 11 persen lebih rendah mengalami diabetes tipe 2 dan Itu berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam tanpa gula lebih dari 1 cangkir dalam seharinya.

  1. Meningkatkan Kinerja Tubuh

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat merangsang sistem saraf yang akan memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh, dan juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah yang dapat meningkatkan kinerja fisik dan membangkitkan semangat.

Baca juga :  Cemburu Sama Mantannya Pasangan Seperti Henny Rahman? Mungkin Kamu Terkena Retroactive Jealousy

Kopi hitam yang secara drastis meningkatkan kinerja fisik akan membantu mengeluarkan 100 persen potensi tenaga saat melakukan olahraga.

Hal inilah yang menyebabkan para pelatih-pelatih olahraga merekomendasikan kopi sebelum memulai olahraga.

  1. Mencegah Penyakit kelainan Hati

Kopi hitam dapat membantu menurunkan risiko tekena cirrosis sebanyak 80 persen. Adapun Cirrosis merupakan istilah lain untuk menyebut kerusakan hati kronis.

  1. Meningkatkan Daya Fokus

Kandungan kafein dalam kopi hitam mampu menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh yang dapat mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak.

Dengan demikian, fokus pada otak akan semakin meningkat yang juga berpengaruh meningkatkan tingkat kewaspadaan.

Demikian manfaat manis yang bisa didapat dari secangkir kopi hitam pahit, namun perlu diketahui, jika mengonsumsi secangkir kopi dengan terlalu banyak campuran bahan lainnya seperti krimer atau gula, justru dapat menghilangkan manfaat yang bisa didapatkan. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...