Home Nasional Politik Anies-AHY, Pasangan Pasti Jika Koalisi Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat Terjadi

Anies-AHY, Pasangan Pasti Jika Koalisi Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat Terjadi

TELENEWS.ID – Kabar terbaru pasca beberapa partai politik mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah mulai menguatnya sinyal koalisi dan terbentuknya poros baru. Koalisi dan poros baru datang dari Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Hal ini diperkuat oleh Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama, Ari Junaedi menjelaskan jika ketiga partai tersebut benar-benar resmi berkoalisi maka dipastikan mereka akan mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini sejalan dengan masuknya nama Anies Baswedan dari tiga nama capres yang kemungkinan diusung oleh Partai Nasdem. Sementara partai Demokrat tidak akan mencalonkan selain AHY pada pemilu 2024 mendatang baik sebagai capres maupun cawapres. Hal sejalan lainnya adalah bergabungnya PKS dalam koalisi ini karena sejak awal PKS sudah menjadi pendukung dari Anies Baswedan dari pencalonan gubernur DKI Jakarta tahun 2017 lalu hingga saat ini. Selain itu, partai pimpinan Akhmad Syaikhu ini juga saat ini tidak memiliki calon yang bernilai tinggi untuk ditawarkan dan menjadi calon kuat maju pada pilpres 2024 mendatang. Satu-satunya cara untuk tetap masuk ke Senayan pada pemilu 2024 adalah mendukung salah satu pasangan capres cawapres dari koalisi manapun.

Isu terdahulu yang mengatakan PKS akan berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menurut Ari sangat diametral karena kedua partai ini berbeda pandangan. Hal ini bisa dilihat saat ini PKS menjadi oposisi pemerintah, sementara PKB berada dalam lingkup pemerintah bahkan berkoalisi dengan partai pendukung pemerintah lain yaitu Golkar dan PAN. Dengan keadaan seperti ini PKS tidak memiliki banyak pilihan sekalipun lolos verifikasi oleh KPU dan menjadi peserta pemilu. PKS harus tetap berkoalisi dengan partai pendukung salah satu pasangan capres dan cawapres agar bisa masuk ke dalam pemerintahan dan Senayan.

Baca juga :  Ahok Dilaporkan Adhie Massardi CS Terkait Dugaan Korupsi

Sinyal koalisi juga semakin menguat kala ketiga tokoh penting dari ketiga partai ini bertemu dalam pesta pernikahan putri Anies Baswedan pada Jumat (29/07/2022) lalu. Ketua umum partai demokrat, AHY, Ketua umum partai Nasdem, Surya Paloh, serta wakil ketua majelis syura partai, Sohibul Iman. Dalam pertemuan informal tersebut sempat ada pembahasan tentang koalisi ke depan dari ketiga partai. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Koordinator juru bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra yang mengatakan bahwa memang ada pembahasan sederhana terkait koalisi dan rencana pertemuan di beberapa hari mendatang. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...