Home Nasional Analisa Ancaman di Sektor Ekonomi Indonesia, Berikut Daftarnya

Analisa Ancaman di Sektor Ekonomi Indonesia, Berikut Daftarnya

TELENEWS.ID – Cukup banyak persoalan di sektor ekonomi Indonesia yang mana dapat mengancam berbagai sektor. Seperti kita tahu ada bentuk instrumen dari pengembangan ekonomi yang semuanya diawali pergerakan sektor UMKM dan sektor makro.

Dalam hal ini masih ada analisa ancaman di sektor ekonomi Indonesia yang mana perlu dicermati agar nantinya membuka arus modal barang dan jasa.

Namun, dari pengaruh global di sektor ekonomi membuat produk dalam negeri harus bersaing ketat dengan pasar global. Sehingga saat ini ada peluang dimana produk global bisa dengan mudahnya masuk ke dalam negeri.

Berkaca dari analisa tersebut ada beberapa ancaman bagi perekonomian Indonesia yang mana perlu dicermati seperti pada ulasan berikut ini.

Banyaknya Barang Impor yang Masuk
Dilansir dari halaman Kompas.com pada rabu (6/4/2022) dimana ada kondisi dimana barang impor masuk ke Indonesia dalam jumlah besar. Dari kondisi tersebut produk impor akan memaksa persaingan dengan produk lokal sampai kalah bersaing.

Maka dari itu dari barang impor berlebihan juga membuka kebiasaan baru bagi masyarakat karena masih tergantung pada produk luar. Sehingga produk dalam negeri justru mengalami penurunan peminat karena kalah bersaing.

Cukup banyak contoh dari kekalahan produk dalam negeri yang kalah menghadapi persaingan global diantaranya produk di sektor pertanian yang mana pemerintah masih sering melakukan impor tanpa melihat kemampuan petani dalam negeri bisa menghasilkan barang lebih baik.

Adanya Penguasaan Sektor Ekonomi Oleh Asing
Cukup banyak kasus dari kemudahan modal asing bisa berinvestasi di Indonesia. Meskipun memberi proyek pembangunan nasional, tetap saja modal dari pengembang asing tersebut memberi ancaman bagi Indonesia.

Maka dari itu kondisi tersebut perlu dicermati karena negara lain ataupun investor asing bisa mengontrol ekonomi Indonesia hingga membuat ketergantungan terhadap investor asing.

Baca juga :  Presiden 3 Periode Gorengan Politik Amien Rais yang Banyak Dibantah

Terjadinya Kesenjangan Sosial
Menjadi salah satu poin dari persaingan bebas ekonomi saat ini yang mana justru memperlihatkan beberapa pihak merasa kalah dan menang.

Beberapa pelaku ekonomi akan menguasai pasar, sedangkan yang tidak mampu bersaing dan bertahan justru tidak mendapat apapun.

Pemodal besar bisa dengan mudah mengatur pasar sedangkan dari pengusaha kecil dan menengah hanya menjadi penonton saja. Timbulnya kesenjangan sosial semakin terlihat ini membuat pandangan akan ekonomi dalam negeri semakin tidak mampu bersaing terhadap investor asing.

Pengangguran dan Kemiskinan Sulit Dikendalikan
Dapat kita cermati dari bertambahnya jumlah kemiskinan dan pengangguran juga menjadi wujud dari penurunan ekonomi sebuah negara. Dari sini persoalan ekonomi dan menjadi ancaman bagi Indonesia adalah sulitnya mengendalikan jumlah pengangguran dan jumlah masyarakat miskin semakin bertambah.

Sektor ekonomi masyarakat justru tidak bisa bersaing dengan produk luar negeri hingga memunculkan pengangguran.

Dalam hal ini akan semakin sulit dimana pemerintah masih kurang fokus dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran yang semakin sulit dikendalikan.

Baca juga :  Gus Menteri Pastikan 4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa

Korupsi Semakin Merajalela
Pada dasarnya beberapa indeks dari keberhasilan ekonomi di sebuah negara ditentukan pada sistem ekonomi dan pemerintahannya. Bila dari jumlah angka kasus korupsi semakin tinggi justru bisa memberi risiko besar.

Pembangunan ekonomi dan sektor pendukungnya semakin sulit karena adanya kasus korupsi di kalangan pejabat dan semua jajarannya.

Maka dari itu Indonesia perlu merombak sistem perhitungan di sektor ekonomi hingga fokus untuk membuat sistem birokrasi lebih ketat dan aman hingga transparan.

Pada akhirnya sektor ekonomi menjadi satu tumpuan utama yang selama ini menjadi sebuah opsi untuk merubah instrumen dari kesejahteraan masyarakat dan sehat tidaknya ekonomi Indonesia.(Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...