Home Ekonomi Finansial Agar Bisa Menabung, Cobain Yuk 5 Tips Menghemat Uang Bensin Ini!

Agar Bisa Menabung, Cobain Yuk 5 Tips Menghemat Uang Bensin Ini!

TELENEWS.ID – Di saat semuanya serba mahal seperti sekarang ini, penghematan di segala bidang gencar dilakukan oleh banyak orang. Salah satunya berusaha melakukan penghematan pada uang bensin yang digunakan untuk kendaraan yang kita pakai sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, Presiden RI Joko Widodo membandingkan harga BBM di Indonesia dengan negara-negara tetangga lainnya. Menurutnya negara-negara lain sudah mengalami kenaikan harga BBM yang tinggi. Contohnya Singapura yang saat ini harga BBM-nya mencapai Rp 32.000 per liter, Jerman yang menyentuh harga Rp 31.000, da Thailand Rp 27.000 per liter.

“Kita ini masih Rp 7.650. Sekali lagi Rp 7.650. Pertamax Rp 12.500. Yang lain sudah jauh sekali kenapa kita masih seperti ini? Karena kita tahan terus tapi subsidi membesar. Sampai kapan kita menahan?” ungkap Jokowi.

Tentu saja hal ini membuat banyak pihak ketar-ketir karena bisa saja akan ada kenaikan harga BBM di kemudian hari. Namun kamu masih bisa kok untuk menghemat uang bensin sehingga bisa menyisihkan uang untuk menabung dan menekan pengeluaran. Bagaimana sih caranya?

  1. Perhatikan kecepatan kendaraan
    Mengemudi 5 atau 10 mil di atas batas kecepatan mungkin membawa kamu ke tujuan sedikit lebih cepat. Tetapi kamu harus tahu bahwa semakin cepat kendaraan yang kamu pacu, maka semakin banyak bensin yang akan kamu habiskan. Ini karena mesin bekerja lebih keras dan kendaraan mengalami hambatan udara.
  2. Jangan sering-sering memosisikan kendaraan dalam keadaan idle
    Beberapa orang malas mematikan kendaraan mereka, dengan alasan mereka hanya berhenti sebentar saja. Namun terlalu sering memosisikan kendaraan dalam keadaan idling, bisa menghabiskan BBM loh guys. “Mesin mobil menghabiskan seperempat hingga satu setengah galon bahan bakar per jam saat idle, tetapi mesin yang hangat hanya membutuhkan bahan bakar sekitar 10 detik untuk dihidupkan kembali,” kata Ellen Edmonds, manajer hubungan masyarakat di AAA. “Sebaiknya, matikan mesin jika kamu akan berhenti lebih dari satu menit” lanjutnya lagi.
  3. Hindari kemacetan
    Ada baiknya kamu berangkat kerja lebih awal, untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalan raya. Ini karena semakin lama kamu terjebak kemacetan, maka konsumsi bahan bakar pada kendaraan kamu juga akan semakin besar pula. Edmonds menyarankan untuk memanfaatkan jam kerja yang fleksibel untuk menghindari perjalanan selama jam sibuk. Namun jika kamu tidak dapat mengontrol waktu perjalanan, cari cara lain untuk menghindari kemacetan lalu lintas. “Gunakan jalan tikus, jalur tol atau ‘express’,” sarannya. “Menghindari pemberhentian atau perlambatan yang tidak perlu di jalan raya membantu menghemat bahan bakar” ujarnya lagi.
  4. Lebih sering menggunakan transportasi umum
    Meskipun untuk banyak orang dirasa kurang nyaman, menggunakan kendaraan pribadi memang lebih disarankan jika kamu ingin menghemat uang bensinmu. Kamu bisa menghemat sekian ribu Rupiah dengan memanfaatkan kereta komuter atau bus untuk menuju tempat kerjamu.
  5. Sering jalan kaki terutama ke tempat yang dekat
    Jika kamu menuju tempat yang tidak terlalu jauh misalnya hanya untuk belanja ke mini-market, ada baiknya kamu berjalan kaki saja. Dengan begini, kamu tak menghabiskan sia-sia uang bensinmu untuk menggunakan kendaraan ke tempat yang dekat. Selain itu kamu juga bisa sekalian berolahraga, dengan lebih banyak berjalan kaki guys. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Sering Online Sampai Lupa Waktu? Awas Risiko Stroke Mengintai di Usia Muda!
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...