Home Gaya hidup Ahli Nutrisi Sebut 2 Camilan Bisa Mencegah Perut Gendut, Berniat Mencoba?

Ahli Nutrisi Sebut 2 Camilan Bisa Mencegah Perut Gendut, Berniat Mencoba?

TELENEWS.ID – Selama ini kita berfikir bahwa mengudap camilan bisa membuat tubuh semakin menggendut. Camilan juga dianggap bertanggung jawab atas penumpukan lemak yang ada di perut kita. Namun belakangan ini para ahli menemukan camilan yang kata mereka malah bisa mencegah perut menjadi gendut, kok bisa?

Sebuah studi baru-baru ini oleh sekelompok peneliti internasional yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health telah menemukan bahwa, kacang-kacangan dan buah kering dapat mencegah lemak perut seiring bertambahnya usia.

Selama penelitian, 556 peserta yang berusia antara 65 dan 79 tahun diharapkan makan 30 gram kacang atau buah kering selama setidaknya tiga hari setiap minggu. Pada akhir penelitian, para ahli mencatat bahwa mereka yang tidak makan camilan yang disarankan dalam jumlah yang disarankan juga, memiliki “prevalensi obesitas perut 19% lebih tinggi.”

Gaby Vaca-Flores, RDN; salah satu peneliti dan ahli nutrisi yang terlibat dalam proyek ini menyebutkan bahwa ada beberapa jenis camilan yang ternyata bisa menjaga kesehatan mereka yang mengkonsumsinya. Gaby menyebutkan kacang-kacangan dan buah kering, menjadi salah dua makanan yang cocok untuk menjadi camilan sehat terutama bagi mereka yang sedang menjalani diet.

“Kacang tinggi kalori dan lemak tak jenuh yang sehat, dan berperan dalam penurunan berat badan dengan membantu seseorang merasa lebih kenyang sepanjang hari,” jelas Vaca-Flores. Dia menambahkan “beberapa bukti juga menunjukkan bahwa makan kacang dapat membantu meningkatkan kalori yang dibakar saat istirahat.”

Sementara itu, buah kering alami kaya akan serat yang memang dibutuhkan untuk mengurangi timbunan lemak jahat di tubuh terutama di bagian perut. “Buah kering memiliki banyak serat yang merupakan bagian penting dari rutinitas penurunan berat badan, karena membantu merasa kenyang lebih cepat, sehingga dapat menyisakan hanya sedikit ruang untuk makanan yang tidak sehat” ujar Gaby Vaca-Flores lagi.

Baca juga :  Suplemen Hijau vs Sayuran Asli

Meski begitu, Vaca-Flores menyarankan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi buah kering kalau ingin mengatasi timbunan lemak di perut. Ini karena buah juga masih ada kandungan gulanya yang jika dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan lonjakan gila darah dan penumpukan lemak di perut kita.

“Beberapa buah kering dijual dengan tambahan gula yang dapat menghambat upaya penurunan berat badan. Selain itu, buah kering biasanya lebih kecil dari buah segar, yang dapat membuat kita khilaf dan makan berlebihan dan secara tidak sengaja menambah kalori ekstra untuk diet” ujarnya mewanti-wanti

Ia menyarankan untuk membagi buah kering kemasan ke dalam beberapa porsi, alih-alih mengkonsumsinya secara langsung dari kemasannya. “Saya sarankan membagi buah kering secara terpisah daripada makan langsung dari wadahnya untuk mencegah berlebihan ngemil terjadi.”

Ia juga menyebut bahwa paling tidak, orang dewasa harus memenuhi 28 gram kebutuhan asupan serat harian. Hal ini bisa didapatkan dari kombinasi buah segar dan kering sebagai camilan sehat.

Baca juga :  Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

“Orang dewasa harus mengkonsumsi setidaknya satu setengah hingga dua cangkir buah setiap hari. Makan kombinasi buah kering dan segar dapat membantu memenuhi target kebutuhan serat hingga 28 gram sehari” ujarnya.

Selain itu untuk kacang-kacangan, Vaca-Flores memperingatkan adanya tambahan rasa dan garam pada produk kacang kering yang dijual di pasaran. Makan kacang-kacangan yang tinggi garam secara berlebihan, bisa berakibat fatal pada kesehatan.

“Beberapa kacang dijual dengan tambahan garam untuk penyedap rasa. Makan makanan yang tinggi garam dapat memiliki efek negatif pada jantung dan kesehatan secara keseluruhan.”

Nah bagaimana? Tidak takut lagi bukan untuk ngemil buah kering dan kacang? Namun jangan berlebihan ya agar bisa membantu mencegah perut menjadi gendut. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...