Home Daerah Alun-Alun Kota Bogor Mulai Dibangun, Dilengkapi Sky Bridge

Alun-Alun Kota Bogor Mulai Dibangun, Dilengkapi Sky Bridge

TELENEWS.ID – Akhirnya proyek pembangunan Alun-Alun Kota Bogor yang terletak di bekas lokasi Taman Topi di Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang sudah berlangsung. Setelah mendapatkan pemenang tender pada akhir bulan Mei 2021 lalu, saat ini telah dilakukan persiapan pembangunan di lokasi proyek.

Dedie A Rachim selaku Wakil Wali Kota Bogor menuturkan bahwa pemenang tender proyek tersebut adalah PT. Samudera Adi Nusantara, sebuah perusahaan asal Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

“Pemenang tender sudah kami dapatkan. Sudah melewati masa sanggah. Kontrak pun sudah ditandatangani. Persiapan pembangunan sedang berlangsung saat ini. Kami akan mulai pembangunan alun-alun ini segera,” ujar Dedie.

Dedie mengungkapkan bahwa proyek pembangunan alun-alun ini sangat krusial karena sesuai dengan program Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat. 

Bukan hanya taman kota dan fasilitas umum nantinya yang akan ditemukan di Alun-Alun ini, namun juga akan dibangun Sky Bridge yang akan membentang dari Stasiun Paledang hingga ke Stasiun Bogor.

Dedie pun mengungkapkan bahwa area secara keseluruhan akan ditata sebaik mungkin agar bisa bersamaan waktunya dengan selesainya jalur double track Bogor-Sukabumi. Mengingat di lokasi tersebut akan terbentang Sky Bridge antara Stasiun Paledang hingga Stasiun Kota Bogor. Jika tidak dikerjakan secara serentak, ditakutkan pekerjaan fisiknya akan tidak sesuai.

Selain itu, sejumlah titik area dan jalur pedestrian akan ditata oleh Pemkot Bogor yang sejauh ini memang masih digunakan para Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk menjajakan dagangan mereka. sejumlah PKL akan dialokasikan di beberapa tempat sambil menata kawasan tersebut. 

‘Kami akan menata beberapa titik. Beberapa PKL sudah dipindahkan ke Teras Suryakencana. Sementara yang lainnya akan kami pindahkan ke area wilayah belakang PDAM. Kami sudah mempertimbangkan hal ini dan segera akan dilaksanakan,” ungkapnya.

Baca juga :  10 Pegawai RS Azra Bogor Positif Covid-19

Di lain pihak, Juniarti Estiningsih selaku Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkin) Kota Bogor menuturkan bahwa dana yang akan dialokasikan untuk proyek pembangunan Alun-Alun ini sejumlah Rp13,6 miliar. Sementara itu lama pekerjaan ditaksir akan berlangsung selama enam bulan atau 180 hari.

Nantinya akan ada empat segmen dalam proyek pembangunan alun-alun ini yaitu zona plaza utama, zona botani yang letaknya di kawasan hutan kota, lalu zona rekreasi seperti area bermain dan area olahraga, dan yang terakhir adalah zona religi yang berada di pelataran Masjid Agung.

Juniarti menjelaskan lebih lanjut, pihaknya masih menggunakan Detail Engineering Design (DED) yang sama untuk proyek pembangunan alun-alun ini sejak tahun 2019 lalu. Walaupun sky bridge akan segera dibangun, namun pihaknya tetap akan melakukan kerja sama dengan beberapa pihak terkait.

Baca juga :  Jurnalis Gadungan Kerap Memeras, Bupati Bogor Ancam Akan Polisikan

Disperumkim Kota Bogor nantinya akan mengeluarkan gambar tiga dimensi (3D). Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada para warga tentang bagaimana hasil pembangunan tahap akhir dari alun-alun ini.

Namun Juniarti belum mendapatkan informasi apakah pembangunan sky bridge akan dilaksanakan secara berbarengan dengan alun-alun. Dedie pun mengharapkan agar proyek tersebut bisa cepat terealisasi agar hasilnya maksimal. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...