Home Gaya hidup Agar Tak Mempengaruhi Kesehatan Mental, Lakukan 4 Hal Ini Saat Kamu Merindukan...

Agar Tak Mempengaruhi Kesehatan Mental, Lakukan 4 Hal Ini Saat Kamu Merindukan Seseorang

TELENEWS.ID – Tahukah kamu bahwa merindukan seseorang bisa memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada kesehatan mentalmu? Entah itu orang yang jauh atau orang yang telah tiada, merindukan mereka bisa memberikan pengaruh yang cukup besar pada kesehatan mental seseorang.

Menurut Katie Lasson, Seksolog Klinis & Penasihat Hubungan melibatkan emosi, mental dan juga pikiran seseorang. Ini karena kamu menganggap orang yang kamu rindukan itu punya peran penting dalam hidupmu.

“Ketika kamu merindukan seseorang, itu berarti kamu benar-benar peduli dengan orang itu dan menghargai mereka. Kamu membutuhkan orang ini dalam hidupmu, karena itu membuat kamu merasa lebih baik dan kamu merasa lebih bahagia bersama mereka. Itulah mengapa kamu kemudian merindukan seseorang.” kata Katie.

Tak heran jika kemudian emosi menjadi liar ketika kamu merindukan seseorang dan hal sekecil apapun dapat memicu perasaan rindumu pada seseorang. Terkadang, kamu dapat mengatasi masalah kerinduan pada seseorang dengan menelepon atau mampir untuk berkunjung ke rumah mereka.

Tetapi bagaimana jika orang yang dirindukan itu sudah tak ada di dunia ini lagi? Atau mereka sedang berada di tempat yang jauh, atau kalian tak mungkin bertemu lagi karena putus cinta atau bercerai? Tentu saja perasaan kehilangan dan kesedihan yang dihasilkan dapat mulai menumpuk, hingga titik di mana hal itu mulai membayangi setiap aspek kehidupan sehari-hari.

Jika itu sudah terjadi maka hati-hati, kesehatan mentalmu yang jadi taruhannya. Lalu bagaimana cara mengatasi kerinduan pada seseorang, agar tak mengganggu kesehatan mental kita?

  1. Terima perasaanmu
    Penelitian dari 2010, menunjukkan bahwa menerima emosi negatif dapat membantu meringankan tekanan yang dapat mereka timbulkan. Menghindarinya, di sisi lain, dapat berkontribusi pada gejala kesehatan mental yang memburuk, termasuk depresi. Karena itulah alih-alih melawan dan mengabaikan perasaan rindu, kamu bisa menerima bahwa kamu memang merindukan seseorang yang mungkin tak akan bisa kamu temui lagi.
  2. Rawatlah dirimu sendiri.
    Merawat luka emosional sama pentingnya dengan mengobati luka fisik. Kamu mungkin tidak memerlukan jahitan atau obat, tetapi sedikit rasa kasihan pada diri sendiri dapat membantu menyembuhkan rasa sakit di hatimu. Memperlakukan dan merawat diri dengan baik, dapat membantu kamu melewati masa penyesuaian saat tak bersama orang yang kamu cintai dengan lebih mudah.
  3. Berinteraksi dengan orang lain
    Perasaan kangen atau rindu, menggambarkan kesepian unik yang dirasakan oleh satu orang, jadi wajar jika merasa tidak ada orang lain yang bisa mengisi ruang kosong di hatimu. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan kelompok masyarakat, dapat membantu menghilangkan kesepian dan menciptakan peluang untuk hubungan yang baru.
  4. Sibukkan dirimu sendiri
    Hobi dan aktivitas menyenangkan lainnya dapat memberikan pengaruh positif yang membantu kamu mengatasi rasa rindu karena kehilangan seseorang. Sebaiknya lakukan hobi dan aktivitas baru yang berbeda dengan apa yang pernah kamu lakukan dengan orang yang kamu rindukan. Hal ini untuk menghindari dari perasaan rindu yang lebih dalam lagi dengannya.
Baca juga :  Jangan Vaksin Saat Perut Kosong, 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin COVID-19
Baca juga :  Jangan Vaksin Saat Perut Kosong, 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin COVID-19

Jika kerinduan pada seseorang menjadi tak tertahankan hingga mulai memengaruhi kehidupan dan hubungan sehari-hari, kamu bisa menemui terapis untuk membantumu memproses kerinduan dan mengelola kesedihan dengan cara yang produktif. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...