Home Nasional Apa Itu Jalur Pansela? Jalur Alternatif Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2022

Apa Itu Jalur Pansela? Jalur Alternatif Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2022

TELENEWS.ID – Memasuki puncak arus mudik, banyak kepadatan yang terjadi dibeberapa ruas jalan tol salah satunya di tol trans Jawa dan Pantura. Sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan tol, pemudik dapat beralih menggunakan jalur Pansela. Lantas apa itu jalur Pansela?

Jalur Pansela atau jalur Pantai Selatan merupakan jalur mudik yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa. Untuk tahu lebih banyak tentang apa itu jalur Pansela silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Meskipun tergolong baru, namun ternyata sudah banyak pemudik yang melewati jalur Pansela di tahun-tahun sebelumnya. Pada mudik tahun ini diperkirakan jalur Pansela akan dipadati oleh pemudik dengan tujuan kabupaten atau kota yang berada di selatan Pulau Jawa.

Berikut ini ulasan singkat mengenai profil jalur Pansela yang dapat disimak calon pemudik yang berencana melewati jalur alternatif mudik lebaran 2022. Simak ulasan selengkapnya pada artikel berikut.

Jalur Pansela terbentang di sisi selatan yang menghubungkan 5 provinsi, diantaranya yaitu mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur.

Berdasarkan data yang dihimpun dari kementerian PUPR, panjang jalan jalur Pansela yaitu 1.405 kilometer dengan lebar mencapai 5-7 meter. Meski dibeberapa titik masih dibangun secara bertahap, namun jalur ini telah memiliki infrastruktur yang baik dan cukup memadai untuk fasilitas pemudik lebaran 2022 ini.

Beberapa fasilitas yang disediakan untuk pemudik antara lain yaitu SPBU, lokasi pemberhentian serta pos penjagaan yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan pemudik yang melalui jalur Pansela ini. Jalur Pansela kerap digunakan pemudik sebagai jalur alternatif, apabila pemudik tidak ingin terjebak kemacetan karena melewati jalan tol trans Jawa.

Adapun beberapa rute jalur Pansela yang dapat dijadikan jalur alternatif pemudik antara lain yaitu:

  1. Rute Cileunyi–Solokan Jeruk–Alun Alun Majalaya–Simpang 3 Cijapati–Rancasalak–Kadungora–Lingkar Leles–Cibatu–Pasar Bandrek–Malangbong-Tasikmalaya.
  2. Rute Cileunyi-Jatinangor (Via Tol Exit Ppamulihan)-Parakan Muncang-Cicalengka-Simpang 3 Cijapati.
  3. Rute Cileunyi–Pamulihan-Leuwigoong–Sumedang.
  4. Rute Cileunyi–Pamulihan–Wado- Tasikmalaya

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono, memperkirakan sebanyak 20 persen pemudik akan melewati jalur Pansela ini. Meski bukan jalur utama, namun petugas harus mewaspadai kemacetan yang mungkin akan terjadi. Salah satu titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan antara lain yaitu di kawasan Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong di Kabupaten Garut.

Baca juga :  Pemprov Jawa Barat Siapkan Vaksinasi Massal

Meskipun ketika melewati jalur ini, pemudik akan memakan waktu yang lebih lama. Namun jalur Pansela menyuguhkan daya tarik yang berbeda dari jalan tol atau jalur lainnya untuk para pemudik. Berikut ini beberapa daya tarik bagi para pemudik:

  1. Kawasan Wisata Edukasi Baron Technopark
    Wisata Edukasi Baron Technopark berada di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata ini memiliki icon yang cukup unik berupa jam matahari raksasa yang berada di pinggir pantai. Spot wisata ini sangatlah menarik dengan pemandangan yang disuguhkan sangat indah.
  2. Mercusuar Pantai Baron
    Masih berada di kawasan pantai Baron, terdapat Mercusuar Pantai Baron. Pemudik dapat mampir sejenak di kawasan wisata ini untuk beristirahat dengan menikmati indahnya pantai Baron. Selain menyejukkan juga akan membuat perjalanan mudik Anda berkesan.
  3. Pantai Ngandong
    Pantai Ngandong disebut sebagai hiden gem yang sayang untuk dilewatkan pemudik jika melewati jalur Pansela ini. Pantai Ngandong berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
  4. Waduk Gajah Mungkur
    Beralih ke ujung Jawa Tengah ada Waduk Gajah Mungkur yang siap menyajikan suasana dan pemandangan yang menakjubkan untuk pemudik yang melewati jalur Pansela. Selain melihat pemandangan, di sini pemudik juga dapat melakukan aktivitas seperti memancing, waterboom, gantole, dan sebagainya.
  5. Pantai Gemah Tulungagung
    Pantai Gemah Tulungagung berada di Desa Keboireng, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini dapat diakses melalui Jalur Pansela Jawa ruas Batas Trenggalek Besuki dan Besuki-Besole.
Baca juga :  KemenPUPR Bangun 500 Hunia Pariwisata di NTB

Sebenarnya masih banyak daya tarik yang disajikan jika melewati jalur Pansela ini. Tak ada salahnya jika pemudik singgah ke salah satu objek wisata guna memberikan energi selama melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang terbilang cukup jauh.

Itulah tadi ulasan mengenai apa itu jalur Pansela. Semoga informasi tersebut menambah pengetahuan Anda. Selamat mudik, semoga lancar dan selamat sampai tujuan. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Rapor Merah DKI Jakarta untuk Masalah Sosial

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo dan hanya tinggal menunggu beberapa tahun lagi. Itu...

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi...

Sisi Gelap Petinggi dan Model Victoria’s Secret

TELENEWS.ID – Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan wanita yang berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak 12 Juni...

Anggaran ITF Membengkak, Kok Bisa?

TELENEWS.ID - Pembangunan Intermediate Treaty Facility atau ITF. ITF sendiri adalah tempat pengolahan sampah sementara sebelum sampah dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir...