Home Gaya hidup Anak Boleh Diajak Ngemall, Terapkan 7 Tips Ini Saat Ajak Buah Hati...

Anak Boleh Diajak Ngemall, Terapkan 7 Tips Ini Saat Ajak Buah Hati Shopping di Era Pandemi

TELENEWS.ID-Munculnya wacana bahwa anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun boleh masuk mall ditanggapi secara beragam oleh banyak orang. Ada yang mendukung, namun tak sedikit pula yang menganggap kebijakan ini perlu untuk ditinjau ulang.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua,” ujar Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

Menurut Luhut, tak semua kota diizinkan untuk menerapkan kebijakan ini. Sejauh ini hanya lima kota besar yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja dan Surabaya yang boleh menerapkan kebijakan ini.

Banyak orang yang menyambut bahagia akan hal ini, lantaran ini merupakan tanda bahwa kasus COVID di Indonesia mulai menurun. Akan tetapi tak sedikit pula orangtua yang masih was-was, untuk membawa anak-anak mereka jalan-jalan atau shopping ke mall lagi.

Namun jika suatu saat ingin mengajak anak keluar rumah, coba perhatikan beberapa tips sehat dari Claire McCarthy, MD untuk menjaga mereka selalu fit pergi ke mall selama pandemi ini. Apa saja itu?

  1. Jangan biarkan anak-anak menyentuh barang-barang di mall secara sembarangan
    Pertama sebaiknya ajarkan ke anak-anak agar mereka tak menyentuh barang apapun yang di pajang di mall secara sembarangan. Mall ataupun barang-barang yang dipajang disana memang tampak bersih, namun bukan berarti permukannya bebas kuman dan bakteri. Apalagi jika banyak orang juga yang telah memegangnya.

Bukan hanya barang-barang display, tapi sebaiknya jaga anak-anak agar tak menyentuh pegangan tangga, tombol lift, gagang pintu atau fasilitas umum lainnya. Sebaiknya orangtua membawa tissue atau memakai sarung tangan, untuk menyentuh fasilitas umum yang ada di mall-mall.

  1. Bawa hand sanitizer
    Membawa hand sanitizer menjadi kewajiban orangtua setiap keluar rumah bersama anak-anak mereka. Termasuk saat mengajak buah hati untuk ngemall. Gunakan hand sanitizer sesering mungkin, terutama saat anak-anak hendak makan atau minum.
  2. Sebaiknya makan di rumah saja
    Ada baiknya untuk segera pulang setelah keperluan di mall selesai dilakukan. Mungkin anak-anak akan tergoda untuk mengajak orantuanya makan terlebih dahulu. Namun ada baiknya untuk makan di rumah saja, atau take away sehingga bisa menggunakan alat makan di rumah yang dijamin kebersihannya.
Baca juga :  7 Manusia dengan IQ Lebih dari 200

Jikapun kalau harus makan di tempat, carilah restoran yang benar-benar bersih, menerapkan social distancing dan jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer sebelum menyantap makanan.

  1. Jangan lupa untuk selalu social distancing ya
    Anak-anak, apalagi jika mereka belum vaksin, tentu cukup rentan terkena penularan virus di masa pandemi ini. Jadi sebaiknya jauhilah atraksi atau bagian mall yang ramai sehingga anak-anak harus berkerumun dengan orang lain disana.
  2. Pergi bersama keluarga dekat saja
    Untuk menjamin agar anak-anak tak tertular virus berbahaya, ada baiknya untuk pergi ke mall dengan keluarga dekat saja. Ini karena sebagai orangtua, tentu kita sudah tahu riwayat kesehatan keluarga kita sendiri.
  3. Jangan lupa bawa masker cadangan
    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu sebaiknya siapkan masker cadangan di tas. Masker yang dipakai anak mungkin akan putus atau kotor saat mereka ngemall. Jadi lebih baik untuk menyiapkan dan membawa masker cadangan dari rumah.
  4. Segera mandikan anak setelah pulang dari mall
    Selain cuci tangan, ada baiknya untuk langsung memandikan anak-anak setelah pulang dari mall. Cuci langsung baju yang mereka kenakan, meskipun masih tampak bersih. Ini penting sebagai upaya preventif anak-anak agar tak terjangkit virus yang berbahaya.
Baca juga :  Sering Halu dan Terobsesi pada Gebetan? Hati-hati Jangan Sampai Kamu Terkena Limerence Love!

Membawa anak-anak untuk ngemall di masa pandemi ini tentu menjadi pilihan setiap orangtua. Orangtua berhak menentukan apakah mereka akan membawa anak-anak mereka shopping, atau lebih memilih untuk tinggal di rumah saja. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...