Home Gaya hidup Cooking Ada Telur Didalam Telur? Ini Penjelasan Pakar IPB

Ada Telur Didalam Telur? Ini Penjelasan Pakar IPB

TELENEWS.ID – Sebuah video yang viral di TikTok kembali mengejutkan para warganet. Di dalam video tersebut memang awalnya tidak ada yang mengejutkan ketika seseorang terlihat sedang memecahkan sebutir telur. Namun yang mengejutkan adalah di dalam telur tersebut ternyata terdapat telur yang masih utuh.

Niken Ulupi selaku Guru Besar IPB University, Fakultas Peternakan pun menanggapi hal tersebut dengan melakukan ulasan secara ilmiah perihal telur di dalam telur yang sempat menghebohkan di aplikasi TikTok tersebut.

Di dalam video tersebut memperlihatkan bahwa telur yang ada di dalam telur tersebut ukurannya lebih besar dua kali lipat dibandingkan telur lainnya. Lalu saat telur tersebut dibuka, telur tersebut mengeluarkan kuning telur dan satu butir telur lagi yang masih utuh!

Niken menuturkan bahwa fenomena mengejutkan ini bisa saja terjadi. Di dalam bahasa keilmuan, kejadian ini disebut dengan Double Yolk.

Niken juga menuturkan bahwa hal ini adalah proses pembentukan telur yang tidak normal mengingat ada dua sel telur yang melewati proses ovulasi bersamaan.

Niken melanjutkan bahwa hanya akan ada satu ovum yang terovulasi jika melewati proses yang normal. Kemudian proses akan terjadi di dalam saluran reproduksi unggas (oviduct) yang terdapat beberapa bagian. 

“Kemudian tambahan putih telur kental atau disebut dengan albumen akan terjadi di ovum yang terovulasi tersebut. Lalu cairan seperti garam-garam mineral dan selaput telur pun akan menambah ovum tersebut,” ujar Niken.

Niken melanjutkan bahwa cangkang akan tercipta di dalam uterus. Oleh karena itu sebutir telur utuh akan terbentuk dan akan keluar dari tubuh induk unggas.

Lanjutnya, semua tahapan sebutir telur yang terbentuk tersebut, mulai dari ovum yang terovulasi hingga telur utuh lalu dikeluarkan dari tubuh induk unggas akan memakan waktu 24 sampai 25 jam.

Baca juga :  Kuliner Indonesia Dipromosikan dalam Program Televisi Prancis, Cuisine du Monde

Kemudian induk akan mengeluarkan telur tersebut. Lalu ovulasi ovum selanjutnya akan terjadi kurang lebih 15 hingga 40 menit kemudian. 

Kejadian Double Yolk ini terjadi karena faktor manajemen dan faktor genetik yang menyebabkan induk unggas stress dan panik sehingga saluran reproduksinya tidak berjalan sesuai rencana.

Menurutnya, ada macam-macam kasus Double Yolk ini. Ada situasi dimana dua ovum yang terovulasi bersamaan dan terjadilah satu butir telur yang memiliki dua kuning telur dengan posisi berdempetan. Selain itu, ada situasi dimana dua ovum yang terovulasi bersamaan namun kuning telur tidak berdempetan posisinya, namun ada batas putih telur.

Baca juga :  Viral Monyet Masuk Kampus, Ini Respon IPB

Telur Double Yolk ini aman untuk dikonsumsi jika dihasilkan dari induk unggas yang sehat serta disimpan di tempat yang steril. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar telur tidak terimbas oleh mikroba patogen.

Niken pun menambahkan bahwa ayam atau jenis unggas lainnya memiliki peluang untuk menelurkan telur Double Yolk ini. Namun beberapa faktor manajemen pemeliharaannya dan juga faktor genetik yang harus diperhatikan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...