Home Ekonomi Akan Serap 15.000 Tenaga Kerja, Pertamina Optimalkan Pemeliharaan Kilang Balongan

Akan Serap 15.000 Tenaga Kerja, Pertamina Optimalkan Pemeliharaan Kilang Balongan

TELENEWS.ID – Segala keperluan baik perawatan dan pembuatan kilang minyak terus dilakukan PT Pertamina. Melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit Balongan telah melakukan kegiatan pemeliharaan kilang menggunakan skala tenaga kerja besar di awal Maret 2022 ini. Bahkan rencananya perawatan kilang Balongan tersebut akan menggunakan tenaga kerja mencapai 15.000 pekerja.

Dilansir dari pernyataan Direktur Utama PT KPI Djoko Priyono pada Kamis (10/3/2022) menyatakan dari proses pemeliharaan kilang tersebut tidak terlepas dari nilai strategis kilang Balongan yang mana akan memproduksi jenis BBM dan non BBM mencapai 150.000 barel.

Kegiatan dari pemeliharaan kilang paling besar di Indonesia tersebut menjadi salah satu bentuk safety hingga faktor keselamatan kerja yang selalu diperhitungkan. Semua kegiatan ketika proses pemeliharaan kilang perlu bermuara di dalam target sampai mencakup akses Zero Accident, On Quality, On Schedule, dan On Budget.

Djoko juga menambahkan dari mayoritas pekerja masih terus dibutuhkan dalam proses pemeliharaan kilang tersebut yang mana cenderung menggunakan pekerja lokal Indramayu. Djoko menambahkan dari proses rekrutmen pekerja lokal ini menjadi sebuah orientasi sosial ke masyarakat untuk bisa memberi dukungan terhadap jaminan ketahanan energi di Indonesia hingga memberi dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat dengan adanya penyerapan tenaga kerja lokal.

Sedangkan dari pihak General Manager PT KPI Refinery Unit Balongan Djandoro Arifian menjelaskan bahwa ada kegiatan pemeliharaan kilang yang mana memberi tujuan dapat menjaga operational excellence, hingga memastikan peralatan dapat beroperasi dengan baik hingga bisa meningkatkan kapasitas produksi untuk bisa mencapai visi serta misi untuk bisa menjangkau target dan kinerja perusahaan lebih baik.

Adanya dukungan pemeliharaan dari sektor Kilang Balongan tersebut PT KPI Refinery Unit Balongan sudah melibatkan kontraktor sebanyak 90 perusahaan yang terdiri dari perusahaan lokal Indramayu dan juga perusahaan nasional.

Baca juga :  Trik Mensos Risma Atasi Pandemi Tanpa Bebani APBN

Perlu diketahui, dari usia Kilang Balongan sendiri cukup tua karena sudah beroperasi sejak tahun 1994 kemudian memiliki tingkat kompleksitas tertinggi mencapai 11.9 Nelson Complexity Index. Dari kapasitas produksi saat ini bisa mencapai 125.000 barel per hari.

Tidak hanya itu saja karena kilang minyak tersebut mampu memproduksi Gasoline, Avtur, Gasoil dan juga Polypropylene.

Saat ini PT KPI mendapatkan tugas dan juga pekerjaan penting di setiap Proyek Strategis Nasional RDMP Balongan hingga memberi peningkatan kapasitas produksi mencapai 150.000 bph. Kemudian nantinya proyek RDMP Balongan ini memberi target untuk bisa menambah kapasitas dan juga kualitas produk hingga setara dengan level Euro V hingga semakin ramah lingkungan. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...