Home Metropolitan Pembangunan Antisipasi Banjir, 178 Rumah Pompa Dilakukan Perawatan

Antisipasi Banjir, 178 Rumah Pompa Dilakukan Perawatan

TELENEWS.ID, JAKARTA – Guna mengantisipasi genangan jelang musim penghujan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melakukan perawatan rutin 178 Rumah Pompa.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan rumah pompa adalah infrastruktur vital dalam pengendalian banjir. Hal ini dikarenakan sebagian daratan di Jakarta berada di bawah permukaan air laut.

“Pemeliharan rumah pompa rutin dilakukan oleh operator agar pompa dapat beroperasi maksimal membantu mengalirkan ke sistem drainase sehingga dapat meminimalisasi terjadinya genangan saat hujan turun,” ungkap Juaini, Jumat (4/12).

Dirinya menjelaskan, saat ini Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memiliki 478 unit pompa air yang tersebar di 178 rumah pompa. Dan di antara ratusan pompa tersebut ada beberapa yang dilakukan perbaikan atau perawatan secara berkala.

“Dia juga mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga 24 jam,” sebut Juaini.

Menurutnya, dengan kesiapan petugas rumah pompa di lapangan segala kemungkinan terjadi genangan jika hujan deras bisa segera ditanggulangi.

“Kami selalu awasi dan kontrol kesiapan pompa-pompa di lapangan. Menghadapi musim penghujan dan rob kita selalu mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga,” tutup Juaini.

Di lokasi lain, Anggota Fraksi PAN DPRD Guruh Tirta Lunggana meminta kepada Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta untuk segera mempercepat perawatan pompa air.

“Jangan sampai telat dilakukan kontrol sehingga saat musim penghujan banyak terjadi genangan,” ucap Tirta.

Sementara itu Ketua Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengatakan, anggaran banjir difokuskan pada pembangunan infrastruktur yang berdampak pada peningkatan kapasitas air tertampung.

“Tidak bosan-bosan saya selaku ketua pansus mengingatkan anggaran harus difokuskan ke pembangunan infrastruktur yang dampaknya meningkatkan kapasitas air yang dapat ditampung,” kata Zita.

Baca juga :  Mendapat Predikat Tata Ruang Kota Terburuk, Inilah Sekilas Mengenai DKI Jakarta

Menurut dia, kapasitas sungai eksisting di Jakarta hanya 950 meter kubik per detik, sedangkan rata-rata debit air (banjir) tahunan mencapai 2.100-2.650 meter kubik per detik.

“Jadi fokus di situ,” ucap Zita. (Dng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...