Home Gaya hidup Agar Lebih Produktif, Lakukan 6 Hal Ini Setiap Pagi

Agar Lebih Produktif, Lakukan 6 Hal Ini Setiap Pagi

Telenews.id- Waktu pagi menjadi saat yang tepat untuk memulai hari baru dengan semangat baru. Namun bangun pagi menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Padahal banyak manfaat yang bisa diambil dari kebiasaan bangun pagi setiap hari.

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “early to bed and early to rise can make a man healthy, wealthy and wise” yang artinya tidur lebih dan bangun lebih cepat membuat seseorang sehat, kaya dan bijaksana ?. Ini karena banyak orang besar dan sukses yang memiliki kebiasaan untuk bangun lebih awal setiap paginya.

Orang yang bangun pagi sering dianggap sebagai pemecah masalah yang energik. Selain itu mereka juga dianggap sebagai seorang pengelola bisnis, organisasi, atau bahkan pemimpin negara yang hebat. Pernah bertanya-tanya bagaimana orang yang biasa bangun pagi bisa melakukan begitu banyak aktivitas hanya dalam waktu 24 jam? Ini karena mereka selalu bangun pagi sehingga bisa melakukan segala aktivitas mereka sepagi mungkin.

Karena itulah kalau kamu ingin produktif, bangunlah lebih awal dan lakukan beberapa kegiatan ini sebelum pukul 10 pagi. Apa sajakah itu?

  1. Meditasi, berdoa dan bersyukur
    Meditasi dan berdoa dipercaya menjadi aktivitas yang membantu untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. Alih-alih langsung membuka media sosial di pagi hari, luangkan waktumu untuk meditasi atau berdoa dan bersembahyang. Mulailah hari dengan perasaan yang lebih tenang dan juga tenteram. Jangan lupa pula untuk bersyukur karena dengan bersyukur, kamu bisa lebih menghargai hidupmu dan lebih optimis untuk menjalani hari-harimu.
  2. Minum air putih
    Jangan lupa pula untuk mengawali harimu dengan tubuh yang segar dan juga terhidrasi. Banyak orang yang mengkonsumsi kopi di pagi hari, namun sebaiknya ketika bangun tidur awali dulu dengan minum segelas air putih untuk menjaga tubuhmu segar dan fit. Pada bukunya yang berjudul “The Body Ecology Diet”, Donna Gates menyarankan untuk mencukupi separuh kebutuhan tubuh akan air pada pertengahan pagi hari untuk membuang sisa-sisa racun, dan mengurangi kemungkinan sakit kepala di siang hari.
  3. Lakukan peregangan
    Saat bangun tidur terkadang tubuh kita akan merasa kaku dan juga tegang. Karena itulah ada baiknya kamu melakukan peregangan dengan olahraga ringan di pagi hari setelah bangun tidur. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa peregangan yang dilakukan secara konsisten di pagi hari dapat meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres sepanjang hari dan memperbaiki postur tubuh.
  4. Dengarkan musik yang bersemangat
    Musik menjadi salah satu hal yang akan membuat suasana pagi menjadi lebih menyenangkan. Memulai hari dengan musik yang ceria dan menyenangkan akan membantu mengisi tubuh dengan energi positif untuk menjalani hari. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa musik membuat seseorang merasa lebih baik. Menurut peserta penelitian, dua manfaat terpenting dari mendengarkan musik adalah memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kesadaran diri.
  5. Bersih-bersih
    Bangun lebih pagi akan membuatmu punya kesempatan untuk membersihkan dan membereskan tempat tinggalmu. Ketika kamu sudah membereskan rumahmu di pagi hari, kamu akan pulang disambut dengan suasana rumah yang rapi dan bersih. Hal ini tentu akan membantu untuk memperbaiki suasana hatimu setelah pulang dari aktivitas di luar rumah.
  6. Tersenyum
    Mulailah hari dengan tersenyum pada diri sendiri di cermin. Tersenyum memiliki efek positif pada sikap dan suasana hati secara keseluruhan. Tersenyum membuat kamu terlihat lebih mudah didekati, bersahabat dan tampak lebih dapat dipercaya. Selain itu menurut penelitian dari University of Montpellier menemukan bahwa tersenyum juga akan membuat kamu menjadi sosok pemimpin yang lebih efektif.
Baca juga :  6 Cara Ampuh Cegah Dehidrasi Selama Perjalanan Mudik
Baca juga :  Peringatan Hari Anak Sedunia, Waspadai Gangguan Mental pada Anak Selama Pandemi

Nah itulah beberapa aktivitas pagi yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif sepanjang hari. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...