Home Olah Raga Ada Peran Pelatih Sassuolo Dibalik Permainan Apik Italia

Ada Peran Pelatih Sassuolo Dibalik Permainan Apik Italia

TELENEWS.ID – Sentuhan Roberto Mancini tak bisa dipungkiri membawa Italia berjaya di EURO 2020 ini dalam sisi taktik. Penampilan Gli Azzurri di sepanjang gelaran pun sangat menghibur dan apik.

Italia yang sudah mendarah daging dengan kultur sepak bola bertahannya kini seolah berubah menjadi sebuah tim yang berani keluar menyerang dan menghibur. Pola permainan ini tidak bisa lepas dari peran sejumlah pelatih yang memiliki sistem permainan baru dan sempat memunculkan perdebatan di sepak bola Italia.

Antonio Conte di Inter Milan, Gian Piero Gasperini di Atalanta dan Roberto De Zerbi di Sassuolo adalah contoh pelatih yang keluar dari pola permainan kuno Italia.

Rumor yang berseliweran, De Zerbi akan segera menandatangani kontrak dengan raksasa Ukraina, Shahktar Donetsk. De Zerbi memperlihatkan sistem permainan yang harus diberikan nilai tambah dibalik permainan luar biasa Italia di EURO 2020.

Francesco Magnanelii dan kawan-kawan menampilkan permainan yang sangat unik hingga pelatih sekaliber Pep Guardiola pun tak segan untuk memuji mereka.

Roberto De Zerbi adalah pelatih muda yang baru berusia 41 tahun. Meskipun berusia muda namun dirinya mencampur beberapa unsur kedalam pola permainan tim asuhannya.

De Zerbi pun memiliki julukan yang cukup unik yaitu “master of beating press” atau pelatih yang mempraktekkan cara melepaskan diri dari permainan lawan yang menekan. Dua skema klasik Italia dipadukan oleh De Zerbi yaitu permainan menyerang yang sangat taktis khas Arrigo Sacchi dan pertahanan grendel ala Nereo Rocco.

Transformasi 2 taktik permainan klasik Italia yang diadopsi oleh De Zerbi seolah membawa nuansa baru pada sepak bola Italia.

De Zerbi bukan hanya membuka mata dunia dengan gaya permainannya yang membawa Sassuolo menjadi tim yang unik, namun tim nasional Italia pun kini mengubah gaya permainannya lebih menyerang.

Baca juga :  Cederanya Zlatan Ibrahimovic Bisa Jadi 'Berkah Terselubung' Untuk AC Milan?

Budaya sepak bola Italia seolah menjadi berwarna dengan kehadiran De Zerbi meskipun sempat terjadi pertentangan disana. Namun tanpa pelatih seperti De Zerbi dan tim seperti Sassuolo, pola permainan Italia di bawah Mancini di EURO 2020 tidak akan terlihat.

Gelandang Italia yang bermain di Inter Milan, Nicolo Barella, mengungkapkan bahwa gaya ini telah dipraktekkan oleh satu generasi karena telah bermain bersama selama bertahun-tahun. Dirinya bersama Manuel Locatelli telah bermain bersama sejak U-15 hingga ke tim senior.

Jika Italia keluar sebagai juara Piala Eropa, maka apresiasi khusus harus disematkan kepada De Zerbi. Caranya menciptakan budaya baru di sepak bola Italia patut diacungi jempol. (Neidi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...