Home Gaya hidup Adik Jokowi Dinikahi Ketua MK di Usia 56 Tahun, Pertimbangkan 4 Hal...

Adik Jokowi Dinikahi Ketua MK di Usia 56 Tahun, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Menikah di Usia 50an

TELENEWS.ID – Presiden Jokowi menikahkan adik perempuannya, Idayati dengan ketua MK Anwar Usman. Momen membahagiakan ini bahkan sempat disiarkan secara LIVE di sejumlah stasiun TV di tanah air.

Idayati sendiri adalah adik ketiga dari presiden Jokowi yang sebelumnya pernah menikah dan memiliki dua orang anak. Idayati sendiri lahir di Solo pada tanggal 26 Mei 1966, dan merupakan putri dari Widjianto Notomihardjo dengan Sudjiatmi. Sehari-hari, Idayati dikenal sebagai sosok ibu rumah tangga yang bersahaja. Dan tepat pada ulang tahunnya yang ke-56 tahun, Idayati resmi menerima pinangan Anwar Usman yang tak lain adalah ketua MK.

Presiden sendiri bertindak sebagai wali nikah untuk Idayati, dengan mahar yang diberikan oleh Anwar Usman berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan. Baik presiden Jokowi serta pasangan Idayati dan Anwar Usman sendiri tampak berbahagia di acara yang di gelar Gedung Graha Saba Buana, Kota Solo, Jawa Tengah itu.

Menikah di usia yang cukup matang seperti Idayati, tidak jauh berbeda dengan pernikahan lain pada umumnya. Namun tidak seperti usia 20 atau 30-an yang memutuskan untuk menikah, pasangan yang lebih tua sudah memiliki aset, rumah, pekerjaan, dan anak. Mereka memiliki perabotan dan harta benda lain dan kehidupan sendiri dan butuh kesabaran untuk berkompromi dan berubah dalam rumah tangga mereka yang baru.

Selain itu keberadaan anak-anak yang sudah sangat dewasa saat memutuskan menikah di usia 50an juga terkadang menjadi hal yang membuat mereka di usia ini, berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk membina rumah tangga lagi untuk kesekian kalinya.

Lalu apa saja yang sebaiknya jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk menikah di usia 50 tahunan?

  1. Pikirkan masak-masak, jangan terburu-buru
    Kesepian karena semua anak sudah berumah tangga dan tak lagi memiliki pasangan, memang jadi satu hal yang membuat orang ingin menikah lagi di usia 50 tahunan. Namun ada baiknya tidak terburu-buru untuk mengambil keputusan ini. Menekan pasangan untuk terburu-buru menikah mungkin membuat mereka kehilangan penghargaan kepada anda. Selain itu, mereka mungkin menjadi kurang tertarik pada anda, karena mereka akan melihat kebutuhan untuk menikah cepat sebagai tanda keputusasaan dan kesepian belaka.
  2. Bicarakan semuanya secara terbuka dengan calon pasangan
    Anak, finansial, pensiun, seksualitas dan apapun itu sebaiknya dibicarakan secara terbuka dengan calon pasangan sebelum menikah. Salah satunya jujurlah tentang situasi keuangan anda, kredit, utang dan tabungan. Diskusikan masalah sensitif seperti siapa yang membayar pengeluaran rumah tangga, berapa banyak uang yang diperoleh anak-anak, dan siapa yang akan mewarisi aset anda kelak. Hadapi dan selesaikan masalah ini sebelum muncul, untuk membantu menghindari konflik di masa depan.
  3. Tak ada salahnya membuat perjanjian pra-nikah
    Seperti yang disebutkan diatas, tak jarang pasangan yang menikah di usia 50an sudah memiliki aset sendiri yang terhitung cukup besar nilainya. Karena itulah tak ada salahnya untuk membuat perjanjian pranikah. Ingatlah bahwa meminta perjanjian pranikah bukanlah perilaku yang buruk; karena itu adalah strategi keuangan yang bijaksana untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan aset anda.
  4. Mintalah bantuan profesional
    Sebelum menikah, duduklah dengan pengacara hukum keluarga, pengacara perencanaan warisan dan penasihat keuangan; untuk mendiskusikan bagaimana anda harus merencanakan dan mengelola situasi keuangan setelah anda menikah. Hal ini bertujuan untuk melindungi semua pihak, dan untuk memastikan bahwa semua keputusan anda akan dilaksanakan di masa depan. Jika perlu, perbarui rencana warisan anda, dan sertakan surat kuasa kesehatan dan surat wasiat pada pengacara. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  6 Fakta Mengejutkan Mengenai GERD atau Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...