Home Metropolitan Pembangunan Antisipasi Banjir, 178 Rumah Pompa Dilakukan Perawatan

Antisipasi Banjir, 178 Rumah Pompa Dilakukan Perawatan

TELENEWS.ID, JAKARTA – Guna mengantisipasi genangan jelang musim penghujan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melakukan perawatan rutin 178 Rumah Pompa.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan rumah pompa adalah infrastruktur vital dalam pengendalian banjir. Hal ini dikarenakan sebagian daratan di Jakarta berada di bawah permukaan air laut.

“Pemeliharan rumah pompa rutin dilakukan oleh operator agar pompa dapat beroperasi maksimal membantu mengalirkan ke sistem drainase sehingga dapat meminimalisasi terjadinya genangan saat hujan turun,” ungkap Juaini, Jumat (4/12).

Dirinya menjelaskan, saat ini Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta memiliki 478 unit pompa air yang tersebar di 178 rumah pompa. Dan di antara ratusan pompa tersebut ada beberapa yang dilakukan perbaikan atau perawatan secara berkala.

“Dia juga mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga 24 jam,” sebut Juaini.

Menurutnya, dengan kesiapan petugas rumah pompa di lapangan segala kemungkinan terjadi genangan jika hujan deras bisa segera ditanggulangi.

“Kami selalu awasi dan kontrol kesiapan pompa-pompa di lapangan. Menghadapi musim penghujan dan rob kita selalu mengingatkan petugas rumah pompa untuk selalu siaga,” tutup Juaini.

Di lokasi lain, Anggota Fraksi PAN DPRD Guruh Tirta Lunggana meminta kepada Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta untuk segera mempercepat perawatan pompa air.

“Jangan sampai telat dilakukan kontrol sehingga saat musim penghujan banyak terjadi genangan,” ucap Tirta.

Sementara itu Ketua Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani mengatakan, anggaran banjir difokuskan pada pembangunan infrastruktur yang berdampak pada peningkatan kapasitas air tertampung.

“Tidak bosan-bosan saya selaku ketua pansus mengingatkan anggaran harus difokuskan ke pembangunan infrastruktur yang dampaknya meningkatkan kapasitas air yang dapat ditampung,” kata Zita.

Baca juga :  Rencana Perubahan Rute LRT Jakarta ditentang DPRD

Menurut dia, kapasitas sungai eksisting di Jakarta hanya 950 meter kubik per detik, sedangkan rata-rata debit air (banjir) tahunan mencapai 2.100-2.650 meter kubik per detik.

“Jadi fokus di situ,” ucap Zita. (Dng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

TELENEWS.ID- Belum genap satu bulan mengakhir Januari 2021 ini. Indonesia terus disuguhkan dengan kabar Menyayat hati.Bahkan, tahun 2021...

Song Yoo Jung Meninggal Dunia Karena Bunuh Diri

TELENEWS.ID- Aktris sekaligus model asal Korea Selatan, Song Yoo Jung diberitakan meninggal dunia. Seperti dikutip dari All K-Pop, Senin (25/1), Song Yoo...

Jepang Tetap Lanjutkan Olimpiade 2021 di Tengah Pandemi

TELENEWS.ID - Di saat masyarakat dunia tengah kelimpungan dan saling berpegangan di tengah pandemi, Jepang justru tetap mengusahakan untuk menggelar Olimpiade 2021...

TNI AL Hadang Kapal Taiwan di Perairan Natuna

TELENEWS.ID - Terjadi lagi kejar-kejaran antara kapal TNI AL dan kapal milik asing di perairan Natuna. Kali ini, Indonesia melalui patroli rutin...