Home Gaya hidup Agar Tak Malu-maluin, Simak 7 Etika Makan di Restoran All You Can...

Agar Tak Malu-maluin, Simak 7 Etika Makan di Restoran All You Can Eat Ini Guys!

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Belakangan ini tempat makan atau restoran dengan konsep all you can eat sedang booming di tanah air. Restoran all you can eat atau yang biasa disingkat sebagai AYCE, menjadi pilihan banyak orang lantaran kita bebas untuk mengambil beraneka jenis makanan yang kita sukai.

Restoran all-you-can-eat adalah jenis restoran di mana harga tetap dibebankan untuk masuk, setelah itu pengunjung dapat mengkonsumsi makanan sebanyak yang mereka inginkan. Tempat makan ayce seringkali berupa prasmanan, dimana konsumen bisa mengambil aneka hidangan yang mereka sukai.

Biasanya ayce membebankan satu harga saja pada semua jenis hidangan yang bisa diambil. Namun meski begitu, mereka juga memberikan waktu bagi mereka yang makan di restoran dengan konsep ini. Kamu biasanya akan membayar sejumlah denda jika tidak menghabiskan makanan, atau makanan masih sisa padahal waktu yang ditentukan telah habis.

Kebebasan untuk mengambil aneka jenis makanan terkadang membuat orang mengabaikan etika ketika sedang makan di restoran all you can eat ini. Bahkan tak sedikit yang terlihat rakus saat sedang menikmati makanan di ayce. Jadi biar tidak malu-maluin, yuk kita simak dulu beberapa etika makan di restoran all you can eat ini!

1. Jangan lupa antre guys

Menyerobot antrean di restoran all you can eat adalah “big NO”. Selapar apapun kamu atau tak peduili seberapa menggiurkannya hidangan, bukan berarti kamu bisa menyerobot antrean konsumen lain yang sedang mengambil makanan. Kamu harus sabar mengantre lantaran biasanya restoran dengan konsep ayce ini selalu ramai dan dipenuhi pengunjung.

2. Jangan ambil makanan hingga menggunung

Meskipun dengan konsep all you can eat atau kamu bisa makan segalanya, namun bukan berarti kamu bisa mengisi piringmu hingga penuh dan bahkan menggunung tinggi. Sebisa mungkin jangan biarkan matamu menjadi lebih besar dari perutmu. Ambil porsi kecil atau sedang, dan hanya apa yang kamu bisa habiskan. Biasanya ada banyak pilihan makanan, tetapi lebih baik menjaga kesopanan dan tidak menumpuk hidangan di piring dengan makanan yang menggunung tinggi.

3. Jangan tumpuk makananmu dalam satu piring

Ada baiknya untuk tidak menumpuk semua makananmu dalam satu piring. Kamu bisa memisahkan piring untuk sayuran, daging dan karbohidrat. Kecuali jika restoran ayce menyediakan nampan dengan beberapa partisi, ada baiknya kamu menggunakan beberapa piring untuk mengambil jenis hidangan yang berbeda.

4. Pastikan untuk mengambil porsi yang bisa kamu habiskan

Memang ada godaan untuk mengambil makanan sebanyak mungkin saat sedang makan di restoran ayce. Namun ada baiknya kamu hanya mengambil porsi yang bisa kamu habiskan saja. Jangan kalap dan membiarkan makananmu mubazir sia-sia. Ingat ada timing di restoran ayce dan kamu bisa kena denda jika tidak menghabiskan makanan yang kamu ambil.

5. Gunakan sendok saji please!

Jangan pernah sekali-kali mengambil makanan dengan sendok yang sudah kamu gunakan sebelumnya, apalagi mengambil langsung dengan tanganmu! Selain menjijikkan di masa pandemi seperti sekarang ini kamu bisa menularkan penyakit. Jika sendok sajinya kotor atau tercelup kuah, kamu bisa minta pelayan untuk mengambilkan yang baru.

6. Jangan kembalikan makanan yang sudah kamu ambil

Jika kamu sudah mengambil makanan, maka itulah yang kamu makan. Jangan mengembalikan makanan yang telah kamu ambil sebelumnya, karena tentu saja selain tidak beretika juga akan membuat orang lain merasa risih. Karena itulah penting untuk memastikan kamu menyukai dan memakan semua hidangan yang kamu ambil saat makan di restoran all you can eat.

7. Jangan lupa ucapkan “tolong” dan “terima kasih”

Jika kamu mengalami kesulitan saat makan di ayce, tak ada salahnya loh untuk minta tolong atau bantuan pada pelayan. Selain itu, jangan lupa ucapkan terima kasih pada pelayan yang telah membantumu atau setelah selesai makan guys. (Yuyun Amalia)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...